Entertainment

Kisah Will Smith Dari Rapper Hingga Menjadi Aktor Top Dunia

Will Smith

This post is also available in: English

Siapa yang tidak mengetahui aktor sekaligus rapper bernama Will Smith? Bagi kalian penggemar film Bad Boys dan Men in Black, kalian pasti mengetahui aktor yang satu ini. Banyak yang mengatakan jika Will Smith adalah legenda bagi dunia perfilman yang sudah 35 tahun lamanya ikut meramaikan industri hiburan di Amerika Serikat, mulai dari karir awalnya sebagai rapper hingga menjadi salah satu aktor paling top sedunia.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini akan diulas mengenai kisah hidup Will Smith mulai dari karirnya sebagai rapper hingga menjadi aktor top dunia dengan segudang prestasi. Simak baik-baik ya!

Biodata Will Smith

Will Smith merupakan seorang aktor, produser sekaligus rapper Amerika yang pernah mendapatkan penghargaan di Academy Award dan Grammy Award untuk kategori artis hip hop dan komedian. Ia termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang meraih kesuksesan di 3 (tiga) media massa hiburan mulai dari film, televisi, hingga industri musik di Amerika Serikat. Berikut biodata singkat mengenai aktor Will Smith:

Nama LahirWillard Christopher Smith, Jr
Nama LainWill Smith / The Fresh Prince
Lahir25 September 1968 di Wynnefield, West Philadelphia, Pennsylvania. (52 tahun)
Pendidikan  Our Lady of Lourdes Overbrook High School
PekerjaanAktor, Produser, Rapper
Tahun Aktif1985-sekarang
Tempat TinggalLos Angeles
PasanganSheree Zampiro (m. 1992-1995; bercerai) Jada Koren Pinkett (m. 1997-sekarang)
AnakWillard Carroll Smith III Jaaden Christopher Syre Smith Willow Camille Reign Smith  
Orang TuaWillard Carroll Smith, Sr Caroline Bright  
Biografi Will Smith

Kehidupan Masa Kecil Will Smith

Will Smith lahir dengan nama Willard Christopher Smith, Jr pada tanggal 25 September 1968 di Wynnefield, West Philadelphia, Pennsylvania. Kedua orang tuanya masuk ke dalam deretan orang yang cukup berpengaruh. Ibunya bernama Caroline Bright, seorang administrator dewan sekolah Philadelphia dan ayahnya bernama Willard Carroll Smith I, seorang veteran Angkatan Udara AS dan insinyur pendingin.

Will Smith menghabiskan masa kecilnya di lingkungan Wynnefield, Philadelphia Barat dan dia hidup dalam keluarga Baptis. Dia memiliki seorang kakak perempuan bernama Pamela dan dua adik kembar bernama Harry dan Ellen. Ketika dia berusia 13 tahun,  kedua orang tuanya memutuskan untuk bercerai, tetapi tidak benar-benar bercerai hingga tahun 2000.

Ketika masih anak-anak, dia bersekolah di Our Lady of Lourdes, sebuah sekolah dasar Katolik swasta di Philadelphia. Kemudian ketika menginjak remaja, dia melanjutkan pendidikannya di Overbrook High School. Setelah lulus, banyak rumor yang mengatakan bahwa Will Smith telah menolak beasiswa untuk kuliah di Massachusetts Institute of Technology (MIT), padahal yang sebenarnya adalah dia tidak pernah mendaftar karena memang dirinya tidak berniat untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Yang ingin dilakukannya adalah fokus belajar tentang rap.

Perjalanan Asmara

Pada tahun 1992, Will Smith pernah menikah dengan Sheree Zampino dan dikaruniai seorang anak laki-laki yang diberi nama Willard Carroll Trey Smith III.  Namun, pernikahan mereka hanya bertahan 3 tahun karena pada tahun 1995, keduanya memutuskan untuk bercerai. Dirinya sempat menduda selama 2 tahun karena pada tahun 1997 dia memutuskan untuk menikah kembali dengan seorang artis bernama Jada Koren Pinkett.

Will Smith dan Jada bertemu ketika Jada mengikuti suatu audisi untuk memerankan karakter sebagai kekasih Smith di Sitkom 90-an, The Fresh Prince of Bel-Air. Akan tetapi, Jada gagal dalam mendapatkan peran tersebut karena tubuhnya yang terlalu pendek. Meskipun gagal, setidaknya pesona yang dimiliki Jada ternyata mampu memikat seorang Smith yang kala itu masih berstatus suami dari Sheree. Setelah pernikahannya dengan Sheree berakhir, barulah Smith berani mendekati Jada.

