Entertainment

10 Idol Hingga Artis Korea Selatan Yang Pernah Terseret Kasus Bullying Di Tahun 2021

idol-hingga-artis-korea-selatan-yang-pernah-terseret-kasus-bullying

Saat ini, kasus bullying yang melibatkan nama-nama sejumlah idol hingga artis Korea Selatan masih menjadi topik pembicaraan. Sebenarnya, kasus pembullyan ini bukan lagi berita baru di dunia entertainment Korea Selatan.

Awalnya, kasus yang menimpa sejumlah idol ini dimulai dari tudingan yang muncul di forum-forum dan kebanyakan para korban mengaku teman masa sekolah mereka. Namun, banyak dari mereka membantah tuduhan ini dan pihak agensi pun ikut mengkonfirmasi.

Meskipun banyak tuduhan yang tidak benar, buntut dari tudingan ini berimbas pada karir idol dan artis yang terlibat kasus. Banyak dari mereka yang dikeluarkan dari drama, iklan, dihapus menjadi brand ambassador hingga menghapus semua video yang dibintanginya. Lalu, siapa saja idol hingga artis Korea Selatan yang pernah terlibat kasus pembullyan selain Ji Soo? Yuk simak baik-baik ya

Jo Byung Gyu

Jo Byung Gyu
Jo Byung Gyu

Pada 16 Februari 2021, muncul sebuah tuduhan yang menyeret aktor Korea bernama Jo Byung Gu. Tuduhan ini berasal dari seseorang yang mengaku mantan teman sekolah Jo Byung Gyu yang menuduh dirinya telah melakukan pembullyan saat di SMA.

Orang tersebut mengaku bahwa Jo Byung Gyu pernah menghinanya dengan kata-kata kasar hingga mengajak berkelahi. Tidak hanya itu, dia juga mengatakan bahwa artis tersebut pernah memaksa dirinya untuk membayar biaya karaoke dan memukulinya dengan mikrofon.

Namun, tudingan ini dibantah oleh HB entertainment selaku agensi yang menaungi Jo Byung Gyu. Agensi tersebut mengumumkan akan melakukan tindakan hukum karena memang tuduhan tersebut tidaklah benar. Jo Byung Gyu sendiri juga memberikan pernyataan bahwa dia memang satu sekolah dengan orang yang menuduhnya tersebut namun tidak pernah kenal.

Mingyu “Seventeen”

Mingyu “Seventeen”
Foto Mingyu “Seventeen”

Kali ini datang dari idol Korea Selatan yang tergabung dalam grup Seventeen. Dia adalah Mingyu yang terseret rumor pembullyan pada 22 Februari 2021. Selain itu, Mingyu juga dituduh pernah merokok, bolos, dan mencuri uang dari temannya semasa sekolah. Namun, rumor ini dibantah oleh Pledis Entertainmen selaku agensi dari Seventeen.

Pada 26 Februari 2021, muncul postingan lain yang menyebut jika idol kelahiran tahun 1997 ini pernah melakukan pembullyan pada seorang siswa yang berkebutuhan khusus. Ada juga postingan lainnya yang menuduh Mingyu dan temannta telah melakukan pelecehan seksual.

Tidak lama setelah rumor baru itu muncul, pihak agensi dari Seventeen kembali merilis pernyataan dimana mereka sudah menghubungi para pihak yang mengaku korban dan mengecek kebenarannya. Bahkan agensi menyebut jika Mingyu mengkonfirmasi bahwa rumor tersebut tidaklah benar.

Setelah melakukan investigasi secara menyeluruh, Pledis Entertainment memastikan bahwa rumor tersebut palsu. Akibat dari rumor ini, Mingyu sempat jeda dari segala kegiatan promosi Seventeen.

Soojin “(G)I-DLE”

soojin “(G)I-DLE”
oojin “(G)I-DLE”

Salah satu anggota (G)I-DLE yaitu Soojin terseret kasus pembullyan setelah muncul postingan yang mengatakan bahwa idol Korea ini pernah menjadi pelaku pembullyan dan merokok semasa sekolah. Kasus ini bermula saat seorang netizen mengungkap penindasan yang dialaminya ketika sekolah. Ia mengatakan bahwa Soojin pernah memanggilnya bersama dengan saudaranya ke kamar mandi. Soojin kemudian menampar mereka.

