Entertainment

Hi Bye Mama!: Drama Keluarga yang Penuh Airmata

Hi Bye Mama

This post is also available in: English

Dari episode awal, Hi Bye Mama! telah mencuri perhatian masyarakat. Drama keluarga dengan genre fantasi ini berhasil menguras airmata. Sepanjang drama, Anda akan menyaksikan adegan menyentuh dari semua karakternya. Sebelum melihat ulasannya, berikut adalah trailer resmi dari drama tersebut.

Official Trailer Hi, Bye Mama! yang Menguras Air Mata

Para Pemain Hi Bye Mama!

Drama Korea ini menjadi momen comeback Kim Tae-Hee setelah 5 tahun vakum dari dunia entertainment. Ia memerankan sosok Cha Yu-Ri yang menjadi pemeran utama, sekaligus istri dari Jo Gang-Hwa (Lee Kyung-Hyung).

Sejumlah pemain lain pun turut membintangi drama keluarga ini, seperti Kim Mi-Kyung, Shin Dong-Mi, Seo Woo-Jin, serta Go Bo-Gyeol. Go Bo Gyeol memerankan karakter Oh Min-Jung, yakni istri Jo Gang-Hwa setelah kematian Yu-Ri.

Sementara itu, Kim Mi-Kyung dengan apik berperan sebagai Jeon Eun-Sook, ibu dari Cha Yu-Ri. Jeon Eun-Sook menyimpan luka batin sangat dalam akibat kematian sang anak. Ini digambarkan lewat kebiasaannya yang setiap hari bersembahyang ke kuil. Tak cuma sang ibu, sahabat Yu-Ri, Ko Hyun-Jung yang diperankan oleh Shin Dong-Mi pun mengalami hal sama.

Setiap tahun, ia masih merayakan ulang tahun sang sahabat. Duka kehilangan anak, istri, dan sahabat ini tergambar dengan sangat menyenangkan. Meskipun dipenuhi adegan sedih nan mengharukan, beberapa adegan di Hi Bye Mama! justru mengundang tawa. Salah satunya kehadiran tokoh Yoon Sa-Bong sebagai Ms. Mi-Dong dengan profesinya sebagai dukun.

Selain mengisahkan reinkarnasi Cha Yu-Ri, drama ini juga berkisah tentang hantu-hantu di sekitar Yu-Ri. Salah satu kisah yang paling menohok adalah kematian Park Hye-Jin yang diperankan oleh Bae Yoon-Kyoung. Kisah ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 2016 silam. Seorang perempuan diketahui mengalami perundungan dari rekan kerjanya yang berimbas pada bunuh diri.

Sinopsis Drama Hi Bye Mama!

Hi Bye Mama! diawali dengan kematian Yu-Ri akibat kecelakaan mobil pada saat hamil sang anak, Jo Seo-Woo. Insiden tersebut memaksa dokter menyelamatkan sang putri, namun tidak dengan Yu-Ri. Akibat peristiwa naas ini, Jo Gang-Hwa mengalami luka batin selama bertahun-tahun. Gang-Hwa menyalahkan dirinya sendiri atas kematian sang istri.

Sebagai seorang dokter bedah, Gang-Hwa pun diserang panic attack ketika berhadapan dengan ruang operasi. Trauma tersebut masih berlanjut ketika Gang-Hwa memutuskan menikah dengan Oh Min-Jung. Keputusan menikah didukung oleh orang-orang terdekat Gang-Hwa, termasuk ibu Yu-Ri, Jeon Eun-Seok . Bahkan sahabat Yu-Ri, Ko Hyun-Jung pun memberikan restunya.

Meskipun telah meninggal selama 5 tahun, Yu-Ri sebenarnya masih bergentayangan di sekitar orang-orang tercinta. Suatu hari, Yu-Ri mendapat kesempatan untuk hidup sebagai manusia selama 49 hari. Ia bisa menjadi manusia seutuhnya, jika bisa kembali ke posisi awalnya sebagai ibu, istri maupun anak. Sayangnya, posisinya sebagai istri dan ibu telah digantikan oleh Oh Min-Jung.

