Entertainment

Epik High Comeback, Inilah Deretan Fakta Menariknya

Epik High Comeback

This post is also available in: English

Epik High kembali mengguncang belantika musik Korea Selatan dengan full album ke-10 bertajuk “Epik High is Here”. Comeback tersebut dijadwalkan rilis pada 18 Janurai 2020 pukul 06.00 PM KST. Salah satu member, Tablo merilis full track serta mengungkap musisi-musisi yang akan berkolaborasi di dalam proyek tersebut.

Fakta Menarik di Balik Comeback Epik High

Inilah sederet fakta menarik di balik album “Epik High is Here” yang digadang-gadang bakal spektakular.

1. Full Album Ke-10

Epik High adalah group K-Pop yang mengusung genre Hip Hop alternatif, beranggotakan Tablo, Minthra Jin, dan DJ Tukutz. Debut resmi mereka dimulai pada tahun 2003 di bawah naungan Woolim Entertainment, lalu pindah ke YG Entertainment pada tahun 2012.

Tahun 2018, group K-Pop ini sepakat untuk tidak memperpanjang kontrak dengan agensi yang juga menaungi Black Pink tersebut. Setelah kontrak eksklusif dengan YG Entertainment berakhir, group yang diketuai oleh Tablo ini berbagung dengan William Morris Endeavour (WME).

Bagi yang belum tahu, WME Entertainment merupakan rumah selebriti dunia seperti Adele, Alicia Keys, Bruno Mars, Childish Gambino, Drake, Rihanna, Sam Smith, dan masih banyak lagi.

Berkarir selama 17 tahun di industri musik Korea Selatan, Epik-High memboyong banyak penghargaan. Mereka masuk dalam jajaran group Hip Hop senior yang paling berpengaruh.

Album “Epik High is Here” ini merupakan full album ke-10 yang dikeluarkan oleh Epik High. Sebelumnya mereka merilis “Map of the Human Soul” tahun 2003, “High Society” tahun 2004, “Swan Song” tahun 2005, “Remmaping the Soul” tahun 2007, “Pieces, Part one” tahun 2008, “[e]” tahun 2009, “99” tahun 2012, “Shoebox” tahun 2014, dan “We’ve Done Something Wonderful” tahun 2017.

2. Akan Ada “Epik High is Here” Part 1 dan Part 2

Epik High is Here part 1 dan Part 2

Hampir setelah tiga tahun setelah mengeluarkan full album di tahun 2017, kini Group K-Pop ini tengah mempersiapkan full album ke-10 yang rencananya akan dirilis pada 18 Januari 2021.

Akhir tahun lalu, tepatnya 29 Desember 2020, anggota Epik-High mengungkap perilisan album terbaru bertajuk “Epik High is Here” melalui Instragam pribadi.

Menurut keterangannya, “Epik High is Here” merupakan album ganda. Bagian pertamanya akan dirilis pertengahan bulan Januari 2021, terdiri dari 10 judul lagu baru diantaranya “Lesson Zero”, “Rosario” feat CL dan Zico, “Based on True Story” feat Heize, “Accepted Speech” feat B.I, “Leica” ft Kim Sawol, “In Self Defense” feat Woo, Nucksal, Changmo, “True Crime” feat Miso, “Social Distance 16”, “End of the World” feat GSoul, serta “Wish You Were”.

“Rosasio” dan “Based on True Story” menjadi lagu utama album terbaru ini. Sedangkan bagian dua, tanggal perilisan masih dirahasiakan. Pastinya, comeback kali ini ditunggu-tunggu oleh para penggemar.

Pasalnya, lagu utama di setiap album yang keluarkan Epik High selalu sukses merajai tangga lagu. Baik di Korea Selatan maupun di kancah internasional seperti “Lovedrunk”, “Fun”, dan masih banyak lagi.

3. Menggandeng Musisi Papan Atas Korea Selatan

Epik High Comeback, Inilah Deretan Fakta Menariknya

Berkolaborasi dengan musisi papan atas bukan pertama kalinya bagi Epik High. Namun, kali ini group Hip Hop ini menggandeng 10 musisi top dalam album “Epik High is Here”.

Line up kolaborasi pertama mengungkap Zico dan CL. Kedua musisi ini menjadi featuring di lagu bertajuk “Rosario”. Teaser musik video dirilis pada 13 Januari 2020 melalui akun Tik Tok dan SNS resmi.

Video berdurasi sekitar 40 menit tersebut menampilkan para anggota Epik High yang berada di suatu ruangan musterius, gelap, dan dikelilingi bingkai emas. Lalu, menampilkan Zico duduk di depan sekantung uang terbakar, selanjutnya menampilkan CL dengan pakian elegan.

Kemudian line up kolaborasi kedua, tidak kalah epik yaitu Heize, Nucksal, Kim Sawol, dan Changmo. Sedangkan line up secara utuh diumumkan pada 11 Januari 2021 lalu, empat musisi yang melengkapi deretan featuring diantaranya G.Soul, Woo, Miso, dan B.I.

Sebelumnya, Epik High pernah mengandeng Beenzino, Verbal Jint, B.I. Mino, dan Boby bertajuk “Born Hater”, lagu utama  dalam album “Shoebox”. Proyek kolaborasi besar-besaran ini cukup sukses.

Baca Juga : Hebohkan Para Penggemar, B.I Muncul di Album ke-10 Epik High

Memiliki lirik yang terang-terangan menyindir para hater, lagu ini masih populer sampai sekarang. Video musik “Born Hater” sudah ditonton lebih dari 18 juta penonton. Meskipun sudah dirilis enam tahun lalu, jumlah view mengalami kenaikan setiap harinya.

Album “Epik High is Here” diprediksi akan mengungguli popularitas dari proyek kolaborasi sebelumnya.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top