Entertainment

Film #Alive Raih Rekor Penonton Terbanyak Hari Pertama Pasca Wabah COVID-19

#Alive Poster

Setelah wabah pandemi COVID-199 menyerang hampir di seluruh dunia berangsur pulih, dunia mulai beradaptasi dengan keadaan baru atau yang telah dikenal dengan “new normal”. Beberapa industri mulai beroperasi, salah satunya adalah industri perfilman.

Korea Selatan menjadi salah satu negara yang kembali membangkitkan industi perfilman dengan merilis jadwal terbaru untuk film-film yang sempat tertunda. Beberapa film tersebut bahakan berhasil menarik antusias penonton pada hari pertama penayangan. Sebut saja, seperti film Intruder, Innocence, Baseball Girl, Me and Me, serta #Alive yang baru saja tayang.

Film #Alive yang dibintangi oleh aktor Yoo Ah In dan Park Shin Hye menjadi salah satu film yang sukses meraih minat penonton pada hari pertama penayangan. Film yang bercerita tentang zombie ini, berhasil menggeser film Intruder dan Innocence sebagai film yang paling banyak ditonton di hari pertama pasca wabah pandemi COVID-19.  

Film yang baru saja tayang perdana pada 24 Juni secara serentak di seluruh bioskop Korea Selatan ini, telah mencatat sebanyak 204.071 penonton. Laporan yang diumukan oleh Dewan Film Korea secara resmi ini dipastikan akan terus bertambah melihat peminatnya yang telah lama menantikan film ini.

SINOPSIS FILM #ALIVE DAN DAFTAR PEMAIN

Film #Alive merupakan film yang bertema “survival thriller”, bercerita tentang sebuah wabah misterius yang tiba-tiba saja menyebar ke seluruh Seoul dengan cepat dan tidak terkendali. Karena penyebaran yang terlalu cepat ini, beberapa penyintas terjebak di dalam apartemennya sendiri.

Keadaan terjebak ini bertambah parah saat listrik, internet, dan sinyal provider tidak bisa berfungsi dengan baik di sekitar kompleks apartemen tersebut. Joon Woo yang diperankan oleh Yoo Ah In adalah korban yang terisolasi dalam apartemen tersebut. Ia melakukan segala cara untuk tetap bertahan dari serangan para zombie dengan terus berada didalam kamar.

Ia lalu melihat sebuah apartemen yang terletak di sebrang gedung apartemennya. Apartemen tersebut milik Yoo Bin (Park Shin Hye) salah satu korban yang juga terjebak di sana. Mereka pun bekerja sama untuk keluar dari kompleks apartemen itu.

Disutradarai oleh Cho Il Hyung, film ini juga dibintangi beberapa aktor pendukung lainnya, yaitu Lee Hyun Wook, So Hee Jung, Jo Han Joon, dan Kim Dan Bi.

FILM #ALIVE SEMPAT DIBANDINGKAN DENGAN FILM PENINSULA

Tepat sebulan sejak #Alive rilis, film bertema zombie berjudul “Peninsula” akan tayang pada 15 Juli 2020 mendatang. Peninsula merupakan film sekuel dari film spektakuler “Train to Busan” yang tayang 4 tahun silam. Karena memiliki tema yang mirip, film ini tentunya tidak luput dari penilaian akan perbedaan antara keduanya. Yoo Ah In pun telah mengutarakan pendapatnya mengenai hal tersebut.

Pada wawancara 17 Juni lalu, Yoo Ah In menunjukkan rasa percaya dirinya dan mengatakan meski film #Alive memiliki tema yang sama dengan film Peninsula, pesan yang diangkat dalam tiap film akan berbeda.

Lebih lengkapnya, Yoo Ah In mengatakan “Meski keduanya serupa dalam genre, tapi aku rasa, keduanya adalah film dengan aspek yang sangat berbeda. Aku percaya orang-orang akan mendapatkan kesenangan dengan cara yang berbeda juga. Menurutku, pendapat penonton sangat penting.”

ALASAN MENGAPA FILM #ALIVE MENARIK UNTUK DITONTON

Sebagai penggemar drama maupun film Korea, film ini tentu menjadi salah satu film yang harus kamu tonton tahun ini. Berikut alasan mengapa film ini layak untuk ditonton.

BERHASIL MENGGAET AKTOR TOP KOREA SELATAN

#Alive cast
Pemain film #Alive

Bagi kamu penikmat film atau drama Korea, wajah Yoo Ah In dan Park Shin Hye tentu sangat tidak asing lagi. Terutama Yoo Ah In yang lebih sering muncul di layar lebar. Meski demikian, Park Shin Hye juga selalu sukses membintangi drama-dramanya bahkan tak jarang mendapat rating tertinggi pada saat penayangan.

Film #Alive juga merupakan film pertama bagi Yoo Ah In dan Park Shin Hye beradu akting. Walaupun pertama kali dalams satu frame, keduanya berhasil menunjukkan chemistry yang baik dan memuaskan. Cho Il Hyung, selaku sutradara film ini mengaku sangat puas dengan akting keduanya.

Pada konferensi pers, Cho Il Hyung memuji Park Shin Hye sebagai aktris serba bisa yang dapat melakukan adegan action cukup sulit namun memuaskan. Sementara Yoo Ah In, berhasil menghidupkan karakter dengan sangat baik hingga penonton dapat ikut terhanyut dalam karakter Joon Woo ini.

DIADAPTASI DARI FILM INDIE HOLLYWOOD

#Alive
Yoo Ah In dalam film #Alive

Film #Alive adalah film yang diadaptasi dari film indie Hollywood berjudul #Alone, yang ditulis oleh Matt Naylor. Film #Alone sendiri telah tayang pada tahun 2019 dengan disutradarai oleh Johnny Matin.

Sutardara Cho Il Hyung selaku penulis ulang naskah film ini  merupakan seorang asisten sutradara untuk segmen film Korea di Amerika Serikat. Beberapa film yang telah ia hasilkan, seperti The Suspect (2013), C’est Si Bon (2015), serta menjadi co-producer dari film No Tears for The Death (2014).

Film ini juga telah melakukan proses syuting pada tahun 2019 lalu selama 3 bulan.

MENAMPILKAN CARA BERTAHAN HIDUP TIAP KARAKTER PADA SITUASI GENTING

#Alive
Karakter Joon Woo dan Yoo Bin

Karena mengangkat tema survival thriller, film ini berfokus sepenuhnya pada bagaimana cara Joon Woo dan Yoo Bin dapat bertahan hidup di tengah-tengah kepungan zombie. Hidup dalam gedung apartemen yang terpisah, keduanya mampu menunjukkan gambaran untuk bertahan hidup dalam situasi genting ini dengan cara mereka masing-masing.

Dalam film ini, Yoo Bin digambarkan sebagai sosok yang tenang dan mampu mengatasi masalah dengan baik. Ia mengerahkan upayanya dengan hanya bermodalkan alat seadanya, seperti senter, perlengkapan mendaki gunung, hingga kapak sebagai bentuk pertahanannya dari serangan zombie.

Sementara Joon Woo digambarkan sebagai seorang gamer yang hanya memgandalkan koneksi internet sebagai untuk bertahan hidup. Sayangnya, hal ini justru menjadi boomerang saat koneksi internet dan listrik terputus dan mati total. Ia pun kehilangan satu-satunya alat yang dapat terhubung dengan dunia luar dan mengharuskannya mencari cara lain untuk bertahan hidup.

#Alive Trailer
To Top