Entertainment

Dituduh Bercerai, Mahkota Mrs Sri Lanka Dicopot Paksa

Dituduh Bercerai, Mahkota Mrs Sri Lanka Dicopot Paksa

Mahkota pemenang kontes ratu kecantikan Sri Lanka dicopot paksa karena diduga telah bercerai. Pushpika De Silva terpaksa meninggalkan panggung Mrs Sri Lanka dengan menanggung malu serta luka di kepala akibat peristiwa tersebut. 

Awalnya, De Silva dinyatakan memenangkan kontes yang diadakan di Nelum Pokuna Mahinda Rajapaksa Theatre, Colombo, pada Minggu (4/4/2021). Namun pemenang edisi 2019, Caroline Jurie dan Mrs World saat ini, tiba-tiba saja mengintervensi acara penganugerahan. Dengan suara lantang, Jurie mengatakan bahwa ada aturan untuk melarang peserta yang diketahui pernah menikah maupun bercerai.

“Sebab itu, saya mengambil langkah untuk merebut mahkota tersebut dan memberikannya pada posisi kedua,” tuturnya.

Jurie kemudian mendekat ke De Silva, mengambil mahkota di kepalanya dan memberikannya kepada posisi kedua yang berdiri di sampingnya. Pihak penyelenggara langsung memohon maaf kepada pemenang Miss Sri Lanka World 2011, serta memulihkan gelarnya.

Klarifikasi Pushpika De Silva

De Silva yang mengaku berpisah, mengunggah sebuah keterangan di akun Facebook-nya untuk menentang tuduhan Jurie.

“Hidup terpisah dan bercerai merupakan sesuatu yang tidak sama,” tegas wanita berusia 31 tahun itu.

Ia bahkan mengaku sempat ke rumah sakit untuk mendapat tindakan karena kepalanya terluka. De Silva juga mengatakan akan mengambil tindakan hukum terhadap Jurie, karena perlakukan serta penghinaan yang telah ia dapatkan.

Chandimal Jayasinghe, direktur untuk Mrs Sri Lanka World, melansir dari BBC via Daily mail, Jumat (9/4/2021) perilaku Jurie tersebut sangat disayangkan.

“Sangat memalukan perilaku Caroline Jurie di panggung. Mrs Worls telah memulai penyelidikan terkait peristiwa tersebut,” tutur Jayasinghe.

Ibu satu anak ini juga turut menyoroti isu soal stigma yang diterima oleh para ibu tunggal di Sri Lanka. Menurutnya, para ibu tunggal ini seringkali mendapat perlakuan diskriminatif.

“Terdapat banyak ibu tunggal seperti saya yang kesusahan di Sri Lanka. Mahkota ini saya persembahkan kepada para perempuan, ibu tunggal yang berjuang membesarkan anak mereka sendirian,” ujarnya seperti dilansir BBC.

Caroline Jurie Ditangkap Polisi Setelah Insiden Pencopotan Paksa Mahkota Mrs Sri Lanka

Karena perkelahian di atas panggung dengan mencabaut paksa mahkota kontes kecantikan dari kepala De Silva, Caroline Jurie akhirnya ditangkap polisi.

“Kami sudah menangkap Jurie dan Chila Manamendra terkait dengan tuduhan penyerangan dan mengakibatkan kerusakan pada Nelum Pokuna (teater),” kata pejabat senior polisi Ajith Rohana.

Sementara itu, De Silva mengatakan kepada awak media di luar kantor polisi di Kolombo pada Kamis, (8/4/2021) bahwa ia siap membatalkan dakwaan jika Jurie meminta maaf secara publik.

“Saya berusaha mengakhiri ini di luar pengadilan, tapi dia (Caroline Jurie) menolak. Saya bisa memaafkan, namun tidak lupa,” tutur Pushpika De Silva, seperti dikutip dari The Guardian.

Lihat Juga: 10 National Costume Miss Universe 2017 Paling Unik

Mrs World dan Mrs Sri Lanka World adalah ajang kecantikan pertama yang dikhususkan untuk peserta wanita yang telah menikah. Syarat utama untuk mengikuti kontes ini yaitu harus menikah serta tidak pernah bercerai.

Pada kasus Pushpika De Silva, Caroline Jurie mengklaim kalau dia merupakan wanita bercerai, sehingga tidak pantas memenangkan kontes tersebut. Namun, setelah insiden tersebut, diketahui kalau De Silva dan suaminya hanyalah hidup terpisah dan belum bercerai.

To Top