Entertainment

6 Film Korea Seru Berikut Ini Bertema Wabah Penyakit dan Virus

Film Korea

Satu tahun terakhir, film tentang wabah penyakit mengerikan banyak dicari. Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda dunia tidak kunjung berhenti.

Meskipun penyebaran virus dalam film Korea lebih berlebihan, akan tetapi kondisi dunia hampir sama seperti saat ini. Terutama dampak terhadap sikap manusia dalam menghadapi wabah, seperti panic buying.

Berikut ini, film produksi Korea Selatan tentang wabah penyakit yang menegangkan.

Deranged

film Deranged
Film Korea “Deranged

Film Korea arahan sutradara Park Jung Woo ini pertama kali tayang pada 5 Juli 2021. Menceritakan tentang wabah virus yang muncul di sungai Han.

Setiap pagi, warga menemukan mayat dengan ciri-ciri sama, yaitu seperti kurang gizi. Hal aneh ini terjadi di seluruh penjuru negeri.

Jumlah kasus penemuan mayat membusuk terus meningkat seiring berjalannya waktu. Pihak kepolisian sulit menyelidiki penyebab kematian, lantaran setiap korban tidak menunjukkan gejala fisik apa pun.

Namun, rekaman CCTV menunjukkan korban melompat ke sungai sebelum ditemukan meninggal. Kondisi ini membuat masyarakan mengalami gangguan kepanikan.

Film Korea berjudul Deranged ini dibintangi oleh Kim Myun Min, Kim Dong Wan, Moon Jung Hee, Lee Ha Nui, dan masih banyak lagi.

The Flue

The Flue
Film Korea “The Flue

The Flue ditulis oleh sutradara Kim Sung Su yang dirilis pada 14 Agustus 2013. Film Korea ini mengangkat tentang bencana yang disebabkan oleh virus H5N1.

Virus mematikan ini mampu membunuh korban dalam waktu 36 jam. Kondisi tersebut membuat distrik Bundang di Seongnam yang memiliki penduduk sekitar setengah juta orang menjadi kacau.

Sederet artis Korea Selatan, seperti Soo Ae, Jang Hyuk, Park Min Ha, Yoo Hae Jin, Ma Dong Seok, dan Lee Hee Joon membintangi film Korea The Flue.

Train to Busan

film Train to Busan
Film Korea “Train to Busan

Menceritakan tentang perjuangan seorang ayah, Seo Woo yang menyelamatkan anaknya dari serangan Zombie. Suatu ketika, ia ingin mewujudkan keinginan putri semata wayang untuk bertemu sang ibu.

Seo Woo naik kereta bersama anaknya menuju Busan. Namun, mereka mengalami kejadian mengerikan selama perjalanan. Seluruh penumpang diserang zombie yang asalnya tidak diketahui.

Film Korea berjudul asli Busanhaeng ini ditulis sekaligus disutradarai oleh Yeon Sang Ho, dan berkolaborasi dengan penulis naskah Park Jo Suk.

Para bintang papan atas yang berpartisipasi dalam Train to Busan, antara lain Gong Yoo, Kim Su An, Jung Yu Mi, dan Ma Dong Seok.

Train to Busan pertama kali ditayangkan pada 13 Mei 2016.

Exit

Exit film
Film Korea “Exit

Film Korea bergenre komedi aksi ini ditulis dan disutradari oleh Lee Sang Geun. Exit tayang perdana pada 31 Juli 2019. Menampilkan Jo Jung Suk, Im Yoon Ah, Go Doo Shim, Park In Wan, dan masih banyak lagi.

Kisah berawal dari seorang laki-laki pengangguran dan single bernama Yong Nam. Hingga saat ini, ia masih tinggal bersama ibunya.

Di sisi lain, seorang wanita yang nasibnya lebih beruntung bernama Eui Jo bekerja sebagai asisten manajer di sebuah restoran. Awalnya, ia bertemu dengan Yong Nam di club panjat tebing.

Suatu ketika, Yong Nam merayakan ulang tahun ibunya yang ke-70 di restorant tempat Eui Joo bekerja.

Namun, saat itu gas beracun tengah menyebar di seluruh Seoul. Keduanya harus berjuang dengan melompat dari gedung ke gedung untuk menyelamatkan diri.  

#ALIVE

film #ALIVE
Film Korea “#ALIVE

Bermula dari seorang gamer bernama Oh Joon Woo, ia tinggal di rumah sendirian ketika ayah, ibu, dan kakak perempuannya pergi bekerja.

Ketika sedang bermain game online, teman-temannya menceritakan situasi aneh yang terjadi disekitar mereka. Joon Woo melihat ke luar untuk memastikan, ia mendapati lingkungan rumahnya sudah porak-poranda.

Orang-orang berlarian dan terjadi kecelakaan dimana-mana. Joon Woo juga melihat manusia yang saling menerkam. Kondisi tersebut membuatnya bergegas melihat berita.

Ternyata, hal tersebut disebabkan oleh virus yang mengakibatkan penderitanya haus akan darah segar. Warga yang masih sehat dihimbau untuk tidak keluar rumah. Joon Woo panik lantaran ayah, ibu, dan kakak perempuanya masih berada di luar.

Ia berada di titik terendah dan kehilangan akal sehat ketika persediaan makanan mulai menipis. Saat itu, Joon Woo bertemu dengan Kim Yoo Bin, penghuni apartemen sebelah yang masih selamat.

Keduanya mulai saling membantu di tengah keterbatasan bahan makanan. Namun, ada masalah lain yang dihadapi oleh Joon Woo dan Kim Yoo Bin selain masalah virus dan kelaparan.

#ALIVE merupakan film Korea layar lebar garapan sutradara Cho Il Hyung yang dirilis pada 24 Juni 2020. Dibintangi oleh Yo Ah In dan Park Shin Hye.

Peninsula

Peninsula
Film Korea “Peninsula

Ditulis sekaligus disutradarai oleh Yeon Sang Ho, Peninsula merupakan sekuel dari Train to Busan (2016). Film tersebut tayang perdana di Korea Selatan pada 15 Juli 2020.

Film Korea ini dibintangi Kang Dong Won, Lee Jung Hyun, Kwon Hae Hyo, Kim Min Hae, dan Lee Ye Won.

Mengambil latar waktu empat tahun setelah wabah virus mengerikan melanda Korea Selatan. Seketika, negara dengen perekonomian maju tersebut menjadi kota mati.

Namun, ada sekelompok orang yang berhasil menyelamatkan dari kawasan terinfeski zombie. Salah satunya, seorang mantan angkatan bersenjata bernama Jung Seok.

Empat tahun kemudian, ia kembali ke Seoul bersama beberapa orang. Di perjalanan, Jung Seok bertemu dengan orang-orang yang ternyata selamat dari serangan zombie.

Selama menjalankan misi, ia menyelamatkan orang-orang yang terjebak di Semenanjung Peninsula. Hal tersebut membuat Jung Seok menghadapi zombie yang lebih ganas dari sebelumnya.

Bahkan, dirinya diserang sekelompok militer yang tidak terbayangkan sebelumnya.

To Top