Entertainment

Hospital Playlist, Drama Penuh Pesan Moral

Hospital Playlist, Drama Penuh Pesan Moral

Hospital Playlist, sebuah drama yang berasal dari Korea Selatan. Dalam bahasa lain, judulnya disebut juga sebagai Wise Doctor Life. A Wise Doctor’s Life, dan Smart Doctor Living, yang pada dasarnya makna dari setiap titel ini adalah sama. Mendengar judulnya, yang terlintas adalah kisah dalam rumah sakit dan dokter di dalamnya.

Drama Korea yang tayang April 2020 ini menjadi serial televisi di negara asalnya. Dikabarkan bahwa drama bertajuk romansa ini terbagi ke dalam dua musim. Musim pertama telah tayang di tvN sejak 12 Maret hingga 28 Mei 2020, yang terdiri dari 12 episode. Masing-masing episode berdurasi sekitar 72 sampai 113 menit, satu jam lebih sedikit. Sedangkan musim kedua direncanakan akan rilis tahun 2021.

Meski durasi yang dimiliki tidak sebentar, drama hasil tulisan Lee Woo Jung dengan sutradara Shin Won Ho ini tidak membuat penonton bosan karena alur cerita yang sangat menarik.

Selain itu, acting dari para pemain  yang sukses membintangi drama yang satu ini dengan sangat luwes membuat Hospital Playlist semakin diminati. Bahkan, mampu merambah negara di luar asalnya menjadi tontonan yang berkualitas.

Adapun pemain yang menjadi pemeran utama dalam drama ini beserta perannya, yaitu Jo Jung Suk sebagai Lee Ik Joon, Kim Dae Mung sebagai Yang Seok Hyung, Jeon Mi Do sebagai Chae Song Hwa, Jung Kyung Ho sebagai Kim Joon Wan, dan Yoo Yeon Seok sebagai Ahn Jung Won.

Kelima artis negeri gingseng itu berkolaborasi dalam memainkan perannya masing-masing dengan sangat menjiwai, sehingga mampu memikat hati yang melihat. Lalu, bagaimana alur cerita yang disuguhkan?

Alur Cerita Hospital Playlist

Alur Cerita Hospital Playlist
Alur Cerita Hospital Playlist

Sebuah tontonan tidak dapat terlepas dari alur cerita yang melingkupi. Begitu juga dengan drama Hospital Playlist. Daya tarik drama ini dihasilkan dari alur cerita yang menarik, yang juga didukung oleh para pemain di dalamnya. Kombinasi dua komponen itu membuat kepopuleran yang dihasilkan akan semakin meningkat.

Hospital Playlist menceritakan tentang persahabat yang dijalin oleh lima orang dokter yang bekerja dalam satu rumah sakit yang sama. Ikatan pertemanan tersebut sudah terjalin sejak mereka kuliah hingga menjadi dokter spesialis yang bisa diandalkan di bidangnya masing-masing.

Kelima dokter itu adalah Chae Song Hwa, Kim Joon Wan, Ahn Jung Won, Lee Ik Joon, dan Yang Seok Hyung, yang merupakan 4 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Mereka sangat akrab satu sama lain seolah persahabatan yang dijalani akan kekal abadi selamanya. Ketika menonton dramanya secara langsung, maka akan paham betul karakter dari masing-masing dokter ini.

Konflik dimulai ketika para dokter menjumpai pasien dengan berbagai penyakit. Yang menjadi sorotan saat itu, presiden direktur RS Julie juga jatuh sakit parah, sehingga harus digantikan posisinya. Akan tetapi anak-anak dari si direktur tidak ada yang bekerja dalam bidang yang sama seperti ayahnya itu.

Hingga akhirnya terbongkar sebuah rahasia besar yang dapat diketahui ketika menonton drama ini. Lalu, di sela waktu yang ada, para dokter bermain band seperti ketika saat kuliah. Inilah yang menjadi awal mula judul drama ini.

Konflik terus berlanjut sampai cinta segitiga terungkap di antara sahabat ini. Untuk mengerti bagaimana akhir cerita dalam drama ini  dan siapa yang akhirnya dipilih oleh Chae Song Hwa, sebaiknya tonton sampai episode terakhir ya.

Pesan Moral Hospital Playlist

Pesan Moral Hospital Playlist
Pesan Moral Hospital Playlist

Tidak hanya keseruan dalam cerita yang diusut, drama Hospital Playlist pun meninggalkan pesan moral yang dalam untuk para penonton. Banyak amanat yang ingin disampaikan melalui serial dua musim ini dalam 12 episode musim pertama yang telah ditayangkan.

Pesan utama yang ingin disampaikan adalah kunci utama kelanggengan hubungan persahabatan itu dengan menerima kekurangan dan kelebihan yang dimiliki masing-masing. Sebagai sahabat, sudah seharusnya untuk tidak merendahkan sifat satu sama lain.

Apabila ada yang salah, sampaikan dengan bahasa yang baik agar tidak ada yang tersinggung. Ketika penyampaian tidak jelas dalam pengungkapannya, akan mengundang kesalahpahaman. Hal tersebut berbahaya, karena dapat meretakkan hubungan persahabatan.

Selain itu, yang tak kalah pentingnya ialah untuk berani mengungkapkan perasaan kepada orang lain. Bayangkan bagaimana orang lain bisa mengerti jika tidak diberi tahu. Sebaiknya jangan menganggap orang lain tidak peka, mulailah untuk terbuka. Barangkali, bukan mereka yang tidak peka, tetapi kode yang Anda berikan terlalu rumit untuk dimengerti.

Yang terakhir, last but not least, mereka pun ingin menyampaikan bahwa pada hakikatnya manusia tidak bisa hidup sendiri. Ada orang lain yang juga memiliki hak yang sama dengan diri sendiri. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk menjauhi sifat egois.

Terkadang, merelakan yang dimiliki demi kebaikan orang lain itu perlu. Jadi, jangan pernah menganggap kepentingan sendiri adalah yang terpenting, sehingga menyingkirkan kepentingan orang lain ya.

Cocokkah Dire-make Versi Indonesia?

Cocokkah Dire-make Versi Indonesia?
Cocokkah Dire-make Versi Indonesia?

Di balik keseruan-keseruan yang dimiliki Hospital Playlist, muncul sebuah pertanyaan, apakah cocok jika drama ini dire-make menjadi versi Indonesia?

Jawabannya, tentu cocok. Kisah yang disampaikan sangat baik untuk diteruskan kepada para pemirsa tanah air dengan versi Indonesia.

Indonesia juga memiliki banyak talenta di dunia peran yang tak kalah baiknya, loh. Jadi, tidak ada salahnya bukan untuk menikmati remake drama Hospital Playlist ke dalam versi Indonesia.

Namun, yang menjadi permasalahan adalah belum ada kepastian mengenai keputusan remake drama ini. Tunggu saja ya kabar baiknya.

To Top