Entertainment

Kisruh PS Glow dan MS Glow, Siapa Sebenarnya yang Jiplak?

Kisruh PS Glow dan MS Glow

Kisruh antara PS Glow dan MS Glow makin memanas, sengketa merek dagang itu pun telah dibawa ke Pengadilan Niaga. Gilang Widya Pramana atau Juragan 99 dan beberapa pihak di MS Glow pun harus memberikan ganti rugi senilai Rp37,9 miliar kepada Putra Siregar lewat PT Pstore Glow Bersinar Indonesia.

Menurut situs resminya, PStore Glow adalah perusahaan di bidang kecantikan dan kesehatan yang merupakan sub-binsis milik Putra Siregar.

Sedangkan MS Glow, menurut sumber laman resminya, adalah brand kecantikan di bawah naungan PT Kosmetika Cantik Indonesia. MS Glow merupakan salah satu lini bisnis milik Juragan 99 yang berdiri sejak 2013.

Lihat Juga: Heboh Juragan 99 Pamer Omzet Ratusan Miliar, Stafsus Sri Mulyani Langsung Ikut Komentar

Kronologi Sengketa Merek PS Glow dan MS Glow

Perkara ini melibatkan enam tergugat, mereka yaitu PT Kosmetika Global Indonesia, PT Kosmetika Cantik Indonesia, Shandy Purnamasari, Gilang Widya Pramana, Sheila Marhalia dan Titis Indah Wahyu Agustin.

Asal mula sengketa tersebut terjadi karena Kuasa Hukum MS Glow, Aman Hanis, tidak terima dengan gugatan yang dilayangkan PS Glow. Pasalnya, MS Glow telah tercatat di Dirjen Kekayaan Intelektual sejak 2016 dan PS Glow baru terdaftar setahun lalu.

Herannya, Pengadilan Niaga memutuskan MS Glow yang menjiplak hak cipta merek dagang. Kasus ini pun menarik perhatian publik, pasalnya kedua pengusaha adalah influencer di media sosial.

Api pun makin membesar setelah Shandy Purnamasari melaporkan rivalnya itu ke Pengadilan Niaga Medan pada Maret 2022 lalu. Saa itu, putusan hakim mengabulkan sebagian permohonan Shandy. Konsekuensinya, hakim menghukum Putra Siregar untuk membayar biaya perkara sebesar Rp4,12 juta.

Putra Siregar pun tidak mau kalah, ia menggugat balik terkait sengketa merek dagang ke Pengadilan Niaga Surabaya. Sebagian permohonan sengketa itu pun dikabulkan oleh Pengadilan Niaga Surabaya.

Lihat Juga: Disebut Ilegal, Juragan 99 Tegaskan MS Glow Tidak Bermasalah

PS Glow akhirnya diputuskan memiliki hak eksklusif atas Pstore Glow dan merek dagang PS Glow yang terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk golong barang atau jasa kelas tiga (kosmetik).

Tidak hanya itu, PS Glow juga berhasil memukul mundur merek pesaingnya karena hakim memutuskan Gilang Widya Pramana dan lima tergugat lainnya secara tanpa hak dan melawan hukum menggunakan merek dagang MS Glow yang punya kesamaan pada pokoknya dengan PS Glow. Tidak tanggung-tanggung, pengajuan nilai ganti rugi yang awalnya Rp360 miliar, akhirnya yang dikabulkan adalah Rp37,9 miliar.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top