Entertainment

Kentaro Miura, Pengarang Manga Berserk Meninggal Dunia

Kentaro Miura, Pengarang Manga Berserk Meninggal Dunia

Penulis manga Berserk, Kentaro Miura, dikabarkan tutup usia pada 6 Mei lalu namun secara resmi diumumkan pada Kamis (20/5/2021). Kabar duka tersebut diumumkan melalui unggahan di akun media sosial resmi Berserk. Pria 54 tahun itu disebut meninggal dunia karena diseksi aorta akut.

Diseksi aorta adalah kondisi saat lapisan bagian dalam pembuluh darah besar yang memiliki cabang ke jantung (aorta) mempunyai sobekan. Biasanya, kondisi medis ini terjadi pada laki-laki berusia antara 50-an hingga 70-an tahun.

“Dr. Kentaro Miura, penulis Berserk, tutup usia pada tanggal 6 Mei 2021 disebabkan diseksi aorta akut. Kami ingin mengungkapkan rasa hormat serta terima kasih yang sebanyak-banyaknya untuk karya lukis Dr. Miura dan berdoa untuk jiwanya,” tulis Hakusensha Co.Lts, penerbit Berserk di unggahan tersebut.

Lihat Juga: One Piece 984 Jadi Trending Topic yang Menghantui Para Penggemarnya

Berserk yang merupakan karya terkenal dari Miura menjadi serial mulai tahun 1989. Manga dark fantasy itu terinspirasi dari kisah abad pertengahan yang brutal. Berserk juga termasuk salah satu mangan yang legendaris serta berpengaruh pada karya budaya populer lainnya. Beberapa karya yang dipengaruhi oleh karya Miura itu adalah video gim Dark Souls, Bloodborne, hingga Demons Slayer dan Vagabond.

Kentaro Miura mendapat berbagai pengakuan salah satunya melalui penghargaan Tezuka Osamu Cultural Prize pada tahun 2002 lalu. Diketahui, Miura mulai menggambar sejak umur 10 tahun. Kala itu, ia menciptakan manga untuk teman sekolahnya, namun kemudian berubah menjadi cita-citanya.

Usai menamatkan sekolahnya, Miura yang masih berusia 18 tahun memilih untuk bekerja sebagai asisten kreator manga tinju Hajime No Ippo, George Morikawa. Tercatat hingga Mei 2021, Berserk telah terjual lebih dari 50 juta kopi, termasuk juga dalam bentuk digital. Capaian tersebut menjadikan manga ini salah satu seri manga terlaris sepanjang tahun. Hingga kini belum jelas bagaimana kelanjutan kisah manga karya Kentaro Miura ini. Apakah terus berlanjut atau akan berakhir begitu saja.

To Top