Entertainment

Segala Hal yang Perlu Diketahui Tentang The Crown 5, Deretan Aktor Terbaru hingga Tuai Kecaman

the crown 5_imelda

“The Crown” masih menjadi salah satu koleksi terbaik dalam Netflix yang dinantikan oleh banyak orang. Sudah setahun semenjak season keempat rilis dan tak lama lagi kitsa sudah bisa streaming “The Crown” season 5 yang sempat menghentikan proses produksi untuk menghormati berpulangnya Ratu Elizabeth II pada awal September kemarin. Serial drama tentang keluarga kerajaan Inggris telah dipastikan akan berakhir pada season 6. “The Crown” hanya akan memuat kisah Ratu Elizabeth II dari era 80an hingga 90an saja. Skandal atau berbagai peristiwa yang mengitari kerajaan Inggris pada era 2000an hingga saat ini dipastikan tidak akan diangkat dalam serial ini. 

Jadi, nikmati selagi ada, “The Crown” season 5 akan kembali dengan drama keluarga, skandal, dan berbagai peristiwa bersejarah maupun politik yang harus dihadapi oleh Elizabeth II. Tanggal streaming perdana sudah siap, sederet poster terbaru, dan foto first look juga sudah mulai dipromosikan. Berikut sederet hal yang perlu kalian ketahui tentang “The Crown” season 5. 

Tanggal Rilis dan Jumlah Episode The Crown Season 5

Season 5 akan rilis pada tanggal 9 November mendatang. Seperti season-season sebelumnya, “The Crown” diprediksi juga terdiri dari 10 episode. Semuanya langsung dirilis di Netflix dan siap untuk kita binge. Semua episode dalam serial biopik ini juga masih ditulis oleh Peter Morgan. Plot serial ini selalu memberikan highlight dari masa kepemimpinan Ratu Elizabeth di setiap dekade. Pada season 5, kita akan menyaksikan masa kepemimpinan yang pasang surut yang bergejolak, tahun-tahun paling menantang bagi Elizabeth II, yaitu awal 1990an. 

Siapa Saja Aktor yang Bermain dalam The Crown Season 5?

the crown 5
(Imelda Staunton sebagai Ratu Elizabeth II & Jonathan Pryce sebagai Pangeran Philip)

Sejauh ini “The Crown” konsisten mempresentasikan pergantian aktor setiap dua season sekali. Season pertama dan kedua, membawakan kisah masa muda sang ratu yang dibintangi oleh Claire Foy. Kemudian pada season ketiga dan keempat giliran Olivia Coleman, pemenang Academy Awards yang melanjutkan tugas sebagai Elizabeth II. Kini kita akan memasuki awal dari dua season terakhir, dimana peran Ratu Elizabeth II kini telah menjadi milik aktris Imelda Staunton, yang mungkin sudah familiar bagi kita yang sudah menonton franchise ‘Harry Potter’. 

Sementara peran Pangeran Philip, suami ratu kini akan diperankan oleh Jonathan Pryce. Aktor yang terkenal dalam serial “Game of Thrones” dan film biopik Paus Francis, “The Two Popes” di Netflix. Akhirnya masuk dalam ‘semesta The Crown’, karakter Lady Diana akhirnya debut pada serial ini dalam season 4, dibintangi oleh Emma Corrin sebagai Diana Spencer muda. Hanya tampil dalam satu season, kini giliran aktris Elizabeth Debicki yang menjadi Lady Diana yang sudah lebih dewasa. Beradu akting dengan aktor Dominic West yang berperan sebagai Pangeran Charles. Putri Margaret, adik Ratu Elizabeth, diperankan oleh Lesley Manville, kemudian kekasih Pangeran Charles dalam timeline ini, Camilla Parker Bowles diperankan oleh Olivia Haigh Williams. 

Dalam “The Crown” season 5, kita akan melihat interaksi ratu dengan perdana mentri baru, John Major yang diperankan oleh Jonathan Lee Miller. Bersama istrinya, Norma Major yang diperankan aktris Irlandia, Flora Anne Montgomery. 

Skandal Cinta Segitiga Lady Diana, Pangeran Charles, dan Camilla

the crown 5
(Olivia Haigh Williams sebagai Camilla & Dominic West sebagai Pangeran Charles)

Media seperti tak penah ada habisnya membicarakan skandal cint segitiga antara Pangeran Charles, Lady Diana, dan Camilla. Skenario tersebut mulai masuk dalam plot “The Crown” sejak season 4 lalu. Dimulai dengan awal hubungan Pangeran Charles dan Camilla, pernikahan Pangeran Charles dan Diana, hingga akhirnya pernikahan mereka diisi dengan ketidakharmonisan, perselingkuhan, dan posisi Lady Diana yang semakin tersudut pada penutup season lalu. Semua kekacauan tersebut masih menjadi awal dari skandal besar yang akhirnya semakin memburuk pada era 90an. 

