Entertainment

Kembali Tuai Kecaman, Inilah Kontroversi Ajang Penghargaan MAMA

Mnet Asian Music Awards

This post is also available in: English

Mnet Asian Music Awards (MAMA) merupakan ajang penghargaan musik bergengsi yang diselenggarakan pertama kali pada tahun 1999. Akan tetapi beberapa tahun terakhir ini, penyelenggaraannya menimbulkan banyak kontroversi.

MAMA sendiri digelar tahunan oleh perusahaan hiburan terbesar Korea Selatan, CJ E & M yang bekerja sama dengan Mnet. Acara ini beberapa kali diselenggarakan dibeberapa negara Asia seperti China dan Jepang.

Sebagai ajang penghargaan musik tertua, MAMA sudah tidak lagi seramai tahun-tahun sebelumnya. Bukan hanya dari penggemar, protes juga dilontarkan dari pihak agensi secara langsung. Inilah kontroversi yang menimpa Mama dalam beberapa tahun terakhir.

1. Sistem Voting yang Dianggap Aneh

Tidak sedikit penggemar yang menyadari adanya keanehan sistem voting pada ajang penghargaan MAMA. Seperti pada tahun 2017, Pristin memenangkan pendatang baru perempuan terbaik. Padahal, salah satu media Korea Selatan melansir, Chungha lebih unggul dengan 26,6 suara. Sedangkan artis Pledis Entertainment tersebut mendapatkan 19,8 suara.

Di tahun yang sama, BTS dan EXO mendapatkan voting mencapai 30 juta lebih untuk kategori penampilan dance pria terbaik. Namun, pemenangnya justru Seventeen yang hanya mendapatkan 2,2 juta suara.

Baca Juga : Tidak Pernah Hadir Di Acara MAMA Lagi, Inilah Perlakuan Buruk Mnet Terhadap EXO!

Selain itu, kurasi keabsahan voting yang bermasalah juga dibongkar oleh kbizoom.com, suara dari pemilih dengan akun asli tidak dihitung atau dihapus. Hal ini sangat berpengaruh terhadap artis yang masuk nominasi, karena peringkatnya akan menurun drastis.

2. Menerima Tudingan Membagikan Piala

Seperti diketahui, semakin banyak musisi yang hadir di industri hiburan Korea Selatan. Baik group maupun solois mendapatkan kepopulerannya masing-masing. Hal ini menimbulkan tuduhan bahwa MAMA membagi rata piala pada setiap artis yang masuk nominasi.

Tahun 2015, Park Jin Young memenangkan piala penyanyi pria terbaik. Padahal hasil votingnya kalah jauh dengan Kyuhyun Super Junior dan Jung Yong Hwa CNBlue.

Satu tahun sebelumnya, G-Dragon sempat tampil dengan menyelipkan lirik rap yang berbau sindiran. Member Big Bang ini juga memposting lirik tersebut di akun media sosual miliknya. Hal ini membuat penonton semakin yakin jika MAMA membagi rata piala.

Penggemar juga melontarkan kemarahan pada Mnet, lantaran Sistar memenanagkan group perempuan terbaik tahun 2015. Hasil ini dianggap tidak objektif lantaran saat itu SNSD dan 2NE1 melakukan comeback.

3. Penampil Tidak Ditangani dengan Profesional

Taeyeon dan Wiz Kalifa diumumkan akan berduet di MAMA 2016, penampilan ini tentu dinanti oleh para penggemar. Akan tetapi, saat acara berlangsung tidak ada kolaborasi diantara keduanya. Mereka tampil mebawakan single andalan masing-masing.

Tahun 2015, piala yang seharusnya diberikan kepada Park Jin Young sebagai produser terbaik, justru diberikan kepada EXO. Pihak penyelenggara menyalahkan boy group asuhan SM Entertainment tersebut tidak teliti terhadap piala yang diterima.

Sementara yang terbaru, keteledoran kembali dilakukan, foto BTS yang terpampang di layar lebar hanya berisi 6 anggota, tanpa gambar Jin. Kesalahan ini mendapatkan komentar tidak menyenangkan dari Army di seluruh dunia.

4. Aktor dan Aktris Mendapat Perlakuan Istimewa

Kontroversi terbaru, beredar perlakuan tidak adil terjadi di MAMA 2020, para idol harus mengantri di ruang parkir. Bahkan foto yang beredar menunjukkan Teayong NCT didandani di dalam mobil, sementara lainnya menggunakan toilet portabel untuk tempat menata rias.

Kondisi ini membuat para idol banyak yang menyewa tempat di sekitar area panggung. Beberapa agensi mempersiapkan makanan untuk artisnya secara mandiri. Akan tetapi, Mnet mengatakan bahwa mereka sudah mempersiapkan katering untuk para artis.

Kondisi ini jauh berbeda dengan yang diterima oleh para aktor dan aktris, mereka mendapatkan perlakuan istimewa. Menunggu di rungan nyaman dengan suguhan camilan mewah.

Mnet menyatakan pembelaan bahwa aktor dan aktris membutuhkan persiapan ekstra untuk tampil sebagai pembaca nominasi. Sedangkan para idol sudah melakukan rekaman penampilan. Selain itu, penyelenggara ingin mematuhi protokol kesehatan sehingga tidak ada penumpukan di ruang tunggu.

Masih terkait ketidak adilan antara idol dengan aktor dan aktris, para penggemar mengungkit musisi yang tampil tanpa dibayar. Seharusnya mereka mendapatkan keuntungan dari tiket yang dijual kepada fandom.

Mengutip dari salah satu media Korea Selatan, MAMA 2019 yang digelar di Nagoya Dome, Jepang menjual tiket setara dengan Rp. 3.100.000,00 untuk satu kursi. Jika ingin menyaksikan momen karpet merah harga menjadi Rp. 705.000,00. Menurut laporan dari media yang sama, saat itu CJ E & M mendapatkan Rp. 93.000.000.000,00.

Dengan pendapatan sebesar itu, para idol hanya mendapatkan biaya untuk tiket pesawat dan akomodasi selama jadwal yang ditetapkan. Bahkan, mereka tidak diundang dalam acara afterparty, justru yang datang adalah para aktor dan aktris. Padahal, penghargaan ini ditujukan untuk para musisi.

Sedangkan para idol, biasanya akan langsung kembali terbang ke Korea Selatan setelah pagelaran selesai. Bukan hanya itu, agensi akan mengeluarkan uang pribadi untuk tata rias, rekaman video, dan lainnya. Jadi, jangan heran jika agensi kecil tidak dapat mengirim artisnya jika MAMA diadakan di luar negeri.

5. Kondisi Lapangan yang Buruk

Belum lama ini media terbesar Korea Selatan, Dispact membeberkan bukti baru. MAMA 2020 diselenggarakan di Paju, ternyata terletak di area konstruksi yang dijadwalkan selesai pada tahun 2023.Kondisi lahan parkir yang digunakan sebagai ruang tunggu para idol juga sangat berdebu.

Mengenai hal ini, pihak CJ E & M hanya memberikan komentar bahwa mereka sudah bekerja sama 100%  dengan artis penampil, mereka juga mengaku menyediakan truk sprinkler selama acara berlangsung untuk meminimalkan tingkatan debu.

Baca Juga : Berhasil Raih Penghargaan Di MAMA 2020, Inilah 3 Musisi Indonesia Berprestasi

Meskipun demikian, penggemar tetap menyayangkan situasi buruk di acara MAMA 2020. Tidak hanya itu, Mnet terus mendapatkan kritikan pedas hingga saat ini.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top