Keduanya mulai berkencan setelah Jada pindah ke California dan memutuskan untuk menikah dalam sebuah acara pribadi pada tanggal 31 Desember 1997 di sebuah hotel di Baltimore. Pernikahannya dengan Jada telah melahirkan dua orang anak yaitu Jaden Christopher Syre Smith (Jaden Smith) yang lahir pada tahun 1998 dan Willow Camille Reign Smith yang lahir pada tahun 2000.

Potret keluarga Will Smith

Will Smith dan keluarganya tinggal di Los Angeles, California. Berbicara mengenai kehidupan keluarga, keluarganya dikenal dengan sebutan “Family Goals” karena memang sangat jarang tertimpa gosip.  Banyak orang yang mengatakan jika keluarganya adalah salah satu potret keluarga harmonis yang patut dijadikan contoh.

Hubungan Will Smith dan Jada kerap kali disebut sebagai Relationship Goals Hollywood karena jarang sekali tertimpa masalah. Sampai ketika munculnya pengakuan dari Jada yang menggemparkan dunia hiburan Amerika Serikat. Pada acara Red Table Talk, Jum’at (10/7/2020), Jada mengaku pernah berselingkuh dengan seorang penyanyi bernama August Alsina. Perselingkuhan itu terjadi ketika pernikahannya dengan Smith tengah dirundung masalah. Menariknya, pengakuan ini dilakukan didepan Smith selaku suaminya. Keberanian Jada mengakui kesalahannya tersebut patut di appreciate.

Setelah pengakuannya itu, pernikahan keduanya bukannya hancur tetapi malah mendapatkan banyak dukungan. Hal itu dikarenakan respon Will Smith yang begitu bijak dan penuh pengertian terhadap apa yang  dialami Jada itulah yang menuai banyak pujian. Akhirnya keduanya memutuskan untuk rujuk dan Jada pun mengakhiri hubungan gelapnya dengan penyanyi August Alsina.

Baru-baru ini tepat tanggal 1 Oktober 2020, Will Smith beserta keluarganya juga diundang  di acara Bring Change to Mind yang diadakan secara virtual.

Hubungan Will Smith dengan anak-anaknya

Will Smith dikenal sebagai ayah yang sangat menyayangi dan mendukung penuh ketiga anaknya. Dia kerap kali melibatkan ketiga anaknya untuk ikut serta dalam acara yang dibintanginya. Anak pertamanya dengan Shereen yang bernama Willard Carroll Trey Smith III pernah muncul di music video untuk single “Just the Two of Us”, dua episode dari sitkom All of Us, dan muncul di The Oprah Winfrey Show dan David Blaine : TV Real atau Magic.

Sedangkan kedua anaknya hasil pernikahan dengan Jada juga pernah tampil di beberapa film yang dibintanginya seperti Jaden Christopher Syre Smith menjadi lawan main di film The Pursuit of Happyness dan After Earth, kemudian ada Willow Camille Reign Smith yang berperan sebagai anaknya di film I Am Legend.

Dari itu semua bisa dikatakan bahwa keluarga Will Smith termasuk keluarga yang aktif di industri perfilman Amerika Serikat. Hal itu juga dibuktikan dengan berdirinya sebuah agensi yang bernama Overbrook Entertainment yang digunakan untuk memproduksi film. Agensi tersebut dibangunnya bersama dengan Jada setelah mereka menikah.

Sikap dermawan

Meskipun dirinya adalah seorang selebriti Hollywood terkenal, dia tetap mengingat bahwa sebagai manusia harus memiliki sifat dermawan karena masih banyak orang yang membutuhkan uluran tangannya. Pada tahun 2003, Will Smith beramal  sekitar $ 1,3 juta di beberapa tempat dimana dana tersebut dibagi ke tempat-tempat yang menjadi tujuan amalnya seperti sebesar $ 450.000 untuk dua pelayanan Kristen,  sebesar $ 122.500 untuk tiga organisasi Scientology, dan sisanya untuk masjid Los Angeles, sekolah dan gereja berbasis Kristen, dan Pusat Peringatan Yitzhak Rabin di Israel.

Selain itu, dia dan istrinya, Jada telah membangun sebuah sekolah dasar swasta di Calabasas, California, sebuah Akademi Kepemimpinan Desa Baru. Pada tahun 2010 pula sebuah Pengajuan Pajak Federal telah menunjukkan bahwa Will Smith telah menyumbangkan dana sebesar $ 1,2 juta untuk sekolah.