Melalui teaser pertamanya, kita bisa melihat momen Diana memutuskan untuk wawancara dan mengungkap bencana dalam pernikahannya di televisi nasional. Begitu pula Pangeran Charles yang ingin menyelamatkan citranya sebagai penerus tahta kerajaan setelah Ratu Elizabeth II. Tidak bisa dianggap ringan, skandal pernikahan Pangeran Charles menjadi salah satu rintangan terbesar sepanjang hidup Ratu Elizabeth dalam menjaga pamor keluarganya di mata publik. 

Hingga akhirnya kita tahu, akhir yang tragis telah diterima oleh Lady Diana yang meninggal pada 1997 dalam kecelakaan mobil di Paris. Meski masih belum jelas akankah “The Crown” memuat materi paling menyedihkan dalam sejarah keluarga Inggris modern tersebut. Namun kita bisa melihat bahwa Dodi Fayed, kekasih Lady Diana yang meninggal bersamanya ada dalam deretan karakter “The Crown” season 5, diperankan oleh aktor Khalid Abdalla. Begitu juga aktor bernama Salim Daw akan berperan sebagai ayah Dodi Fayed, Mohamed Al-Fayed. 

Masa Pengabdian Perdana Mentri John Major

the crown 5
(Jonathan Lee Miller sebagai John Major)

Interaksi Ratu Elizabeth dengan perdana mentrinya menjadi kisah sejarah politik yang selalu menarik untuk disimak dalam “The Crown”. Dengan masa kepemimpinannya sebagai ratu terlama di Inggris, Ia telah didampingi oleh banyak Perdana Mentri yang silih berganti. Mulai dari Winston Churchill hingga yang paling menarik disimak pada season sebelumnya adalah The Iron Lady, Margaret Thatcher. John Major mungkin bukan salah satu Perdana Mentri yang signifikan dalam timeline kerajaan Inggris, dengn masa jabatan mulai 1990 hingga 1997, bertepatan dengan tahun meninggalnya Lady Diana. 

Drama pernikahan Pangeran Charles tak hanya skandal yang berakhir di tabloid gossip, namun juga mempengaruhi sepak terjang politik dan publikasi kerajaan di masyarakat. Bagaimana pejabatan negara, termasuk Perdana Mentri harus tangkas dalam manajemen krisis untuk mempertahakan citra Ratu Elizabeth II. Tahun-tahun dalam serial terakhir “The Crown” kali ini akan menjadi yang paling bikin frustasi anggota kerajaan dan segenap pejabat politik yang mendampingi kerajaan. 

The Crown Season 5 Terima Kecaman dari Beberapa Pihak

the crown 5
(The Crown Season 5)

Belum juga rilis, “The Crown” season 5 mendapat kritik keras dari pihak John Major dan teman-teman Raja Charles III. Karena dalam season ini akan adalah salah satu episode bertajuk ‘Queen Victoria Syndrome’ dimana akan ada perbincangan sensitif yang terjalin antara John Major dan Pangeran Charles kala itu, tepatnya pada sebuah pesta di Balmoral pada 1991. Melalui juru bicaranya, percakapan sensitif yang terjadi antara John Major dan Pangeran Charles yang digambarkan dalam episode tersebut tidak benar serta akan mencederai citra John Major. 

Sementara Pangeran William geram “The Crown” season 5 akan tampilkan adegan Lady Diana yang tertekan dan sedih dalam wawancara di BBC1 pada 1995. Menyebutkan bahwa serial Netflix ini telah mengeksploitasi kisah hidup ibunya, Diana, sebagai materi hiburan hanya demi keuntungan finansial. Namun, sepertinya kecaman dan kritik yang dilontarkan pada Netflix tidak akan menghentikan penanyangan serial ini pada November mendatang. 

Sebetulnya, setelah “The Crown” rilis bulan depan, Netflix juga akan merilis film dokumenter tentang Harry dan Meghan pada Desember. Namun kritikan keras ini setidaknya telah menyebabkan film dokumenter ini untuk sementara tidak akan dirilis sesuai dengan jadwal. 

Itu tadi serba-serbi menjelang perilisan “The Crown” season 5. Selain menuai pujian, serial ini juga selalu menimbulkan kontroversi baru, terutama yang menyulut pihak kerajaan Inggris. Hal ini selalu terjadi dalam setiap season dan Netflix tidak pernah berhenti dan terlihat mendapatkan masalah hingga mendekati season terakhirnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top