Momen kembalinya Yu-Ri sempat menimbulkan pertanyaan dan rasa tak percaya di benak orang-orang terdekat. Reinkarnasi 49 hari bukanlah hal baru dalam drama Hi Bye Mama!. Sebelumnya, premis ini muncul dalam drama berjudul Come Back, Mister dan 49 Days. Walaupun begitu, kesempatan hidup kembali ternyata sangat berbeda di drama keluarga ini.

Usaha Yu-Ri untuk bisa dekat dengan sang anak membuat siapapun tersentuh. Selain itu, momen mengharukan saat Yu-Ri memeluk sang ibu pun membuat penonton berkaca-kaca. Kesempatan hidup kembali pun tak semata-mata karena Yu-Ri marah kepada sang dewa, namun alasan lain. Alasan ini pula yang membuat Yu-Ri menyadari betapa pentingnya kebahagiaan orang-orang terdekatnya.

Terlebih usaha Yu-Ri menjauhkan sang anak dari gangguan hantu di sekitarnya. Tanpa Yu-Ri sadari, kehadirannya di sisi sang anak selama 5 tahun memicu kepekaan Seo-Woo. Inilah yang membuat alur cerita Hi Bye-Mama Seo-Woo terasa menyenangkan dan layak untuk terus diikuti. DI awal, jalan cerita terasa lamban karena kisah keluarga hantu di sekitar Yu-Ri.

Pelajaran Hidup dari Hi, Bye Mama

Sinopsis Drama Hi Bye Mama

Setelah menyaksikan 16 episode Hi Bye Mama ending, ada beberapa inspirasi yang didapat oleh penonton. Sebagian besar mengajarkan pentingnya menghargai kehadiran orang-orang di sekitar kita. Dibalik itu semua, hal penting yang bisa diambil dari drama keluarga ini adalah:

1.     Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Kematian Cha Yu-Ri meninggalkan luka mendalam bagi sang suami. Gang-Hwa merasa dirinya gagal menjadi seorang suami yang baik, terlebih dengan profesinya sebagai dokter. Hal tersebut bertahan selama bertahun-tahun, sehingga mengganggu pekerjaannya.

Momen kembalinya Yu-Ri membuat Gang-Hwa perlahan-lahan tersadar, kematian Yu-Ri bukanlah kesalahannya. Yu-Ri pun membantu Gang-Hwa yakin bahwa kematian adalah takdir, bukanlah kesalahan sang suami.

2.     Menerima Keadaan

Tak ada yang tahu jalan hidup seseorang kedepannya. Yu-Ri menunjukkan hidup tak melulu soal pemenuhan ego, namun ada hal lain yang lebih penting. Ketika ia dihadapkan pada pilihan hidup sepenuhnya sebagai manusia atau melepaskan keinginan tersebut, Yu-Ri memilih tak serakah. Ia menyadari Oh Min-Jung merupakan sosok ibu yang baik bagi sang anak, sekaligus istri yang dicintai sang suami.

Pada akhirnya, Yu-Ri tak memilih tinggal dengan menyisihkan posisi Min-Jung. Pilihan tersebut mengajarkan penonton Hi Bye Mama! untuk bersyukur dengan keadaan apapun. Rasa syukur mampu menciptakan rasa tenang dan damai.

3.     Sesuatu yang Hilang akan Digantikan

Posisi Yu-Ri nyatanya digantikan oleh Min-Jung, sosok ibu dan istri yang sangat baik. Satu hal yang perlu disadari, setiap kehilangan akan melahirkan hal baru. Pengganti yang mungkin tak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Tak pernah ada yang menyangka, sosok ibu tiri bisa berhati lembut dan penuh kasih sayang, seperti Min Jung. Meskipun kehidupan rumah tangganya tak terlalu bahagia, Min-Jung mampu bersikap tegar.

Bahkan interaksinya dengan Gang-Hwa yang dingin mengingatkan kita untuk saling terbuka dengan pasangan. Terkadang perhatian berlebihan dengan dalih melindungi perasaan orang terdekat justru melukai kedua belah pihak.

Tertarik menyaksikan drama keluarga yang sukses membolak-balikkan emosi ini? Anda bisa menyaksikan Hi Bye Mama dramaqu di platform streaming film legal.

To Top