Namun, Cube Entertainment selaku agensi yang menaungi (G)I-DLE membantah tuduhan tersebut. Sementara itu, tuduhan ini juga dibantah langsung oleh Soojin bahwa dirinya tidak pernah melakukan seperti yang telah dituduhkan.

Meskipun tuduhan tersebut tidak benar, ini berdampak pada karir Soojin. Agensi (G)I-DLE memutuskan agar Soojin vakum sementara dari segala aktivitasnya bersama dengan grupnya. Tidak hanya itu, brand kosmetik Peripera yang menjadikan Soojin sebagai Brand Ambassador telah menghapus semua foto Soojin (G)I-DLE di Instagram dan Twitter.

Hyunjin “Stray Kids”

Hyunjin “Stray Kids”
Hyunjin “Stray Kids”

Kali ini datang dari idol yang tergabung dalam grup baru yaitu Stray Kids. Idol tersebut bernama Hyunjin. Hyunjin dikabarkan pernah melakukan kekerasan dan sering melontarkan perkataan kasar pada temannya saat SMP. Kabar ini muncul setelah adanya unggahan di situs online pada 22 Februari 2021.

Menurut postingan Dispatch, pada 26 februari 2021, JYP Entertainment selaku agensi dari Stray Kids mengungkapkan bahwa Hyunjin ditetapkan sebagai pelaku kekerasan di sekolah sebelum debutnya.  Beberapa alumni telah memposting sebuah fakta. Mereka telah menyampaikan permohonan maaf kepada para fans terkait perbuatan yang dilakukan artisnya.

Sementara itu, Hyunjin sendiri telah mengakui ada perkataan dan perbuatan yang tidak pantas di masa lalu. Ada beberapa orang yang terluka karena perkataan dan tindakan idol ini semasa duduk di bangku sekolah.  Dia juga sudah meminta maaf kepada para korban kekerasannya bahkan bertemu langsung dengan mereka. Korban sendiri dikatakan telah menerima permintaan tulus dari Hyunjin.

Buntut dari kasus ini membuat Hyunjin sempat hiatus dari segala aktivitas Stray Kids sementara waktu. Bahkan brand makeup profesional Korea Selatan menghapus semua foto promosi yang menampilkan Stray Kids sebagai model produknya. Penghapusan tersebut dilakukan meskipun belum ada bukti terkait tuduhan yang dilayangkan kepada Hyunjin Stray Kids terkait kasus pembullyan.

Aisha “EVERGLOW”

Aisha “EVERGLOW”
Aisha “EVERGLOW”

Pada 22 Februari 2021, muncul sebuah postingan yang menyeret nama salah satu member EVERGLOW bernama Aisha dalam kasus pembullyan. Postingan tersebut ditulis oleh seseorang yang mengaku sebagai korban bully dari Aisha semasa sekolah. Aisha disebut sering melakukan penindasan dan berkata yang tidak sopan.

Menindaklanjuti kasus tersebut, Yuehua Entertainment selaku agensi dari EVERGLOW membantah tuduhan yang menyeret nama artisnya. Mereka juga sempat akan membawa ke ranah hukum jika siapapun itu menyebarkan rumor tidak benar tersebut.

Lia “ITZY”

Lia “ITZY”
Lia “ITZY”

Salah satu member ITZY yaitu Lia terseret kasus pembullyan. Idol ini dituduh pernah melakukan pembullyan saat duduk di bangku sekolah. Menanggapi hal tersebut, pihak agensi yaitu JYP Entertainment  melakukan konfirmasi untuk membantah rumor tidak benar itu pada 24 Februari 2021.

Park Hye Soo

Park Hye Soo
Park Hye Soo

Selanjutnya, deretan idol hingga artis Korea yang terlibat kasus pembullyan adalah aktris baru Park Hye Soo. Aktris yang bakal comeback dalam drama berjudul Dear M bersama dengan Jaehyun NCT ini dirumorkan pernah melakukan pembullyan semasa sekolah.

Rumor ini ada setelah muncul postingan pada 22 Februari 2021 dari seseorang yang mengaku bahwa aktris tersebut melakukan bulying saat duduk di bangku SMP.  Orang tersebut mengaku bahwa Park Hye Soo sering menindas dan meminta uang kepada siswa.

