Entertainment

Dynamite BTS Pecahkan Rekor Dapat 21 Menit 10 Juta View

Dynamite BTS Pecahkan Rekor Dapat 21 Menit 10 Juta View

Baru-baru ini grup boyband asal Korea Selatan BTS mengeluarkan single dengan judul “Dynamite” yang cukup menghebohkan dengan jumlah viewers. Siapa sangka, grup boyband bentukan Big Hit Entertainment yakni BTS ini membuat gebrakan dengan viewers sangat banyak.

Memiliki 7 member yang mempesona membuatnya cepat sekali melejit. Karirnya sangat melesat dari tahun ke tahun, memulai debut pada tahun 2013, karya mereka sungguh sangat banyak. Menjadi buat bibir diberbgai media social terutama bagi para ARMY.

Pasalnya BTS resmi merilis video musik single terbarunya berjudul“Dynamite” pada hari Jumat, 21 Agustus 2020. Single milik BTS ini dibanjiri viewers dan langsung memecahkan rekor di YouTube.

Dynamite Bergenre Pop dan Disko

Memiliki genre pop-disko, lagu Dynamite memiliki beat yang energetik namun tetap riang. David Stewart yang merupakan pencipta lagu ini bersama Jessica Agombar mengenai kisah berupa kebahagiaan, nilai hidup dan kepercayaan diri. Musik ini dinyanyikan dalam bahasa inggirs.

Meskipun harus berkontribusi lebih besar, seluruh member sangat berusaha keras dalam lagu ini. Alasan V, lirik lagu itu jauh lebih menarik apabila dinyanyikan dalam bahasa inggris. Menjadi suatu tantangan tersendiri karena belum pernah menyanyikan albumnya full bahasa inggris tanpa bahasa korea. Ia pun menambahkan kalau lagu ini memiliki nuansa yang berbeda dengan bahasa korea. Maka dari itu semua member sepakat untuk membawakan lagu dalam bahasa inggris.

Terdapat beberapa makna tersembunyi mengenai lagu ini menurut para ARMY, ini dia makna tersebut. Icon pesawat pada album sebelumnya yang berjudul “Airplane pt.1” dan “Airplane pt.2” bercerita tentang perjalanan BTS keliling dunia. Perjalanan ini berupa tour konser ke beberapa negara.

Sedangkan icon pesawat pada video single dynamite ini melambangkan global superstar seperti BTS yang tidak lupa dengan asal mereka. Seperti halnya pada pesawat yang pergi jauh, tapi pada akhirnya akan pulang juga ke tempat yang sama. 

Konsep yang Diberikan Oleh Dynamite

Konsep yang Diberikan Oleh Dynamite
Konsep yang Diberikan Oleh Dynamite

Dikutip melalui akun twitter @army_society video dynamite menunjukkan interior kamar Jungkook yang mirip dengan kamar John, pada film “yesterday”. Dalam film tersebut, diceritakan bahwa John adalah penggemar dari The Beatles. John baru menyadari bahwa dirinya hidup pada dunia tanpa mengenal band legendaris tersebut.

Sebagai penulis lagu, John tidak mengerti apa yang sebenarnya hendak dia lakukan, dia selalu berusaha keras untuk menggapai impiannya. Hal ini terbukti selaras dengan keadaan BTS pada lagu “Black Swan” yang berusaha keras dalam menggapai impiannya.

Tidak hanya kamar John, namun dalam video single ini terdapat tempat-tempat yang digunakan oleh BTS. Tempat yang mirip dengan beberapa tempat di California yang digunakan untuk video music ini. Mengapa California? Dianggap sebagai tempat memulai karir bagi para musisi besar dan bintang Hollywood.

Mengusung konsep retro pada video musik dynamite mereprentasikan BTS yang bernostalgia atau mengingat masa lalu saat pertama memuali kariernya. Awal debut karirrnya, BTS bahkan pernah mengadakan minikonser serta berbagi tiket secara gratis di Hollywood street. Tidak hanya itu lagu ini dibuat untuk orang-orang yang sedang mengalami masa sulit.

Berupaya Menghibur di Tengah COVID-19

Dengan lagu ini BTS mengharapkan agar dapat menemani hari-hari sulit para ARMY saat masa pandemi COVID-19. Sambil menunggu waktu yang tepat untuk dapat bertemu kembali. Di akhir lagu ini, terlihat BTS menari pada padang rumput dengan warna pastel langit yang menawan.

Menunjukkan adanya kebahagiaan, walaupun pada masa yang sulit tetapi harus tetap berbahagia. Bahkan pada konferensi pers perilisan single Dynamite, BTS mengatakan bahwa lagu ini dipersembahan untuk orang-orang yang merasa kesulitan pada masa pandemi.

BTS berpesan juga agar semua orang tetap kuat dan saling memberi semangat bagi semua. Lagu Dynamite ini siap menjadi penghibur sekaligus penenang untuk semua orang pada masa pandemi seperti ini.

Member BTS yakni RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook tampil sangat totalitas pada video single. Membawakan  koreografi yang enerjik dan funky, BTS juga sangat berusaha keras dalam menyanyikan dalam bahasa inggris. Ketika mendengar lagu ini, akan teringat mengenai masa kejayaan musik disko pada era ’70-an.

Tidak hanya merasa berada jaman dahulu, namun musiknya juga akan terasa up-beat dan menyenangkan. Hal ini sangat selaras dengan maksud dan tujuan BTS saat merilis lagu ini. Yakni menyebarkan rasa kepercayaan diri dan bersemangat positif di tengah situasi pandemi saat ini. 

Dynamite Menuai Banyak Pujian

BTS

Video yang baru saja diunggah itu menarik viewers dari berbagai negara dan kalangan. Dengan ini BTS memecahkan rekor tercepat dalam mendapat viewers dalam sejarah YouTube. Dalam waktu yang hanya 21 menit saja setelah dirilis, video musik Dynamite ditonton oleh sekitar 10 juta kali. Mencatat rekor terbaru, dengan waktu 1 jam 14 menit, Dynamite ditonton 20 juta kali.

Sebelumnya rekor itu dibuat oleh BLACKPINK dalam album lagu “How You Like That” yang mendapatkan 20 views dalam waktu 4 jam 32 menit.  Dilansir dari Youtube selanjutnya dalam 3 jam saja video ini bahkan telah ditonton oleh 30 juta orang. Tidak salah BTS mendapat berbagai penghargaan, hingga tour konser di berbagai negara.

 Menjadi salah satu boy group Kpop yang mendunia membuat kemungkinan lagu-lagunya banyak dinanti dan digemari. Lagu ini ditonton 50 juta kali hanya dalam waktu 8 jam 16 menit. BTS dengan lagu ini tercatat sebagai music yang telah ditonton 50 juta kali dalam dalam waktu tercepat berkat pencapaiannya itu. Memiliki prestasi demikian dapat dipastikan lagu ini akan berada pada tangga lagu Billboard Hot 100 selama beberapa pekan mendatang.

To Top