Entertainment

Shinee, Fakta Tersembunyi yang Jarang Diketahui oleh Penggemar

shinee kpop

Setelah sekian lama vakum sebagai group, akhirnya Shinee merilis foto teaser untuk comeback mendatang. Idol K-Pop generasi dua ini akan mengeluarkan album terbaru bertajuk “Don’t Call Me”.

Memulai karir sejak 2008, tentu sudah banyak prestasi yang didapat oleh Shinee. Dari sekian banyak penghargaan, sebenarnya ada fakta tersebunyi mengenai group bentukan SM Entertaintmen ini.

Tidak banyak diketahui oleh penggemar, inilah hal menakjubkan yang dilakukan oleh Shinee.

Pelopor Tren Video Musik Koreografi di Belakang Layar

shinee

Musik K-Pop sendiri tidak lepas dari dance energik. Gerakan tari menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar. Tidak mengherankan jika video koreografi di balik layar selalu ditungu-tunggu.

Beberapa tahun terakhir, tidak sedikit idol group populer yang merilis video musik koreografi di belakang panggung. Meskipun hanya menampilkan tarian, jumlah views di Youtube mencapai ratusan juta.

Ternyata, tren ini mulanya dipopulerkan oleh Shinee melalui lagu berjudul “Replay”. Meskipun bukan satu-satunya idol group yang merekam video koreografi di balik layar, namun tercatat sebagai boy band pertama yang merilis video latihan koreografi.

Trend ini masih diikuti oleh para pendatang baru hingga sekarang, seperti Twice, BlackPink, dan iKON menjadi idol group paling rajin membuat video koreografi di balik layar.

Shinee Mendapatkan Predikat Rookie Grand Slam

Shinee

Rookie grand slam merupakan predikat yang diberikan kepada idol group pendatang baru yang memenangkan “Rookie of the Year” di 5 ajang penghargaan bergengsi Korea Selatan, yaitu Melon Musik Awards (MMA), Mnet Asian Music Awards (MAMA), Golden Disk Awards (GDA), GAON Chart Music Awards, dan Seoul Music Awards (SMA).

Pemenang kategori tersebut ditentukan oleh masing-masing penyelenggara. Biasanya dilihat dari pencapaian yang diraih, seperti posisi chart, penjualan album, hingga kekuatan fandom.

Sepanjang sejarah musik K-Pop, Shinee merupakan idol group pertama yang meraih predikat Rookie Grand Slam tersebut. Bukan hanya memenangkan “Rookie of the Year”, boy band besutan SM Entertainment ini mendapatkan banyak penghargaan di satu tahun awal debutnya.

Selanjutnya, predikat Rookie Grand Slam diberikan kepada iKON, Wanna One, TXT, dan ITZY.

Idol K-Pop Pertama yang Masuk Musik Chart Billboard

Idol K-Pop Pertama yang Masuk Musik Chart Billboard

Billboard fokus pada beberapa chart yang diakui secara internasional, serta menjadi tangga lagu paling populer di berbagai genre setiap pekan.

Peringkat lagu yang masuk dalam chart billboard dinilai berdasarkan download digital, penjualan elektronik, aiplay radio, dan internet streaming. Sebagian besar data diambil dari rating Nielsen SoundScan yang sudah dipercaya sejak tahun 1991.

Beberapa tahun terakhir ini, musik K-Pop mulai bersinar lantaran tidak sedikit idol yang berhasil masuk chart billboard. Sebut saja BTS, mereka berhasil menyapu bersih tangga lagu teratas kategori Hot 100 di sepanjang 2020.

Jauh sebelum itu, Shinee menorehkan sejarah dengan menggebrak pasar musik Amerika melalui album trilogi bertajuk “The Misconception of Us”. Saat itu, K-Pop belum begitu dikenal secara global, namun idol group ini berhasil menempati posisi ke-10 di tangga lagu Word Album Artis pada 2013 silam.

Seluruh Anggota Lulus dari Universitas Ternama

shinee idol

Menjalani kehidupan sebagai selebriti yang memiliki jam terbang tinggi, pasti mengalami kesulitan dalam menyeimbangkan pendidikan dan karis. Baik sebagai artis maupun idol, keduanya meliki kendala dalam membagi waktu.

Akan tetapi, Shinee menunjukkan bahwa pendidikan dan karir sama pentingnya. Semua anggota dapat membagi waktu antara sekolah dan bekerja dengan sangat baik, bahkan mereka sukses meraih gelar pascasarjana.

Taemin dan mendiang Jonghyun, sama-sama memiliki gelar magister dari Universitas Myongji jurusan musik dan film. Sedangkan Key meraih gelar magister di bidang konten budaya dan pendidikan dari Universitas Woosuk.

Sementara Onew, memperoleh gelar magister di jurusan seni praktis dari Universitas Chungoon. Menurut kabar yang beredar, ia kembali melanjutkan pendidikan dan menerima gelar Ph.D di penyiaran musik.

Penyanyi sekaligus aktor berbakat, Minho menyelesaikan pendidikan magister  jurusan film dan akting di Universitas Konkuk. Bahkan, ia sempat menjadi ambasador di kampusnya.

Hampir Semua Anggota Shinee dapat Melakukan Nada Tinggi

Idol K-Pop Pertama yang Masuk Musik Chart Billboard

Shinee dikenal sebagai idol generasi kedua yang memiliki warna musik berbeda dari lainnya. Seperti yang diketahui, hampir semua anggota mampu menyampai nada dengan stabil saat di atas panggung.

Selain mendiang Jonghyun, Onew juga memiliki kemampuan vokal yang mengesankan. Jangkauan saat bernyanyi dapat mencapai tiga oktaf dan dua nada. Untuk penyanyi sekelas idol, hal ini tentu sangat luar biasa.

Nada tinggi yang dikeluarkan Onew sempat menjadi perbincangan. Pasalnya, ia bernyanyi selama empat puluh detik dan memecahkan rekor nada tinggi terpanjang. Ini kali pertama terjadi di sepanjang sejarah K-Pop saat tampil bernyanyi secara live.

Shinee Berkontribusi di Majalah Fashion Bergengsi

shinee Majalah Fashion Bergengsi

Bicara soal fashion, tentu Key yang paling juara diantara member lainnya. Pria yang lahir di Daegu ini dikenal sebagai idol fashionable. Bakat dalam memadu-padankan pakaian tidak hanya dipuji oleh para penggemar, melainkan mendapat pengakuan dari berbagai kalangan.

Majalah fashion bergengsi, ELLE memberi ruang khusus untuk Key. Dimana ia dapat menuliskan pemikirannya mengenai perkembangan mode. Kolom ini dirilis sejak 2016 dengan judul “Key Story”, dan diupdate setiap dua minggu sekali.

Sebelum meraih gelar magister, Key mengerjakan tesis tentang dunia mode. Ini adalah passion tersembunyi yang dimiliki oleh member Shinee.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top