Entertainment

Jadi Model Hingga Pemain Film, Ini Jejak Karir Luna Maya

luna maya

Luna Maya adalah artis Indonesia berdarah campuran yang lahir di Denpasar, 26 Agustus 1983 dengan nama asli Luna Maya Sugeng. Wanita blaster dari pasangan Uut Bambang Sugeng (Alm) dan Waltraud Maier ini memulai karirnya menjadi seorang model. Selain menjadi model, ia juga menjalani peran sebagai pemain film dan sinetron, penyanyi, hingga presenter. Hal tersebut membuat namanya semakin melambung di dunia hiburan Indonesia.

Perjalanan Karir Seorang Luna Maya

Pada tahun 1999 ia memulai karirnya menjadi seorang model dan berhasil memperoleh juara di ajang model remaja. Prestasi yang didapatkan waktu itu mengantarkan dirinya mendapatkan banyak tawaran model seperti catwalk dan bintang iklan televisi.

Di tahun itu pula ia terjun ke dunia akting dan menjadi peran pendukung di film “30 Hari Mencari Cinta”. Namanya kian melambung setelah berperan di film “Cinta Silver” dan menjalin hubungan dengan Ariel vokalis band Peterpan.

Selain itu ia juga eksis dalam bintang iklan seperti Lux, Vitalong C, Sarimi, XL, Toshiba, dan lain-lain. Menjalani karir sebagai bintang iklan juga turut membawanya menjadi bintang model video klip sahabatnya,Alm Olga Syahputra. Selain itu ia juga menjadi model video klip dalam lagu P.U.S.P.A yang dibawakan oleh ST 12. Kedekatannya dengan Alm Olga Syahputra membawanya menjadi seorang presenter di acara musik Dahsyat RCTI  bersama Raffi Ahmad.

Tak hanya sukses menjadi pemeran film dan bintang iklan, ia juga melebarkan sayapnya di dunia tarik suara. Single yang pernah ia bawakan antara lain Tak bersamamu (2010), Suara Ku berharap (2010), Perjalanan (2011), Biarlah (2011), Sudah Biasa (2012), dan Paranoid (2014). Luna juga pernah membawakan lagu bersama Sandra Dewi dan Dewi Sandra dengan tema “Indonesian Theme Song for EURO 2008” dengan judul “Play”.

Kemajuan dalam karir Luna membuatnya ingin mencoba dunia baru sebagai sutradara. Di tahun 2011 ia memulai dirinya untuk menjadi sutradara dalam film pertamanya Pintu Harmonika. Luna juga menjadi sutradara dalam film Skros yang bercerita seorang gadis yang dianugerahi kecerdasan.

Hubungan Luna dan Ariel diterpa badai lantaran video dewasa keduanya yang tersebar di berbagai media. Namun, karir Luna di bidang perfilman Indonesia kembali mencuat di tahun 2018 menjadi peran utama di film “Suzzana Bernapas dalam Kubur”. Film yang ia perankan menyita sekitar 3,5 juta penonton dan mendapatkan penghargaan.

Bisnis yang Dijalani Seorang Luna Maya

Kasus skandal video yang menimpa membuat ia mengalami post power syndrome lantaran banyak brand besar yang meninggalkannya. Tak hanya itu stasiun televisi dan rekan kerja juga meninggalkannya. Hal itu membuat Luna mencoba bangkit dari keterpurukan dan menjalani bisnis yang ia bangun sendiri. Bisnis yang dijalani Luna antara lain butik “Luna Habit”, barber-shop, dan kecantikan “Nama Beauty”. Bisnis itu ia jalankan di dua kota besar yaitu Bandung dan Jakarta.

Luna Maya
Luna Habit, Bisnis di Bidang Fashion Milik Luna Maya

Tak hanya itu ia juga menjalankan bisnis properti dengan menanamkan aset yang digunakan secara pribadi maupun disewakan. Kemudian bisnis kue artis juga ikut  dijalankan oleh luna bersama Chacha Frederica bernama Mandolin Cakery. Selain bisnis kue ia juga menjalankan bisnis Kuliner Nusantara. Bisnis ini ia jalani di kawasan Kebayoran Baru yang diberi nama Waluma.

Kisah Asmara yang Penuh Liku

Mempunyai wajah cantik dan multitalenta tak heran jika ia banyak dikagumi pria dan menjadi sorotan media. Beberapa artis yang pernah singgah di hati Luna antara lain Fachri Albar, Ariel Noah, Juhno Adi Sutowo, Reza Alexander Prawiro, Dan Reino Barack.

Luna Maya
Kisah Cinta Segitiga Antara Luna Maya, Reino Barack dan Syahrini

Kisah asmara yang terakhir bersama Reino Barack sempat menjadi perhatian media lantaran Reino menikah dengan sahabat Luna yaitu Syahrini. Hal tersebut membuat hubungan Luna dengan Reino dikabarkan ada permusuhan.

Prestasi yang Diraih seorang Luna Maya

Karirnya yang melejit di dunia entertain membawa namanya memperoleh banyak penghargaan prestasi setiap tahunnya. Sejak tahun 1999 ia menjadi model dan mendapatkan penghargaan Cover Girl pada majalah Aneka Yess!. Kemudian tahun 2005 ia menjadi Most Favorite Actress di ajang MTV Indonesian Movie Award 2005. Dan pada tahun tersebut ia terpilih menjadi duta PBB untuk WFP (Program Pangan Dunia) Indonesia.

Tahun 2006 ia kembali mendapatkan penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam nominasi Festival Film Indonesia 2006. Kemudian di tahun 2007 ia dinobatkan sebagai The Most Sexiest Female in Indonesia 2007. Atas prestasinya tersebut membawanya menjadi The Most Sexiest Female nomer 3 tingkat dunia versi FHM. Berbagai prestasi yang dia dapatkan membawa namanya menjadi pembawa obor Indonesia di Olimpiade Beijing ada tahun 2008.

Karirnya di dunia presenter yaitu sebagai pembawa acara ia mendapatkan Nominasi Panasonic Awards tahun 2009 kategori Presenter Musik Variety Show Terfavorit. Di tahun 2010 ia mendapatkan pekerjaan sebagai Official Brand Ambassador of Mercedes Benz Indonesia 2010.

Puncak prestasi yang ia dapatkan yaitu di tahun 2019 sebagai pemenang piala Maya 2019 kategori aktris terbaik di film Suzzana: Bernapas dalam Kubur. Kemudian ia juga mendapatkan penghargaan 99 Most Inspiring Women 2019 versi Majalah Globe Asia.

Dalam acara Festival Film Bandung juga ia mendapatkan kategori Pemeran Wanita Utama film Bioskop 2019. Luna menjadi pemenang IMA Awards 2019 kategori Aktris Terfavorit lewat film Suzzana:Bernappas dalam Kubur. Dan yang terakhir Nominasi IBOMA awards SCTV 2019 kategori aktris pemeran wanita terbaik.

Hingga sekarang di tahun 2020 Luna Maya masih menjadi aktris yang banyak digandrungi oleh para penggemarnya. Saat ini kesibukan luna selain menjadi seorang pebisnis juga menjadi Youtuber agar terus mempertahankan kesuksesannya di dunia entertainment.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top