Entertainment

Deretan Kpop Girl Group Ini Diprediksi Mengakhiri Kontrak di Tahun 2021

Kpop Girl Group Ini Diprediksi Mengakhiri Kontrak Lovelyz

This post is also available in: English

Hampir setiap tahun, industri hiburan Korea Selatan memperkenalkan nama group K-Pop terbaru. Tentunya, hal ini membuat para idol harus berjuang keras untuk mendapatkan hati penggemarnya. Agar dapat bertahan di tengah persaingan yang ketat, mereka harus berusaha menjadi Kpop girl group terbaik.

Akan tetapi, banyak pula yang memilih tidak melanjutkan perjuangan sebagai idol K-Pop. Alasanya karena kontrak berakhir, kurang populer, memilih bersolo karir, terlibat skandal, atau gangguan kesehatan. Seperti deretan Kpop girl group berikut ini, penggemar mengkhawatirkan mereka akan bubar di tahun 2021.

Siapa saja Kpop Girl Group yang Diprediksi Bubar?

Mengutip dari beberapa sumber, inilah deretan group K-Pop yang diprediksi akan bubar di tahun 2021.

KPOP Girl Group – Sonamoo

Kpop Girl Group Ini Diprediksi Mengakhiri Kontrak Sonamoo
Sonamoo

Tahun 2019 lalu, member Ji Sumin dan Kim Nahyun menempuh jalur hukum untuk memutus kontrak dengan TS Entertainment. Agensi yang juga menaungi boy group BAP ini kerap kali mengalami masalah serupa seperti kasus dengan rapper Sleepy dan anggota Secret.

Sonamoo sendiri memulai debut pada tahun 2014, kabarnya kontrak mereka berakhir pada Desember 2021. Banyak yang memprediksi Kpop girl group ini akan memilih untuk mengakhiri karir sebagai idol. Lantaran kurangnya popularitas, baik di Korea Selatan maupun di kancah internasional.

Karir Sonamoo di industri hiburan Korea Selatan dibeberkan oleh Hong Eujin melalui survival The Unit: Idol Rebooting Project (2017). Melalui acara yang tayang di KBS ini, main dancer tersebut meraih juara pertama dan debut bersama UNI.T. Rupanya kemenangan tersebut belum berpengaruh terhadap popularitas groupnya.

Beberapa anggota juga mencoba bersolo karir seperti New Sun yang memulai debut aktingnya melalui drama Criminal Minds (2018). Anggota termuda Sonamoo ini muncul sebagai cameo di episode pertama dan kedua. Sementara Kim Dohee dan Sung Minjae aktif mengisi soundtrack drama.

Baca Juga : Deretan Idol Kpop yang Sukses Dengan Bakat Aktingnya

Laboum

Kpop girl group - Laboum
Laboum

Kpop Girl group yang sudah aktif selama enam tahun ini diprediksi bubar di tahun 2021. Sejak memulai debut, Laboum dinilai mengalami kesulitan dalam menjaga fanbase. Nama mereka tidak begitu terkenal baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Tahun 2017, Kim Yulhee memilih hengkang dari Kpop group setelah hubungan asmara dengan Choi Minhwan terungkap. Tidak lama kemudian, pasangan ini mengumumkan kehamilan dan rencana pernikahan kepada publik. Bersamaan dengan berita ini, karir Laboum mengalami pasang surut.

Yujong, Hae In, dan ZN juga berpartisipasi dalam program The Unit: Idol Rebooting Project (2017). Akan tetapi, hanya ZN yang berhasil debut bersama UNI.T. Pemilik nama asli Bae Jinye ini menempati peringkat delapan.

Sebenarnya, karir UNI.T sendiri tidak begitu sukses. Kpop Girl group yang dinaungi oleh The Unit Culture Industry Company ini resmi debut pada Mei 2018. Lalu, dibubarkan pada Oktober 2018.

Lovelyz

Lovelyz
Lovelyz

Kontrak Lovelyz dengan Woollim Entertainment juga akan berakhir pada November 2021. Sebenarnya, Kpop girl group ini cukup sukses mempertahankan popularitas di Korea Selatan. Bahkan berhasil menumbuhkan fanbase di kancah internasional.

Akan tetapi, banyak yang memrediksi Lovelyz akan bubar di tahun ini. Beberapa orang berspekulasi bahwa Girl group ini bisa saja mengakhiri kontrak, atau ada anggota yang keluar untuk bersolo karir. Beredar pula kabar menyatakan terjadinya penganiyayaan dan favoritisme antar member.

Berita tidak sedap juga menimpa Lovelyz sebelum memulai debut resmi. Ji Soo dikabarkan melakukan tindakan asusila terhadap beberapa orang. Terkait hal ini, ia tidak turut serta dalam kegiatan promosi. Lantaran tekanan mental dan gangguan psikologis akibat skandal tersebut.

Satu tahun kemudian, Woollim Entertainment menyatakan bahwa tuduhan terhadap artisnya adalah palsu. Menurut beberapa sumber, pelaku penyebar rumor tidak benar tersebut dijatuhi hukuman denda oleh Seoul Western District Prosecutor’s Office dan Ansan Branch of Suwon District Prosecutor’s Office.

KPOP Girl Group – Berry Good

Berry Good
Berry Good

Seperti yang diketahui, Berry Good terlalu sering melakukan pergantian formasi. Tidak berselang lama setelah memulai debut di tahun 2014, Kpop girl group ini kehilangan tiga anggota. Tahun 2015, mereka comeback dengan single kedua sekaligus memperkenalkan tiga member baru.

Dua tahun kemudian, meluncurkan album mini dan memperkenalkan satu member baru. Itu artinya, jumlah anggota menjadi 7 orang. Namun sayangnya, nama girl group ini jauh dari populer. Bahkan sekarang, hanya bersisa empat member yang masih aktif. Hal inilah yang membuat masyarakat umum di Korea Selatan memrediksi Berry Good bubar di 2021.

Belum lagi, isu tentang beberapa member yang kerap kali menimbulkan kontroversi. Seperti berita yang muncul pada 2019 lalu, Daye dituduh melakukan intimidasi saat masih menjadi siswi SMA. Salah satu korban menceritakan kronologis perundunganyang dilakuka oleh anggote Berry Good tersebut di sosial media.

Beberapa sumber juga mengatakan bahwa, pihak agensi membersihkan nama Daye dari tuduhan kekerasan Sekolah. Korban dan saksi mulai bermunculan, namun tidak ada tanggapan apapun dari JTG Entertainment.

Baca Juga : Mengenal Generasi K-Pop dari Masa ke Masa Hingga Mencapai Puncak Popularitas di Dunia

Kontroversi lain datang dari Johyun, vokalis 24 tahun ini paling banyak diterpa skandal sejak bergabung dengan Berry Good pada 2016 silam. Ia mendapat kritik negatif ketika costplay dengan pakaian terbuka, baru-baru ini  menyebarkan isu tidak benar mengenai corona, dan dituduh melakukan body shaming terhadap Mijoo Lovelyz.

To Top