Karir Will Smith di  dunia hiburan

Sejak remaja, Will Smith diketahui tertarik dengan musik hip hop. Oleh karena itu, Smith mengawali karirnya di dunia hiburan sebagai rapper pada tahun 1985. Dia memulai karirnya sebagai rapper berkolaborasi DJ Jazzy Jeff & The Fresh Prince mulai tahun 1985-1994. Pada tahun 1997, dia mengeluarkan beberapa solo album dengan total penjualan album sekitar 25 juta copy. Dia mendapatkan julukan sebagai rapper dengan nama The Fresh Prince.

Pada tahun 1990, Will Smith mulai debut di televisi yang diawali dengan tampil sebagai cameo di beberapa program sitkom dan variety show.  Beberapa acara televisi yang pernah dibintangi oleh Will Smith diantaranya Saturday Morning Videos, The Earth Day Special, ABC Afterschool Special, Rockin’ Through The Decades, Rockin’ Through The Decades , American Chopper, Un-Broke: What You Need to Know About Money, 2012 Kid’s Choice Awards, NBC The Fresh Prince Bel-Air yang telah berjalan selama enam musim hingga tahun 1996 dan masih banyak lagi. 

Setelah seri NBC The Fresh Prince Bel-Air berakhir, Will Smith beralih dari televisi ke film layar lebar. Tahun 1992, dia mengawali karirnya di dunia perfilman lewat film berjudul Where the Day Takes You”. Di tahun 1995 itulah yang membuat nama Will Smith semakin diketahui publik berkat aktingnya sebagai Mike Lowrey di film Bad Boys. Popularitas semakin melejit lagi setelah dirinya membintangi sebuah film berjudul Men in Black  di tahun 1997 dengan perannya sebagai agen J.

Akting Will Smith semakin diakui oleh banyak orang setelah membintangi film Ali pada tahun 2001 dan The Pursuit of Happyness di tahun 2006, bahkan berkat aktingnya di dua film tersebut membuat Will masuk ke nominasi Oscars.

Pada bulan April 2019, nama Will Smith kembali menjadi perbincangan setelah dirinya menjadi pemeran sebagai Jin kocak di film Aladdin. Selain itu, di tahun yang sama pula terdapat dua film yang rilis dengan Will Smith sebagai aktornya. Dua film tersebut berjudul Gemini Man dan Spies in Disguise. Di tahun 2020 ini, Ia kembali berperan sebagai polisi kocak di series Bad Boys yang diberi judul Bad Boys for Life dan masih banyak lagi film-film yang pernah dibintangi oleh Will Smith sebagai aktornya.

Will Smith

Penghargaan Will Smith

Selama 29 tahun berkarir di dunia perfilman, diketahui telah membintangi banyak judul film. Oleh karena itulah pada April 2007, Newsweek memberikan julukan pada will Smith sebagai aktor paling kuat di Hollywood. Sekian banyak film yang pernah dibintanginya, dia satu-satunya aktor yang mendapatkan penghasilan kotor lebih dari $ 100 juta dan menerima pendapatan  lebih dari $ 500 juta untuk filmnya yang masuk di box office domestik. Dari situlah, Will Smith masuk ke dalam peringkat sebagai bintang paling bankable di dunia oleh Forbes.  

Will Smith juga diketahui kerap kali mendapatkan nominasi di beberapa ajang penghargaan seperti mendapatkan penghargaan di MTV Movie award  untuk kategori Best On Screen Duo di film Bad Boys dan kategori Best Performance di film Independen Day. Selain itu, dia juga pernah mendapatkan penghargaan di Kid’s Choice Awards untuk kategori Favorite Movie Actor di film Independen Day dan penghargaan Saturn Award  untuk kategori Best Actor di film Independen Day.

Will Smith juga masuk ke dalam nominasi untuk lima Golden Globe Awards dan telah memenangkan empat Grammy Awards. Dia juga menerima nominasi di Academy Awards untuk kategori aktor terbaik setelah aktingnya sebagai petinju di film Ali (2001) dan seorang sales alat scanner tulang di film The Pursuit of Happyness. Selain itu, masih banyak penghargaan lainnya yang pernah didapatkan oleh Will Smith selama karirnya di dunia perfilman Amerika Serikat.

Nah, itulah sedikit kisah dari Will Smith yang memulai karir sebagai rapper hingga menjadi aktor top dunia seperti sekarang ini. Memang tidak banyak yang mengetahui informasi darinya. Kebanyakan mereka mengetahui siapa itu Will Smith dari beberapa film yang dibintanginya.

Mungkin yang mengikuti seri dari Bad Boys pastinya mengetahui sosok aktor hebat ini. Dari tulisan inilah setidaknya dapat memberikan informasi singkat mengenai Will Smith atau kalian bisa mengetahui keseharian yang dilakukan dengan cara kalian mengikuti akun Instagramnya @willsmith. Semoga bermanfaat dan selama membaca!

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top