Entertainment

Itzy Profile Member, Album dan Sederet Prestasinya

itzy

Itzy adalah sebuah nama untuk grup musik girlband asal Korea Selatan yang beranggotakan lima orang dan dibentuk oleh JYP Entertainment. Grup musik yang sejak 11 September 2019 ini terdiri dari Yeji, Lia, Ryujin, Chaeryoung dan Yuna.

Profile Itzy Member

Itzy
Gaya Girlband Itzy Saat Akan Melakukan Performance

Meski terbilang baru, namun girlband ini berhasil menarik perhatian publik dan penikmat musik dunia dengan performancenya. Tak hanya turut menghibur, namun mereka juga berhasil menorehkan prestasi dengan berbagai penghargaan yang diraihnya.  Berikut ini adalah profil dari kelima personil Itzy.

1.     Itzy Yeji

Yeji memiliki nama asli Hwang Ye-Ji lahir pada tanggal 6 Mei 2000 yang merupakan anggota vokal. Sebelumnya ia sempat magang pada tahun 2015 kemudian di tahun 2018 ia Yeji mengikuti serial televisi kompetisi realistis SBS The Fan, namun harus gugur pada episode ke-5.

2.    Itzy Lia

Choi Ji-su merupakan nama asli dari Lia. Ia lahir pada tanggal 21 Juli 2000 di Korea Selatan dan menjadi salah satu anggota vokal pada grup musik ini. Selain itu dirinya juga merupakan seorang alumni Sekolah Seni Pertunjukan Seoul dan sebelumnya pernah magang di SM Entertainment.

3.    Ryujin Itzy

Ryujin adalah gadis Korea Selatan yang lahir pada tanggal 17 April 2001. Ia menjadi anggota grup vokal pada girlband yang dibentuk JYP Entertainment ini, selain itu ia juga memiliki keahlian lain sebagai seorang rapper. Ryujin diumumkan pertama kali sebagai anggota Itzy pada tanggal 20 Januari kemudian debutnya pada tanggal 12 Februari.

4.    Chaeryeong

Lee Chae-ryeong lahir pada tanggal 5 Juni 2001 dan merupakan seorang penari sekaligus penyanyi asal Korea Selatan yang telah dikontrak oleh JYP Entertainment. Ia juga diumumkan sebagai anggota girlband ini pada tanggal 20 Januari 2019 setelah sebelumnya juga telah mengikuti serial televisi kompetisi realitas grup vokal perempuan oleh JYP Entertainment, Sixteen.

5.    Yuna Itzy

Yuna atau yang memiliki nama terang Shin Yu-na ini lahir pada tanggal 9 Desember 2003 di Gyeonggi, Korea Selatan. Ia merupakan grup vokal yang mengenyam pendidikan di Hanlim Multi Art School. Meski usianya adalah yang paling belia, namun keahliannya dalam bernyanyi mampu menyokong timnya cukup populer ke berbagai belahan dunia.

Album Itzy

ITZY
Salah Satu Foto Terbaik Itzy dengan Member-member Cantik

Adapun album single yang telah dirilisnya adalah It’z Different pada tanggal 12 Februari 2019 dan lagu Dalla Dalla yang berhasil menempati tangga lagu pilihan. Selain itu masih ada single lain yaitu Want It? yang juga rilis di tahun yang sama.

Penghargaan Itzy

Meski perjalanannya masih sangat baru, namun grup musik ini berhasil meraih penghargaan pada program musik M Countdown pada tanggal 21 Februari 2019 dengan lagu Dalla Dalla. Serta penghargaan pada program Show! Music Core pada tanggal 23 Februari 2019 dengan lagu Dalla Dalla.

Debut dengan It’z Different dan It’z Icy

Album single It’z Different dirilis pada tanggal 11 Februari 2019 dengan single utama yang dibawakannya yaitu Dalla Dalla. Lagu ini dibuat dengan penggabungan unsur-unsur sub genre EDM seperti future house dan bass house. Dengan lagu tersebut, mereka berhasil mencetak salah satu debut terbesar Billboard untuk new K-pop act in years. Selain itu single Dalla Dalla ini juga berhasil mencapai posisi nomor 3 dan dipuncak nomor 2 pada chart penjualan lagu digital dunia.

Sementara untuk Want It? dirilis bersamaan dengan single Dalla Dalla dan mencapai debutnya pada peringkat 8 yang berhasil terjual dengan 1000 unduhan. Tak hanya itu, lagu Dalla Dalla juga sempat menjadi lagu kedua terpopuler di Youtube.

Berdasarkan konfirmasi Billboard, video musik tersebut melampaui 17,1 juta views dalam waktu 24 jam setelah rilis. Hal tersebut menjadi rekor baru yang terpecahkan untuk video musik debut K-pop yang paling banyak ditonton dalam 24 jam setelah tayang.

Masih dalam suasana berbahagia, Itzy kembali dikejutkan dengan kemenangannya pada program music show pertama mereka yakni M Countdown. Mereka juga menjadi yang tercepat dalam meraih penghargaan music show pertama. Di sisi lain Dalla Dalla juga menciptakan rekor baru sebagai video music debut K-pop tercepat yang mencapai 100 juta kali ditonton.

Prestasi dan Keberhasilan Pasca Debut

Debut It’z Icy yang merupakan mini album ini dirilis pada tanggal 29 Juli 2019 bersamaan dengan video musik untuk single pertama yang berjudul Icy. Kemudian pada tanggal 22 September 2019 JYPE mengumumkan perjalanan Tour Showcase untuk grup ini dengan judul Itzy Premiere Showcase Tour.

ITZY
Style Itzy yang Menginspirasi Para Fans

 Tour ini dimulai dari Jakarta pada 2 November 2019 dan berlanjut ke berbagai kota di negara Asia sepanjang akhir tahun 2019 untuk kemudian menuju Amerika Serikat untuk lima pertunjukan di bulan Januari 2020.

Masih tentang prestasi keberhasilan Dalla Dalla, single tersebut telah melampaui 100 juta streams di Gaon Music Chart dan menjadi sertifikasi platinum pertama grupnya. Lagu tersebut juga menjadi lagu debut pertama dari grup K-pop yang memperoleh sertifikasi platinum dari Asosiasi Konten Musik Korea (KMCA) sejak diperkenalkannya sertifikasi pada bulan April 2018.

 Lagu ini juga berada di posisi nomor 8 dalam daftar The Best 20 K-pop Song of 2019 oleh Dazed. Dalla Dalla dan Icy menjadi video musik paling populer di Korea Selatan dengan masing-masing nomor 2 dan 7.

Pada akhir 2019 beberapa personilnya diakui sebagai Best New Female Artist Awards termasuk pada Melon Music Award 2019 serta Mnet Asian Music Awards 2019.

Berita Terkini

To Top