Entertainment

Jerome Polin, Youtuber Indonesia yang Mengejar Pendidikan Di Negeri Sakura

Jerome Polin, Youtuber Indonesia yang Mengejar Pendidikan Di Negeri Sakura

Jerome Polin adalah youtuber berprestasi yang memiliki nama asli Jerome Polin Sijabat lahir pada tanggal 2 Mei 1998 di Surabaya. Pria yang saat ini berusia 22 tahun dikenal oleh publik sebagai seorang selebgram dan Youtuber.

Channel Youtube yang bernama “Nihongo Mantappu” berhasil melambungkan nama Jerome dan mendapat banyak perhatian netizen. Jerome lahir dari pasangan Marojahan Sijabat (ayah) dan Chrissie (Ibu) serta memiliki tiga saudara yaitu Jehian Panangian Sijabat (Kakak) dan Jesferrel Porman Sijabat (Adik). Saat ini Jerome sedang menikmati kesibukannya sebagai mahasiswa matematika di Universitas Waseda, Jepang.

Jerome Polin Sosok Inspiratif Bagi Kaum Muda

Jerome mulai dikenal oleh banyak kalangan anak muda sejak aktif membuat konten Youtube mengenai kehidupan kuliah di Negeri Sakura. Sejak dari kecil ia merupakan sosok yang berprestasi dan mendapat banyak penghargaan akademik. Di bangku SMP, namanya disebut sebagai pemegang Nilai Ujian Nasional tertinggi se Jawa Timur.

Berkat prestasi tersebut ia melanjutkan jenjang lanjutan ke SMA favorit di Jawa timur yaitu SMAN 5 Surabaya. Saat SMA Jerome mengaku bahwa memiliki keinginan kuat untuk kuliah di luar negeri utamanya adalah di Jepang. Keinginan tersebut ia dorong dengan mengikuti berbagai olimpiade tingkat SMA. Mimpi Jerome saat itu semakin dekat untuk belajar di Jepang dengan beasiswa.

Jerome Polin Sosok Inspiratif Bagi Kaum Muda
Jerome Polin Sosok Inspiratif Bagi Kaum Muda

Pemenang Juara 1 Olimpiade National Industrial Engineering ITS tahun 2016 saat itu mendaftarkan diri ke Nanyang  Technological University di Singapura. Namun hasilnya Jerome hanya mendapatkan beasiswa parsial (sebagian) bukan beasiswa full.

Kemudian ia memutuskan untuk tidak mengambil kesempatan itu karena merasa akan membebankan orang tua. Tidak lama kemudian Jerome mendapat informasi dari sang kakak bahwa ada perusahaan Jepang Mitsui Bussan membuka kesempatan beasiswa kepada 2 pelajar indonesia. Berkat kegigihan dan usahanya ia berhasil melewati tahap demi tahap seleksi dan diterima di Universitas Waseda Jurusan Matematika Murni.

Jerome Polin Sebagai Youtuber Dengan Konten Positif

Seperti yang bisa dilihat bersama bahwa Jerome merupakan sosok inspiratif kaum muda dengan platform digitalnya berisi konten positif. Berbeda dari selebriti lain yang memanfaatkan kepopuleran, ia justru memanfaatkan untuk masyarakat luas. Bercita-cita menjadi seorang Menteri Pendidikan, ia selalu membagikan konten edukasi berupa tips dan trik mengerjakan matematika.

Jerome Polin Sebagai Youtuber Dengan Konten Positif
Jerome Polin Sebagai Youtuber Dengan Konten Positif

Jerome juga sering membagikan video edukasi kepada masyarakat berupa motivasi untuk para pengikutnya. Kata-kata yang sering ia rangkai selalu menjadi motivasi dan selalu positif dalam menjalani hidup. Jerome juga sering membagikan video berupa kebudayaan Jepang dan juga keseruannya kuliah di Jepang.

Sebagai mahasiswa Jerome pandai memanfaatkan Youtube untuk berbagi hal positif. Diketahui dengan aktif di Youtube Jerome berhasil bertahan hidup di negeri yang tingkat ekonominya tinggi.