Rumor tersebut dibantah oleh agensi yang menaungi artis Park Hye Soo yaitu Studio Santa Claus. Bahkan, Dispatch selaku media berita terbesar di Korea Selatan juga telah melakukan digital forensik dari handphone lama Park Hye Soo. Hasil pencariannya diunggah pada 3 Maret 2021 dalam bentuk postingan beberapa foto pesan singkat Park Hye Soo dengan temannya.

Dalam pesan tersebut disimpulkan bahwa tuduhan pembullyan yang dilakukan Park Hye Soo itu tidak benar. Seseorang yang mengaku korban pembullyan Park Hye Soo ternyata dibully oleh orang lain. melainkan orang lain

Dampak dari kasus ini membuat sejumlah kegiatan terkait promosi drama Dear M ditunda. Bahkan penayangan drama tersebut juga ditunda yang awalnya akan ditayangkan pada tanggal 26 Februari 2021, namun akan ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Naeun “APRIL”

Naeun “APRIL”
Naeun “APRIL”

Kali ini datang dari idol sekaligus artis Korea yang tergabung dalam grup APRIL. Salah satu anggotanya yang bernama Naeun dituduh terlibat kasus bullying dengan sesama anggotan APRIL, Hyunjoo. HyunJoo merupakan mantan anggota APRIL yang keluar pada tahun 2016.

Tuduhan ini pertama kali diungkap pada tanggal 28 februari 2021 lalu oleh seseorang yang mengaku saudara dari Hyunjoo. Dampak dari kasus ini, sejumlah perusahaan yang bekerja sama dengan Naeun seperti J Estina dan Samjin menghapus konten-konten promosi yang menampilkan Naeun.

Tidak hanya itu, penampilan Naeun di televisi pun juga dihapus secara sepihak  seperti apa yang dilakukan di variety show SBS Delicious Rendezvous yang menampilkan Naeun.

Choi Ye Bin

Choi Ye Bin
Choi Ye Bin

Siapa yang tidak mengetahui drama The Penthouse? Salah satu pemain drama tersebut yang bernama Choi Ye Bin terlibat kasus pembullyan. Tuduhan ini bermula dari seseorang yang mengaku sebagai korban pembullyan artis tersebut melalui sebuah postingan di komunitas online, Pann.

Tuduhan tersebut kemudian dibantah oleh J-Wide Company selaku agensi artis Choi Ye Bin. Pada 2 Maret 2021, pihak agensi telah mengambil tindakan untuk membantah bahwa postingan tersebut sangat berbeda dari fakta sebenarnya.

Ji Soo

Ji Soo

Baru-baru ini, nama aktor Ji Soo pun ikut terseret atas kasus pembullyan semasa sekolah dulu. Kasus ini dimulai dari munculnya rumor yang mengungkapkan bahwa Ji Soo pernah menjadi pelaku pembullyan dan pelecehan seksual semasa sekolah dulu.

Terkait rumor tersebut, KeyEast Entertainment mengkonfirmasi akan mencari kebenaran atas tuduhan tersebut. Selang satu hari tepatnya pada Kamis, (4/3/2021), Ji Soo mengakui dan meminta maaf atas kasus pembullyan yang pernah dilakukannya saat sekolah. Hal ini diungkapkan melalui unggahan surat di akun Instagram pribadinya.

Buntut dari kasus yang menimpa artis Korea ini, aktor kelahiran tahun 1993 tersebut dikeluarkan dari drama River Where the Moon Rises dimana dalam drama tersebut, Ji Soo menjadi pemeran utama. Tidak hanya itu, semua drama, iklan, video yang menayangkan Ji Soo dikabarkan akan dihapus oleh sejumlah stasiun televisi dan aplikasi layanan streaming.

Baca Juga : Aktor Ji Soo Mengakui Kasus Yang Melibatkan Dirinya Di Masa Lalu, Begini Kronologinya

Nah itulah beberapa idol hingga artis Korea Selatan yang terseret kasus pembullyan di tahun 2021. Dari beberapa kasus tersebut, ada yang fakta yang dibuktikan dengan pengakuan dari idol yang terlibat dan ada pula yang hanya rumor dengan bukti yang tidak dapat diverifikasi.

To Top