Entertainment

Dibalik Paras Cantiknya, Ariel Tatum Ternyata Idap Gangguan Mental

Dibalik Paras Cantiknya, Ariel Tatum Ternyata Idap Gangguan Mental

Artis cantik Ariel Tatum mengakui jika dirinya mengidap gangguan kesehatan mental bernama Bordeline Personality Disorder (BPD) sejak masih remaja. Pemilik nama lengkap Steffhanie Michelle Gabriella Tatum ini menceritakan karena kondisinya tersebut, ia kesulitan untuk mengenal dirinya sendiri. Seperti ABG lainnya, ia juga lebih labil dengan perasaannya sendiri.

Borderline Personality Disorder sendiri merupakan salah satu gangguan mental yang mempengaruhi cara berpikir dan merasakan tentang diri sendiri atau orang lain. Dikutip dari Mayo Clinic, gangguan ini termasuk pada masalah citra diri, perilaku, sulit mengelola emosi, dan pola hubungan yang labil.

“Kalau gampangnya, BPD itu bahasa indonesianya adalah kepribadian ambang. Jadi memang citra dirinya kurang jelas. Ketika ABG suka labil, suka nggak tahu diri kita maunya apa,” terang Ariel Tatum, dikutip dari YouTube channel Trans7 Official pada Jumat (8/1/2021).

Ariel Tatum mulai merasa ada yang aneh dengan dirinya sejak berusia 13 tahun, saat itulah ia memutuskan untuk mencari bantuan profesional.

“Dari situ aku cari bantuan profesional, dan bertahun-tahun setelah itu baru diagnosis BPD itu didapatkan. Usia 18 tahun,” terangnya.

Perlu diketahui, kondisi mental seperti yang dialami oleh Ariel Tatum ini tidak bisa dibilang enteng, karena membuat pengidapnya melakukann hal buruk, sehingga harus tetap terkontrol

Lihat Juga: Ariel Tatum Pamer Belahan Dada Usai Olahraga

“Pertama kalinya aku ngerasa ada yang aneh (di usia 13 tahun) saat aku melakukan self harm (menyakiti diri sendiri),” kata Ariel Tatum.

Bukan itu saja, Ariel juga mengatakan dirinya dulu pernah beberapa kali melakukan percobaan bunuh diri. Untungnya, hal tersebut segera diatasi dan dikontrol dengan tepat. Ia juga mengakui bahwa kondisi mentalnya itu cukup berpengaruh dengan kehidupan cintanya. Katanya, menjalin hubungan romantis adalah hal yang sulit untuk dilakukannya.

“Untuk membangun hubungan romantis itu dari dulu sulit buat aku, jadi butuh perjuangan yang lebih,” tutur bintang film Cinta Rockstar ini.

Dari pengalamannya tersebut, Ariel Tatum mengatakan pengidap BPD sangat penting untuk mengontrol diri. Ia juga menyampaikan agar para pengidap BPD dapat betul-betul mengerti akan kondisinya.

Gejala Bordeline Personality Disorder Seperti Yang Dialami Ariel Tatum

Tida semua orang yang mengidap BPD mengalami semua gejala. Beberapa pengidap mungkin hanya mengalami beberapa gejala saja, sementara yang lain merasakan sebagian besar gejalanya. BPD dapat didiagnosis dengan mengevaluasi gejala individu dan merecord riwayat kesehatannya. Untuk dinyatakan seseorang mengidap BPD, orang tersebut harus mengalami lima atau lebih dari gelaja-gejala berikut;

  1. Emosional labil
  2. Merasa sendiri
  3. Gangguan identitas
  4. Berperilaku implusif
  5. Paranoid atau disosiatif
  6. Sering marah yang tidak pantas
  7. Memiliki kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri atau bunuh diri
  8. Hubungan interpersonal yang labil

Beberapa gangguan mental lain yang mengalami gejala serupa adalah bipolar, gangguan kepribadian histrionik, dan gangguan kepribadian narsistik. Sehingga sangat disarankan untuk mencari bantuan dokter atau profesional agar dapat memastikan gangguan mental yang sedang diderita.

Ariel Tatum juga nampak membagikan beberapa cara untuk deteksi dini dalam menentukan apakah perlu bantuan profesional atau tidak.

“Dari beberapa daftar itu ada yang mengkhawatirkan berarti butuh bantuan, sayangnya dari dua tahun lalu aku kampanye masih banyak stigma untuk ke psikolog”, tuturnya.

To Top