Entertainment

Kena Gangguan Usus, Najwa Shihab Jalani Perawatan

Kena Gangguan Usus, Najwa Shihab Jalani Perawatan

Najwa Shihab harus rehat dari aktivitasnya karena tengah menjalani perawatan di rumah sakit. Dalam unggahan di akun media sosial Instagramnya, Najwa diketahui menjalani perawatan karena gangguan usus.

“Terimakasih banyak untuk semua kiriman doanya ya teman-teman. Alhamdulillah hari ini sudah membaik. Tinggal lemas dan mual saja tetapi kondisi lain seperti muntah dan diare sudah berkurang,” tulis Najwa di Instagramnya.

Lihat Juga: 7 Pelajaran Hidup Najwa Shihab yang Bisa Kamu Teladani, Sangat Menginspirasi!

Karena menjalani perawatan di rumah sakit, maka protokol COVID-19 dijaga dengan ketat. Karena itulah, Najwa hanya sendirian di kamar rawat.

“Sakit di kondisi pandemi, di kamar sendiri, tidak bisa dijenguk memang berbeda. Apalagi untuk mereka yang terjangkit COVID. Pasti jauh lebih sulit. Sending all virtual hugs to all of you fighters out there,” lanjutnya.

Gejala Radang Usus Seperti Yang Diidap Najwa Shihab

Secara medis ada dua jenis radang usus, pertama kolitis ulseratif yaitu peradangan kronis pada usus besar. Sedangkan yang kedua adalah crohn disease yang merupakan peradangan pada lapisan sistem pencernaan. Walaupun kedua jenis peradangan itu berbeda, namun keduanya memiliki gejala yang mirip, di antaranya.

Lihat Juga: Sakit Perut Sebelah Kiri, Kenali Indikasi 7 Penyakit ini

  • Sakit perut, gejala satu ini adalah yang paling umum, rasa sakit ditimbulkan karena adanya peradangan pada usus besar.
  • Diare, gejala diare muncul setelah sakit perut dirasakan yang diakibatkan oleh infeksi kuman, virus, parasit ataupun bakteri.
  • BAB berdarah, penderita radang usus biasanya mengalami BAB berdarah, hal ini menandakan adanya luka di saluran cerna karena peradangan.
  • Wasir, karena diare yang tak kunjung sembuh penderita radang usus lebih rentan mengalami wasir. Saat diare, penderita biasanya akan mengejan keras hingga memaksa jantung untuk mengalirkan darah lebih banyak menuju anus. Hal itu menjadikan pembuluh darah di sekitar anus menjadi bengkak, pecah, dan akhirnya menyebabkan wasir. Kotoran yang keluar dari anus akan membawa darah karena kebocoran itu.
  • Demam, merupakan tanda kalau tubuh sedang melawan infeksi, termasuk bagi penderita radang usus. Gejala ini sebagai respon dari otak untuk melindungi tubuh dari zat asing. Otak akan menaikkan suhu tubuh yang bertujuan untuk membunuh bakteri atau kuman di dalam tubuh.
  • Nafsu makan turun, penderita radang usus biasanya juga mual dan merasa tidak enak di perut. Akibatnya mereka akan kehilangan nafsu makan yang akhirnya membuat berat badan turun. Kombinasi diare, demam, hingga menurunnya nafsu makan akan membuat tubuh kekurangan nutrisi.
To Top