Entertainment

Kontroversi Debut KAACHI, Girlband Asal Eropa yang Di Tuduh Plagiat

KAACHI, Girlgroup Asal Eropa yang Diduga Plagiat

Debut KAACHI Girlband Asal Eropa yang Di Tuduh Plagiat. Baru-baru ini dunia Kpop kembali dihebohkan dengan adanya salah satu Girlband yang diduga melakukan plagiat. Group Kpop pertama yang digadang-gadang berasal dari Eropa ini menamai mereka KAACHI.

Memulai debutnya pada tanggal 15 April 2020 dibawah label Frontrow Records. Girlgroup berbasis Korea-Inggris ini langsung mendapat kecaman dari netizen karena debut mereka yang dirasa kontroversial. KAACHI sendiri terdiri dari 4 member yakni Coco, Dani, Nicoled dan Chunseo. Mereka memulai debut secara global dengan lagu berjudul Your Turn pada tanggal 30 April 2020 lalu, Lagu ini bahkan telah mendapatkan 2,6 juta View pengguna YouTube.

Namun, keinginan KAACHI untuk menjadi group Kpop pertama dari Eropa tidak dapat berjalan secara lancar. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kritik pedas yang disampaikan oleh netizen kepada mereka.

Label KAACHI, Frontrow menyampaikan dalam wawancaranya bahwa member KAACHI telah memperoleh banyak kritik pedas yang secara psikis mengganggu perkembangan mental dan emosional mereka. Bahkan pihak label mengatakan bahwa rumor yang mengancam, kata-kata yang kasar, atau palsu akan segera di laporkan ke pihak polisi. Pihak label menganggap hal ini bukanlah suatu yang remeh dan harus dipertanggung jawabkan.

Soo Doyeon merupakan member pertama KAACHI yang memiliki nama panggilan Coco, member satu ini berasal dari Korea Selatan yang lahir pada tanggal 5 Januari 1994. Memiliki posisi sebagai vocalis menjadikan Coco harus selalu tampil dengan suara yang merdu, sempat beredar kabar bahwa Coco ingin keluar dari Kaachi. Namun, entah apa yang terjadi akhirnya Coco tetap berada dalam group ini. Dani merupakan member kedua dalam KAACHI, memiliki nama asli Danielle Harte dan lahir pada tanggal 26 Agustus 1998. Sama seperti Girlgroup lainnya yang  selalu memiliki Rapper, KAACHI juga memiliki Dani sebagai Rapper andalan mereka.

Nicole menjadi member selanjutnya dalam KAACHI, memiliki nama asli Nicole Hardisson Hernandez. Lahir pada tanggal 25 Agustus 1999 dan memiliki posisi sebagai pemimpin dalam group. Menjadi seorang pemimpin dalam usia yang tergolong muda menjadikan Nicole harus tetap belajar tegas dan membimbing member lainnya. Chunseo merupakan member terakhir dan member yang  paling muda dalam Group ini.

Memiliki nama asli Ruth Guillem Gomez yang lahir pada tanggal 28 Mei 2000 menjadikannya seorang Maknae group  yang paling disayangi. Berbicara mengenai kontroversi debut dan member KAACHI yang menggemparkan dunia, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu seperti apakah dugaan plagiat yang telah dilakukan oleh KAACHI ini. Dengan demikian netizen dapat menilai sendiri apakah Group satu ini melakukan plagiat atau hanya berusaha menyamai group lain dari segi konsep dan lain sebagainya.

Kontrofersi Debut Kaachi, Group Girlband Asal Eropa yang Diduga Plagiat
KAACHI – FrontRow

1. MV yang Mirip Dengan TXT dan ITZY

Dugaan pertama group KAACHI melakukan plagiat adalah kemiripan scene yang dilakukan. Dalam MV KAACHI diduga ada kesamaan scene dengan group TXT dan ITZY. Hal ini dimulai dengan kemiripan motion graphic yang digunakan, font judul yang hampir sama. Fans menilai ini bukanlah suatu kebetulan karena hal ini terlihat mirip dan memiliki kesamaan yang sama antar kedua group tersebut.

2. Gerakan Dance yang Sama  

Banyak masyarakat yang memberikan komentar yang kurang baik dalam MV ini , Kritik pedas ini mengenai gerakan dance mereka yang bisa terbilang sama dan meniru gerakan group lain. Bahkan beberapa netizen juga ikut menyampaikan bahwa latar tempat yang mereka gunakan hampir sama dengan group TWICE. Meskipun banyak gerakan dance-dance yang lain, namun netizen tetap menganggap bahwa KAACHI melakukan beberapa plagiat dalam gerakan dance nya.

3. Membeli Lisensi Scene GFriend

Rumor selanjutnya yang juga mengakibatkan kontroversi adalah adanya Scene jam. Dlam MV Your Turn milik Kaachi dan milik GFriend saat mereka melakukan Comeback di Mnet Countdown diduga terdapat kesamaan. Namun, pihak label menjelaskan bahwa scene jam tersebut sudah dijual secara umum. Sehingga pihak label membeli lisensi nya untuk digunakan pada Mv Your Turn.

4. Mengaku Mereka Adalah Kpop

Member KAACHI menyebutkan bahwa mereka adalah member Kpop pertama dari Eropa. Tentu hal ini sangatlah baik karena Kpop sudah menjadi tren di wilayah Eropa sekalipun. Namun, untuk sebagian orang hal ini bukanlah suatu yang benar. Menurut beberapa orang, Kpop memiliki kualitas yang khusus dan tidak sembarangan. Salah satunya adalah didikan yang tegas dan disiplin baik dari segi tarian, bahasa, maupun penampilan. Fakta yang perlu diperhatikan dalam KAACHI ini adalah hanya satu member yang berasal dari Korea Selatan dan hanya satu member pula yang bisa berbahasa Korea. Sehingga banyak netizen yang belum terima ketika mereka mengaku sebagai idol Kpop karena untuk berbahasa Korea saja mereka masih terbatas.

Bahkan dalam MV Your Turn, penggunaan bahasa Korea yang mereka gunakan bisa terbilang terbatas dan sangat sedikit. Rapper yang digunkan pun juga menggunakan bahasa Inggris, sehingga hal ini semakin membuat netizen menyayangkan mereka ketika mengaku sebagai group Kpop.

5. Kontroversi Logo

Hal yang kembali menjadi kontroversi dalam debutnya KAACHI kali ini adalah logo yang digunakan. Seperti yang kita tahu, logo merupakan suatu hal yang penting karena menyangkut identitas group. KAACHI memiliki logo yang terbilang unik dan artistic. Namun siapa sangka ditengah keunikan logo KAACHI muncul kontroversi baru mengenai logo yang diduga plagiat dari beberapa group Kpop. Meskipun tidak melakukan plagiat logo secara penuh. KAACHI diduga menggunakan potongan logo group BlackPink, SEVENTEN dan BTS untuk dijadikan logo mereka. Entah anggapan ini benar atau salah, karena sampai saat ini pihak KAACHI sendiri belum melakukan konfirmasi.

Dari sekian banyak kontroversi yang terjadi dalam group KAACHI ini, penonton dapat menilai sendiri apakah group yang satu ini melakukan plagiat atau murni ide  dan kreativitas mereka sendiri. Terus berikan dukungan kepada KAACHI agar mereka dapat melakukan comeback yang lebih baik lagi kedepan nya.

Berita Terkini

To Top