Jerome Polin Pembawa Obor Olimpiade 2020

Namanya yang semakin terkenal harum banyak menyita perhatian berbagai kalangan. Mulai sering diundang dalam acara talkshow hingga diminta untuk membawa obor olimpiade 2020 di Tokyo. Dalam perhelatan olimpiade di tengah pandemi, Indonesia masuk dalam acara seremonial estafet obor jelang Olimpiade Tokyo. Suatu kebanggaan bagi Indonesia karena biasanya acara seremoni hanya dilakukan oleh penduduk lokal.

Seketika yang menjadi sorotan adalah sosok Jerome mahasiswa di Jepang yang mewakili Indonesia di estafet obor Olimpiade Jepang. Dalam cuitan media sosial twitternya ia mengatakan mempunyai tugas penting di Olimpiade Tokyo membawa Torch Bearer. Jerome berlari membawa obor pada tanggal 1 April 2020 kemarin.

Jerome Menulis Judul Buku Mantappu Jiwa

Selain aktif sebagai Youtuber ia juga menulis karya bukunya bernama “Mantappu Jiwa” yang diambil dari slogan dalam Channel Youtubenya. Demi melebarkan sayapnya ia menulis buku tersebut berisi kisah hidupnya mulai dari kecil hingga sekarang.

Dalam buku yang ia tulis mengungkapkan bagaimana cara Jerome membahagiakan orang tuanya. Dulunya Jerome lahir dari keluarga yang sederhana dengan ayah seorang pendeta dan ibu seorang ibu rumah tangga. Saat bersekolah di IPH School dengan beasiswa Jerome ingin sekali mengikuti les matematika. Tetapi keinginannya ia kubur karena orang tua tidak memperbolehkan dengan alasan biaya yang tidak sedikit.

Jerome menceritakan jerih payah membangun Youtube mulai dari meliburkan diri dari perkuliahan hanya demi membuat konten. Tetapi konten yang ia buat selalu bermanfaat dan langsung melejit kenaikan subscribernya. Dalam bukunya ia berpesan hidup hanya sekali, mati hanya sekali, mari kita berbuat sebaik-baiknya dan mati sebaik-baiknya.

Prestasi Yang Pernah Diraih Jerome Polin

Sosok yang pintar dan jenius membuatnya tak lepas dari segudang prestasi. Banyak yang belum mengetahui seberapa banyak prestasi Jerome Polin. Artikel ini akan mengulas beberapa prestasi yang telah ia raih.

1. Tahun 2016 Juara 1 Olimpiade National Industrial Engineering ITS

Saat itu ia mengikuti Olimpiade Nasional di ITS dan berhasil mendapatkan Juara 1. Jerome mengungkapkan bahwa prestasi yang ia dapat bukan hanya keberuntungan melainkan kerja kerasnya.

2. Juara 2 Regional Olimpiade Farmasi Nasional Unair 2015

Sebelum menyabet juara 1 Olimpiade ITS ia telah meraih juara 2 di olimpiade Unair tahun 2015. Saat itu memang Jerome kerap mengikuti berbagai olimpiade dari kelas X dan baru terlihat hasilnya di tahun 2014 mendapatkan juara 3 di Olimpiade Matematika.

3. Pemenang ke-14 Japanese Speech Contest Suginami Association

Tetapi tekad dan keinginannya ia jalani dengan belajar mandiri bersama ibu di rumahnya. Saat itu ia mempunyai pemikiran bahwa jika ingin ke luar negeri maka salah satu caranya adalah berkuliah di luar negeri. Jerome merupakan anak yang sangat pintar di sekolahnya dan prestasinya diakui oleh beberapa penghargaan yang telah ia raih.

Pemenang ke-14 Japanese Speech Contest Suginami Association
Pemenang ke-14 Japanese Speech Contest Suginami Association

Demikian ulasan mengenai Jerome Polin yang sangat menginspirasi anak muda.

To Top