Entertainment

Kenang Ratu Elizabeth II, Kisah Hidupnya Dirangkum Dalam 7 Film dan Series Ini

Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II dikenal sebagai salah satu perempuan paling dihormati di dunia. Kisah hidupnya yang bergelar Raja Kerajaan Inggris pun beberapa kali diangkat ke dalam film dan series.

Ratu Elizabeth II berpulang pada hari Kamis, (8/9/2022) di Balmoral dalam usia 96 tahun. Sang Ratu tentu saja meninggalkan banyak kenangan, tak cuma untuk keluarga, namun juga masyarakat internasional.

Ratu Elizabeth II dikenal sebagai pemimpin Kerajaan Inggris selama kurang lebih 70 tahun. Ia naik tahta jadi ratu di usianya yang masih sangat muda, 20-an tahun, karena ayahnya meninggal akibat sakit.

Selama hidupnya, Ratu Elizabeth II dikenal sebagai salah satu perempuan paling dihormati di dunia. Beliau merupakan sosok pemimpin, panutan, sekaligus idola dan inspirasi bagi sebagian banyak orang Kisah hidupnya yang bergelar Raja Kerajaan Inggris pun beberapa kali diangkat ke dalam film dan series. Di antaranya adalah berikut ini:

Deretan Film yang Tampilkan Sosok Ratu Elizabeth II

1. The Crown

Ratu Elizabeth II
The Crown

Ratu, yang meninggal pada usia 96 tahun, Kamis (8/9), adalah tokoh sentral di serial The Crown peraih penghargaan Emmy yang tayang di platform Netflix. 

The Crown merupakan serial yang fokus menceritakan kehidupan Ratu Elizabeth II. Serial ini cukup lengkap membahas kehidupan Ratu Elizabeth II. Di musim pertama dan kedua, serial ini menceritakan kehidupan Ratu Elizabeth muda.

Claire Foy memenangi dua piala Emmy dan Golden Globe setelah memerankan Elizabeth versi muda yang tiba-tiba menjadi ratu pada usia 27 tahun. Olivia Colman kemudian menggantikannya di musim berikutnya, sebagai ratu di usia yang lebih matang, dan Imelda Staunton akan memerankan Elizabeth di musim kelima yang akan tayang pada November.

Ketika Foy memenangi Golden Globe pada 2017, dia berterima kasih kepada sejumlah perempuan luar biasa, termasuk Ratu Elizabeth II. 

“Dia telah menjadi pusat dunia selama 63 tahun terakhir, dan saya kira dunia butuh lebih banyak perempuan lagi,” kata Foy.

2. Elizabeth: The Unseen Queen

Pertama, ada film Elizabeth: The Unseen Queen tahun 2022, yang merupakan dokumenter Ratu Elizabeth II.

Film ini menyajikan cuplikan Ratu Elizabeth II saat masih bayi, ketika pertama kali bepergian ke luar negeri bersama keluarganya, dan momen tunangan dengan Pangeran Philip hingga jadi Ratu Inggris menggantikan ayahnya. Elizabeth: The Unseen Queen digarap oleh BBC Studio dengan bekal 400 gulungan film yang disiapkan oleh Ratu Elizabeth II.

Gulungan film tersebut berisi momen di balik layar acara besar, berita yang hilang, hingga rekaman momen yang tidak pernah dipublikasikan. Karya ini tentu akan membuat meneteskan air mata bagi yang menontonnya, terutama pada saat sekarang.

3. Elizabeth: A Portrait in Part(s)

Berbeda dengan film sebelumnya, “Elizabeth: A Portrait in Part(s) ini mengambil angle dari momen-momen penting saat Ratu Elizabeth II menyampaikan pidato dan aspirasinya. Di film ini, kamu akan belajar sejarah sekaligus politik Inggris yang sudah dikemas sedetail mungkin.

Film yang dibuat sebagai bentuk peringatan 70 tahun kepemimpinan Ratu Elizabeth II ini juga menceritakan kebijakan penting, seperti peran negara Inggris di luar lingkup kerajaan. Cocok banget deh buat kamu yang doyan film dokumenter-sejarah!

4. A Royal Night Out

Ratu Elizabeth II
A Royal Night Out

Film ini menunjukan kehidupan sisi lain seorang Ratu Elizabeth. Pada masa remajanya, Ratu ingin menjadi seorang wanita biasa yang ingin bebas dan menikmati hidup seperti orang lain.

Dalam film ini, dikisahkan bahwa Ratu Elizabeth II dan adik perempuannya, Putri Margaret, ingin menikmati hidup sebagai rakyat biasa. Mereka berdua pun terlibat dalam petualangan dalam rangka perayaan berakhirnya Perang Dunia II.

Akan tetapi, ketika mereka tengah bersenang-senang, masalah datang menghampiri hingga membuat Elizabeth dan Margaret belajar sekaligus menikmati hidup yang sesungguhnya.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Siapa Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Selanjutnya?

5. The Queen

Aktris Inggris, Helen Mirren, juga membawa pulang piala Oscar atas perannya sebagai Elizabeth di film The Queen (2006) yang fokus terhadap respons penguasa itu atas kematian Putri Diana yang tiba-tiba.

Dalam The Queen disorot tanggapan keluarga Kerajaan Inggris terhadap kematian tragis Diana, Putri Wales, tahun 1997. Film ini menggambarkan perbedaan keyakinan pada saat itu, di mana keluarga kerajaan tidak berencana memperlakukan kematian Diana sebagai kematian resmi kerajaan.

“Ratu Elizabeth menjadi subjek yang menarik karena dia berperan dalam peristiwa besar dunia dan karena kisah hidupnya punya elemen yang sangat manusiawi,” kata editor majalah People, Wendy Naugle, seperti disiarkan Reuters, Jumat.

“Kita bisa melihat kelemahan itu di keluarga kita sendiri. Kami bisa memahami bagaimana rasanya ketika ada masalah, dan ketika ditambah dengan lapisan kemewahan dan kerajaan, itu jadi cerita yang menarik,” kata Naugle.

6. Her Majesty

Salah satu film tentang Ratu Elizabeth II yang menarik untuk ditonton adalah Her Majesty tahun 2001. Film berdurasi 1 jam 47 menit ini mengisahkan seorang perempuan muda asal New Zealand yang amat mengidolakan Ratu Elizabeth II.

Perempuan muda itu mengetahui bahwa sang Ratu akan mengunjungi New Zealand, kemudian mengirimkan surat berisi permintaan untuk mengunjungi desanya. Her Majesty menunjukkan impian seorang perempuan yang pantang menyerah untuk bisa bertemu dengan Ratu Elizabeth II.

7. The Simpsons

Ratu Elizabeth II
The Simpsons

Tidak semua kehadiran ratu di layar kaca atau layar lebar muncul dalam drama serius. Film kartun komedi The Simpsons telah memunculkan Ratu Elizabeth II dalam beberapa episode dalam 33 musim.  Vanessa Redgrave mengisi suara Ratu Elizabeth di salah satu film Cars dari studio Pixar ketika sang ratu muncul mengenakan mahkota di dalam mobil mewah, memimpin balapan di London.

Baca juga: Operasi Unicorn Bergema Saat Ratu Elizabeth II Wafat, Apa Itu?

Itu dia 7 film dan series untuk kenang Ratu Elizabeth II yang bikin kamu lebih mengenal sosok Ratu Elizabeth II dari berbagai sudut pandang. Selamat menonton!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top