Entertainment

Kabar Duka, Dalang Kondang Ki Manteb Sudarsono Wafat

Ki Manteb Sudarsono Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari dunia seni budaya, dalang wayang kulit Ki Manteb Sudarsono dikabarkan wafat pada Jumat (2/7/2021) pukul 09.45 WIB. Diketahui, seniman ternama dari Jawa Tengah itu lahir di Palur, Mojolaban, 31 Agustus 1948.

Pria yang mendapat julukan Dalang Setan dan para penggemarnya itu dianggap sebagai pelopor perpaduan alat musik modern dan seni pedalangan. Kabar meninggalnya sang dalang pun dibenarkan oleh keponakan Ki Manteb, Ade Irawan.

“Iya betul, Ki Manteb meninggal dunia sekitar jam 9.45 WIB,” kata Ade, Jumat (2/7/2021).

Menurut Ade, Ki Manteb Sudarsono berpulang usai melakukan pentas wayang di Jakarta. Sepulangnya dari Jakarta, dengan ditemani oleh istri dan anaknya, Ki Manteb masih mendalang melalui live streaming.

“Setelah itu, Ki Manteb sakit. Dipanggilkan dokter, lalu diinfus di rumah selama 2 hari,” ujar Ade.

Lihat Juga: Sebelum Meninggal, Mbak You Sempat Ramalkan Kematiannya

Berdasarkan hasil swab antigen, diketahui Ki Manteb positif terinfeksi virus Corona. Kondisi tersebut makin diperparah dengan penyakit paru-paru yang diidapnya.

“Dari hasil swab antigen, Ki Manteb positif terinfeksi COVID-19. Kondisi tersebut diperparah oleh sakit paru-paru yang telah lama diidap oleh bapak,” kata Ade yang juga merupakan Sekretaris Desa setempat.

Selain Ki Manteb Sudarsono, istrinya pun juga terinfeksi virus Corona, hanya anak dan sopir Ki Manteb yang berdasarkan hasil tes swab antigen negatif. Sebetulnya, saat kondisi kesehatan Ki Manteb makin memburuk, pihak keluarga akan membawanya ke rumah sakit. Tetapi kondisi seluruh rumah sakit telah penuh.

Baru pada Jumat (2/7/2021), Ki Manteb mendapat rumah sakit khusus pasien COVID-19. Tapi, belum sempat di larikan ke Rumah Sakit Jati Husada, Ki Manteb telah lebih dulu menghembuskan napas terakhirnya.

“Rencana nanti sore baru akan di bawa ke Rumah Sakit Jati Husada. Tetapi bapak terburu meninggal dunia,” terangnya.

Ki Manteb Sudarsono dikebumikan di pemakaman keluarga Doplang, Karangpandan, Karanganyar. Salah salah satu maestro dalang itu meninggal dunia di usia 72 tahun dan meninggalkan 6 orang anak kandung dan 1 orang anak angkat.

To Top