Entertainment

Inul Daratista Akui Kisah Pahit Saat Mulai Merintis Karir di Youtube

Inul Daratista

Ketika kita melihat seorang bintang yang kini sangat sukses dan populer, pasti tidak terbayangkan bahkan tidak terpikirkan lika-liku apa saja yang pernah dilaluinya. Salah satunya penyanyi dangdut yang tidak ada surutnya yaitu Inul Daratista. Siapa tidak mengenal si pemilik goyang ngebor ini.

Ternyata, perjalanannya dalam menempuh karir hingga sukses seperti sekarang tidak lepas dari banyak ujian yang harus dilalui. Manis dan pahit harus dilalui dengan tetap kuat dan teguh bahwa nanti dirinya akan menjadi orang yang sukses dan dikenal oleh siapapun. Karena, Inul sendiri mengaku telah mengalami banyak cerita pahit ketika memulai karirnya. Terutama ketika dirinya berada di kota besar yang situasinya jauh berbeda dengan kampung halamannya di Jawa.

Hingga kejadian-kejadian buruk yang pernah dialami itu sempat mengganggu psikologi dirinya dan keluarga. Tapi, menurutnya ia tidak bisa hanya berdiam diri saja dan harus mulai bangkit jika ingin cita-citanya tercapai. Ia menceritakan perjalanannya karirnya di channel Melany ketika diwawancara untuk konten Youtubenya.

Mulai dirinya hendak diperkosa sehingga dicekal publik karena aksi panggungnya. Semua pengalaman pahit tersebut dijadikan pelajaran sehingga tahu apa yang boleh dilakukan atau tidak untuk seorang calon Public figure.

Inul Daratista Sempat Gagal Rekaman dan Memilih Pulang Ke Surabaya

Inul Daratista Sempat Gagal Rekaman dan Memilih Pulang Ke Surabaya
Inul Daratista Sempat Gagal Rekaman dan Memilih Pulang Ke Surabaya

Ketika diwawancara santai dengan Melany Selasa (28 Juli 2020), Inul Daratista bercerita perjalanan ketika pernah hampir di perkosa. Siapa pelakunya? Tak lain adalah oleh pihak label musik yang ada di kota besar Jakarta. Mulanya, Inul Daratista mengikuti audisi yang diadakan oleh label musik tersebut. Sudah berhasil hingga tahap rekaman dirinya justru dilecehkan.

Ketika tindakan kurang mengenakan itu menimpa dirinya, akhirnya ia memutuskan untuk pulang ke Surabaya saja tanpa melakukan rekaman sekalipun. Pria tak bertanggung jawab tersebut menginginkan untuk berhubungan sebagai ganti ongkos rekaman. Tapi tentu saja Inul tidak mau dan merasa tidak masalah jika harus pulang tanpa hasil.

Harga diri sama sekali tidak bisa digantikan dengan apapun terutama kehormatan bagi seorang wanita. Lebih baik ia mengurungkan niatnya terlebih dahulu untuk menjadi penyanyi terkenal daripada harus melayani pria hidung belang yang bertindak semena-mena. Kehidupan di ibu kota memang keras, tergantung bagaimana kita menyikapinya ketika memutuskan untuk datang kesana.

Inul sengaja tidak menceritakan bagaimana ciri-ciri pria hidung belang itu. Selain tidak ingin mencemarkan nama baiknya juga kejadian itu sudah berlalu. Selain itu, kondisinya yang masih baik-baik saja  mungkin cukup dilupakan dan dijadikan pengalaman saja agar tidak sampai terulang kembali.

Trauma Memulai Karir di Jakarta

Inul Daratista
Inul Daratista Sempat Trauma Memulai Karir di Jakarta

Karena sempat mengalami kejadian tidak mengenakan seperti dilecehkan di wilayah yang menurutnya asing membuat dirinya merasa trauma. Hingga akhirnya ia berpikir untuk memulai karirnya di kampung saja. Inul Daratista beranggapan bahwa dimanapun akan bisa sukses asalkan bersungguh-sungguh dalam usaha dan berdoa.

Bahkan, tanpa disadari kesuksesan ini sudah diraihnya hingga memiliki rumah dengan suaminya di Pondok Indah. Ungkapan Inul ini bisa dijadikan motivasi untuk semua orang yang memiliki mimpi ingin menjadi orang sukses. Jangan pernah berhenti usaha ketika ujian datang menghampiri kita.

Tapi pilihlah jalan lain jika memang jalan yang sebelumnya sudah dirasa tidak mungkin untuk diteruskan. Seperti yang pernah dialami harus jauh-jauh pergi ke kota besar dengan ongkos yang sangat minim, tapi pada akhirnya harus mengalami cerita pilu seperti itu. Tak heran jika istri Adam ini sempat mengalami trauma dan sulit mempercayai orang lain lagi.

Dengan pengalaman yang seperti itu, bukan berarti harus berhenti meraih mimpi. Melainkan kita harus memikirkan bagaimana cara lain untuk bisa menggapainya dan mulai membangkitkan semangat.

Inul Daratista Pernah Dicekal Publik dan Akhirnya Disembunyikan

Inul Daratista Pernah Dicekal Publik dan Akhirnya Disembunyikan
Inul Daratista Pernah Dicekal Publik dan Akhirnya Disembunyikan

Ternyata tidak hanya sempat hampir diperkosa saja, Inul juga pernah dicekal publik karena aksi panggungnya yang dinilai mengandung unsur pornografi. Peristiwa ini terjadi pada tahun 2003 dimana Rhoma Irama selaku perwakilan dari Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI) menentang Inul.

Rhoma menilai jika goyangan yang dipertunjukkan di atas panggung itu mengundang lebih banyak dampak negatif sehingga akan menjatuhkan derajat musik Indonesia di depan dunia. Karena peristiwa ini, akhirnya perempuan kelahiran 21 Januari 1979 itu mengalami depresi cukup berat.

Bahkan, tidak hanya Inul sendiri melainkan keluarga besarnya juga malu keluar rumah dan mendengarkan atau sekedar membaca surat berita. Akibat kejadian ini, akhirnya istri Adam memutuskan untuk pulang kampung saja agar bisa menenangkan diri dan disembunyikan oleh pamannya di Pandaan.

Karena, sejak saat itu banyak media yang mengejarnya untuk meminta keterangan mengenai musibah yang menimpanya saat itu. Semenjak saat itu ia benar-benar tidak ingin kembali ke Jakarta dan memulai karirnya di kampung halamannya saja. Meskipun dengan honor pas-pasan tidak masalah asal cukup untuk makan bersama keluarganya guna bertahan hidup.

Tapi, karena ia tidak ingin terus merasa terpuruk dan kembali menjadi wanita hebat yang kuat akhirnya mulai karir sesuai jalannya saja. Tidak disangka-sangka akhirnya kini namanya sangat populer dan dikenal masyarakat luas. Memiliki rumah besar dan hidup bahagia bersama keluarga kecilnya.

Tak heran jika orang kampung ketika datang ke ibukota merasa kaget ketika mengalami banyak ujian yang menurutnya cukup besar. Sebagai calon orang sukses harus berpikir positif, karena untuk meraih apa yang diinginkan itu tidaklah mudah dan harus bisa menghadapi segala bentuk ujian.

To Top