Entertainment

Usung Konsep Unik, Girls Group Ini Justru Bubar Terlalu Cepat

Girls Group Ini Justru Bubar Terlalu Cepat

Beberapa tahun terakhir, puluhan nama group K-Pop turut meramaikan industri musik. Namun, hanya dapat dihitung jari yang masih bertahan hingga saat ini. Mundurnya para idol dilatar belakangi berbagai alasan, bahkan Girls Group yang sukses menarik perhatian publik memilih untuk bubar.

Seperti girls group berikut ini, bubar saat berhasil mendapatkan cinta dari banyak penggemar.

Wonder Girls

Wonder Girls, Girls Group

Sebelum memutuskan bubar, Girls Group yang bernama Wonder Girls sudah merasakan masa keemasan selama 10 tahun. Idol group bentukan JYP Entertainment ini memulai debut pada awal 2007. Lagu berjudul “Tell Me” merupakan awal kepopuleran Sunye dan kawan-kawan.

Wonder Girls secara resmi bubar pada 26 Januari 2017, dengan single terakhir “Thank You For Being So Wonderful”. Sebelum bubar, group ini melakukan perombakan member beberapa kali.

Awalnya, Wonder Girls debut dengan 5 anggota, Sunye, Sohee, Hyuna, Sunmi, dan Yeeun. Di tahun yang sama, Hyuna meninggalkan group karena gangguan kesehatan. Lalu, Yubin bergabung sebagai pengganti.

Tahun 2020, trainee Hyerim bergabung menggantikan Sunmi yang keluar untuk melanjutkan akademik. Akhir tahun 2013, Sohee memutuskan tidak memperpanjang kontrak. Sedangkan, Sunye mengakhiri kontrak di akhir tahun 2014 untuk fokus merencanakan pernikahan.

Comeback tahun 2015, Sunmi kembali gabung dan Wonder Girls merubah formasi band dengan 4 anggota hingga bubar.

Rainbow

Rainbow Girls Group

DSP Media mendebutkan Rainbow pada 3 November 2009. Girls group ini beranggotakan 7 orang diantaranya Jae Kyung Go, Go Woo Ri, Choi Hyun Young, Kim Ji Sook, No Eul, Oh Seung Ah, dan Jung Hyun Hye.

Tahun 2012, Rainbow membentuk sub-unit Rainbow Pixie yang beranggotakan Seung Ah, Ji Sook, dan Hyun Young. Satu tahun kemudian, sub-unit kedua Rainbow Blaxx dengan anggota Sueng Ah, Hyun Young, Jae Kyung, dan Woo Ri.

Selama berkarir, Rainbow sempat memenangkan beberapa penghargaan seperti Cyworld Digital Music Awards 2007: Rookie of the Month, 12th Korean Video Daejun’s Awards 2011: Most Photogenic of the Year, 26th Golden Disk Awards 2012: Hallyu Icon Award, dan 7th Asia Model Awards 2012: New Star Award.

Sayangnya, DSP Media mengumumkan Rainbow secara resmi mengakhiri aktifitas sebagai idol pada 27 Oktober 2016.

Nine Muses

Nine Muses Girls Group

Nine Muses adalah girls group bentukan Star Empire Entertainment yang mengusung konsep kelulusan. Artinya, member akan terus mengalami perubahan. Awalnya, pihak agensi menyeleksi 14 anggota berbakat.

Susunan akhir yang debut sebagai Nine Muses antara lain Hyun A, Rana, Bini, Lee Sem, Eunji, Sera, Euarin, Hyemi, dan Minha. Sebagian besar anggota memiliki latar belakang model, beberapa diantaranya masih aktif di dunia permodelan saat debut sebagai idol.

Tahun 2012, penambahan anggota baru Kyung Ri dan Sung Ah. Selama rentang waktu antara 2012 – 2015, Rainbow kehilangan Lee Sem, Eunji, Sera, Euarin, Minha, dan Hyuna.

Meskipun mengelami perombakan berkali-kali, lagu Nine Muses selalu diterima oleh penikmat musik dan berhasil menjadi group terpopuler di Korea Selatan.

Setelah mengalami banyak pergantian member, akhirnya Nine Muses menyisakan 4 member bertahan sebelum bubar pada 10 Februari 2019. 

Stellar

Stellar

Pascal Entertainment mendebutkan girls group yang beranggotakan Ga Young, Jeon Yul, Lee Sul, dan Jo A. Di awal karir, Stellar tidak langsung populer. Single berjudul “Rocket Girl” dan “UFO” tidak begitu laku dipasaran. Hal ini menyebabkan Lee Seul dan Jo A memilih hengkang.

Minhee dan Hyoeun bergabung untuk menggantikan posisi member yang kosong. Nama Stellar mulai populer setelah merilis lagu berjudul “Study”.

Berambisi menaikkan ketenaran artisnya, agensi merombak image imut menjadi seksi. Namun, single “Marionette” justru tidak disambut hangat lantaran konsep yang diusung terlalu vulgar. Apalagi saat itu, ada member yang usianya baru memasuki 20 tahun.

Akhirnya, Stellar kembali dengan konsep girlie pada lagu “Sting”. Akan tetapi, single ini kurang populer. Hal ini membuat agensi tetap mempertahankan image seksi, meskipun para member menolak.

Didiga bubarnya Stellar pada tahun 2018 disebabkan oleh konflik yang terjadi antara member dan agensi. Pasalnya, mereka terus dipaksa muncul dengan image seksi.

Gu9udan

Gu9udan
Gu9udan

Girls Group Gu9udan resmi debut pada tahun 2016 dengan member Jung Mimi, Hana, Han Hae Bin, Kim Na Young, Kim Se Jeong, Sally, Soyee, Kang Mina, dan Cho Hye Yeon. Group ini sangat populer lantaran Na Young, Se Jeong, dan Mina lebih dulu dikenal melalui acara Produce 101 Season 1.

Memang akun Instargram resmi Gu9udan masih menunjukkan aktifitas para member. Namun, tidak ada petunjuk bahwa girls group ini akan segera melakukan comeback.

Akhir tahun 2020, penggemar dihebohkan oleh pernyataan resmi dari Jellyfish Entertainment. Agensi tersebut mengumumkan bahwa Gu9udan tidak lagi aktif sebagai idol group. Masing-masing anggota akan fokus bersolo karir.

Tentu saja keputusan Jellyfish Entertainment membubarkan Gu9udan sangat disayangkan oleh para penggemar.

Pristin

Pristin

Pertengahan tahun 2019, Pledis Entertainment menarik perhatian penggemar dengan pembubarkan girls group bentukannya, Pristin. Nayoung, Kyulkung, Roa, Yuha, Eunwoo, Rena, Yehana, Sungyeon, Xiyeon, dan Kyla tidak lagi aktif sebagai idol sejak 24 Mei 2019.

Baca Juga : Deretan Kpop Girl Group Ini Diprediksi Mengakhiri Kontrak di Tahun 2021

Memiliki banyak penggemar bahkan berskala global, agensi yang menaunginya dianggap tidak becus mengurus para artis. Pasalnya, semua anggota memiliki potensi dan bakat yang luar biasa. Mereka mampu bersaing di industri musik Korea Selatan.

Bukan hanya itu, seluruh anggota Pristin menunjukkan bakat mereka melalui acara Produce 101 Season 1. Meskipun yang lolos hanya Nayoung dan Kulkyung, sebenarnya member lain memiliki sebidang talenta tersembunyi. Terbukti dari single “Wee Woo” dan “ Wee Like” masih banyak diputar hingga saat ini.

To Top