Entertainment

Idol K-Pop Group yang Populer Sebelum Debut

Idol K-Pop Group yang Populer

This post is also available in: English

Debut sebagai idol K-Pop bukan hal yang mudah. Selain menjalani masa pelatihan bertahun-tahun, mereka juga harus siap menghadapi persaingan industri hiburan yang sangat ketat. Tidak sedikit pula yang mengikuti trainee sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Hal ini dilakukan agar mimpi terbesarnya dapat terwujud.

Akan tetapi, ada pula yang meraih kepopuleran bahkan sebelum melakukan debut resmi. Kebanyakan mereka dikenal dari ajang survival show. Penggemar idol K-Pop mengagumi bakat mereka melalui acara reality show tersebut. Siapa sajakah idol K-Pop group yang beruntung itu?

1. Winner

Winner

Idol K-pop group dari Korea Selatan ini “Winner” yang debut di bawah naungan YG Entertainment. Perjalan sebelum debut terbilang sangat panjang dan melalui rintangan besar. Sebelumnya, mereka dikenal sebagai Team A dalam acara Survival Show berjudul Who is Next.

Saat itu, mereka bersaing dengan Team B yang sekarang dikenal sebagai iKON. Akhirnya, Team A berhasil memenangkan kompetisi dan debut dengan nama Winner. Kemenangan tersebut tentu saja tidak terlepas dari dukungan para penggemar. Beberapa bulan kemudian, pihak agensi mengumumkan idol K-pop group ini debut resmi pada Agustus 2014.

Setelah memenangkan kompetisi, mereka membutuhkan waktu lama untuk mempersiapkan debut dengan maksimal. Hingga saat ini, mereka selalu berhasil membuat karya dengan musik yang kuat. Meskipun kehilangan satu personilnya, Winner tetap bangkit memberikan apresiasinya di industri musik.

2. Twice

Twice

Girl group yang bergerak di bawah naungan JYP Entertainment ini masuk dalam deretan idol K-pop paling sukses di dunia. Hits single mereka selalu menjadi sorotan dan disambut meriah oleh para penggemar, Twice yang terdiri dari Nayoen, Momo, Jeongyeon, Sana, Dahyun, Chaeyoung, Jihyo, Tzuyu, dan Mina resmi debut pada tahun 2015.

Penggemar tentu tidak lupa dengan perjuangan mereka sebelum debut. Anggota group ini mengikuti survival show berjudul Sixteen. Lagu debut bertajuk Like Ooh Ahh sempat menjadi trending karena menembus lebih dari 50 juta penonton di kanal Youtube.

Kesuksesan Twice tidak berhenti sampai disitu, mereka mendapatkan tawaran kontrak iklan. Tidak kalah mengejutkan group ini masuk dalam nominasi Artis of the Years dan Best New Female Artis dalam MAMA 2015. Hal ini menjadi perbincangan publik karena mereka mendapatkan itu setelah dua bulan debut.

3. iKON

iKON

Berkiprah di industri musik kurang lebih selama 5 tahun, perjalanan karir iKON penuh dengan lika-liku. Mereka pertama kali mendapat sambutan hangat dari penggemar setelah merilis lagu Just Another Boy dan Climax dalam acara Who is Next. Dalam acara survival tersebut mereka kurang beruntung karena kalah dengan Team A.

Kekalahan tersebut tentu membuat penggemar Team B kecewa. Beruntungnya, pada tahun 2014 YG Entertainment kembali memproduksi survival show berjudul Mix and Match untuk membentuk iKON. Akhirnya, Hanbin, Jinhwan, Bobby, Yunhyeong, Donghyuk, Junhoe, dan ditambah satu personil baru Chanwoo diumumkan debut.

Belum lama ini, penggemar dibuat heboh atas keputusan Hanbin yang hengkang dari Group. Meskipun demikian, penggemar tetap mendukung karir iKON dengan member yang tersisa. Terlepas dari itu, single mereka selalu sukses menempati posisi pertama di beberapa chart musik Korea.

4. Wanna One

Wanna One

Kepopuleran Wanna One tidak perlu ditanyakan lagi, group ini mampu mempertahankan popularitas di tengah persaingan industri musik yang ketat. Bahkan setelah bubar, penggemar tetap setia mendukung masing-masing mantan personel group bentukan survival show Produce 101 season 2.

Meskipun hanya berusia satu setengah tahun, Wanna One mampu menggelar konser tour di beberapa negara. Jumlah single yang dirilis juga terbilang cukup banyak. Aksi panggung Kang Daniel, Park Ji Hoon, Lee Dae Hwi, Kim Jae Hwan, Ong Seung Woo, Park Woo Jin, Lai Kuan Lin, Yoon Ji Sung, Hwang Minhyun, Bae Jinyoung, dan Ha Sung Woon akan selalu dirindukan  oleh penggemar.

5. Itzy

Itzy

Girl group Itzy memang bukan group yang terbentuk dari acara survival, namun awal mula foto teaser personilnya dirilis. Idol bentukan JYP Entertainment ini langsung menarik perhatian para penggemar idol K-Pop. Anggota seperti Ryujin dan Cheryoung lebih dulu dikenal melaui acara survival Mixnine dan Sixteen.

Beberapa laman berita menyebut Itzy sebagai group generasi terkini yang akan terus populer dari waktu ke waktu. Setelah debut pada tahun 2019, group yang terdiri dari Yeji, Yuna, Chaeryoung, Lia, dan Ryujin ini menyabet beberapa penghargaan.

Musik video bertajuk Dalla Dalla mendapatkan 14 juta views setelah 24 jam rilis. Bukan hanya itu, Itzy juga tercatat sebagai group yang memecahkan rekor dengan girlband tercepat mendapatkan trofi di salah satu acara musik.

Sedangkan penghargaan pertisius yang diaraih seperti Best Female Artist Newcomer MAMA 2019, Golden Disk Award Song Division 2020, dan masih banyak lagi.

6. Treasure

Treasure

Satu lagi survival yang diproduksi oleh YG Entertainment, YG Treasure Box pertama kali tayang pada tahun 2018. Total sebanyak 29 trainee diadu dengan pembagian empat anggota antara lain Team A, Team B, Team C, dan Team J. Anggota Team J paling unik karena beranggotakan trainee dari Jepang.

Setelah kompetesi berakhir, line up debut Treasure dimumukan dengan anggota Haruto, Yedam, Junghwan, Junkyu, Jeongwoo, Jaehyuk, dan Hyunsuk. Sedangkan line up boy group kedua bernama Magnum terdiri dari Ha Yoonbin, Mashito, Kim Doyoung, Yoshinori, Park Ji Hoon, dan Asahi.

Jadwal debut yang hampir bersaam, akhirnya agensi memutuskan untuk menggabung dua group tersebut menjadi Treasure 13. Debut resmi group baru YG Entertainment ini masih sangat baru, yaitu pada 7 Agustus 2020.

To Top