Entertainment

Kumpulan Selebritis Indonesia Yang Tutup Usia Di Tahun 2020, Inilah Daftarnya

selebriti indonesia meninggal

Tahun 2020 ini bisa dibilang puncak tahun penuh duka dan kesedihan. Pasalnya tidak hanya ada pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, tetapi banyak juga kabar duka yang menghampiri dunia entertainment Indonesia.

Sepanjang tahun 2020, selain banyak para selebriti Indonesia yang terjerat kasus narkoba, tetapi juga banyak selebritis Indonesia yang tutup usia alias meninggal dunia secara tidak terduga. Mereka meninggalkan duka bagi banyak orang terutama bagi penggemarnya. Berikut ini kumpulan selebritis Indonesia yang tutup usia di tahun 2020. Yuk simak baik-baik ya.

1. Ria Irawan

Ria Irawan dikenal sebagai artis senior Indonesia yang banyak muncul di film dan sinetron era 70-an hingga 90-an. Pada tahun 2009, Ria Irawan didiagnosis menderita kanker getah bening di pelvis kanan stadium 3C dan sempat sembuh pada tahun 2014 setelah melakukan kemoterapi. Akan tetapi, kondisi Ria di tahun 2019 kembali memburuk karena diketahui bahwa sel kanker yang sebelumnya dinyatakan hilang ternyata menyebar ke beberapa organ tubuh lainnya seperti kepala dan paru-paru.  Setelah berjuang melawan penyakitnya, Ria Irawan menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin, (6/01/2020) di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

2. Ade Irawan

Ade Irawan merupakan artis seior sekaligus ibunda dari Ria Irawan. Ade Irawan ini memiliki masalah pada jantungnya dan sering melakukan operasi. Tidak lama setelah berpulangnya Ria Irawan, putrinya, kemudian diikuti oleh Ade Irawan yang meninggal di usianya yang ke-82 tahun pada Jum’at, (17/02/2020) di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati. Jarak meninggalnya Ade Irawan dan Ria Irawan hanya berbeda 11 hari saja.

3. Allan Wangsa

Allan Wangsa merupakan seorang presenter dan YouTuber Indonesia dengan pembawaan yang kocak. Dia diketahui menderita gagal ginjal stadium 4, namun tidak mau mengikuti proses cuci darah. Hal itu dikarenakan ia ingin menikmati kehidupan seperti orang sehat pada umumnya. Sebelum meninggal dunia, ia sempat dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya yang tiba-tiba menurun. Belum sempat menjalani rawat inap, pada (4/02/2020), Allan Wangsa menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

4. Ashraf Sinclair

Artis sekaligus suami dari Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair diketahui meninggal dunia pada Selasa, (18/02/2020) di rumahnya. Ashraf meninggal secara mendadak, namun setelah dikonfirmasi dia meninggal akibat serangan jantung karena terlalu capek dengan segala aktivitas yang dilakukannya.

5. Oding Nasution

Oding Nasution dikenal sebagai seorang gitaris dari beberapa band seperti God Bless Band, Cockpit Band, dan Prambors Band. Oding diketahui mengidap penyakit ginjal yang mengharuskannya untuk rutin cuci darah. Sebelumnya, ia sempat akan mencuci darah di sebuah klinik, namun kondisinya menurun. Akhirnya dia dirujuk ke Rumah Sakit Fatmawati. Ketika akan cuci darah di Rumah Sakit tersebut, kondisinya semakin drop dan akhirnya meninggal dunia pada (27/02/2020).

6. Rama Aiphama

Rama Aiphama dikenal sebagai seorang penyanyi dengan ciri khas topi dan kostum yang digunakan saat manggung. Dia meninggal dunia pada Rabu, (11/03/2020) di usianya yang ke-63 tahun. Sebelum meninggal, dia mengeluh lambungnya sakit kepada anaknya. Ketika ke kamar mandi diantarkan anaknya, di perjalanan dia terjatuh dan langsung meninggal di tempat.

7. Purwaniatun 

Purwaniatun merupakan artis Indonesia yang bisa dibilang ratunya Asisten Rumah Tangga (ART) d sinetron. Hal itu dikarenakan setiap dia membintangi sinetron, ia kerapkali berperan sebagai ART. Purwaniatun diketahui tengah mengidap penyakit kanker rahim dan sempat di rawat selama 40 hari, namun akhirnya meninggal dunia pada Senin, (23/03/2020) di Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus di usianya yang ke 66 tahun. Sebelumnya, kabar ini pertama kali beredar dari WhatsApp, kemudian cucunya yang bernama Gia mengkonfirmasi bahwa memang benar neneknya, Purwaniatun telah meninggal dunia.

8. Glenn Fredly

Glenn Fredly merupakan penyanyi terkenal di Indonesia. Pada Rabu, (8/04/2020) dunia entertainment Indonesia mendapatkan kabar duka yang mendadak dan tentunya mengejutkan publik dan rekan sesama artis. Pasalnya pelantun lagu Januari ini meninggal dunia di usianya yang ke 44 tahun di Rumah Sakit Setia Mitra, Jakarta karena penyakit Meningitis atau radang selaput otak yang dideritanya. Glenn meninggalkan istri dan anaknya yang baru saja lahir.

9. Erwin Prasetya

Erwin Prasetya merupakan pemain bass pertama dalam band Dewa 19. Dia meninggal dunia pada (2/05/2020) di Rumah Sakit Sari Asih Ciputat, Tangerang Selatan. Dia meninggal dunia dikarenakan mengalami pendarahan di bagian lambung.

10.  Fera Queen

Fera Queen merupakan salah satu penyanyi jebolan ajang pencarian bakat “X-Factor Indonesia”. Dia meninggal dunia pada (14/04/2020) di Rumah Sakit Siloam Semanggi, Jakarta setelah berjuang dari kanker payudara yang dideritanya selama 5 tahun. Kabar duka ini dikabarkan oleh manajemennya melalui akun Instagram pribadi Fera.

11. Didi Kempot

Didi Kempot  merupakan panyanyi campursari Indonesia yang terkenal di Indonesia. Pada Selasa, (5/05/2020) Didi Kempot meninggal dunia di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah. Dia meninggal ditengah puncak popularitasnya di tahun 2020. Sebelum meninggal, penyanyi yang dikenal sebagai “The Godfather of Broken Heart” ini sempat mengeluh rasa sakit kemudian di bawa ke rumah sakit. Para penggemar Didi Kempot pun merasa sangat kehilangan sosok penyanyi yang terkenal dengan lagu-lagunya yang sesuai isi hati penggemarnya.

12. Adi Kurdi

Adi Kurdi merupakan artis senior yang juga meninggal di tahun 2020 tepatnya pada Jum’at (8/05/2020) di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta Timur. Meninggalnya Adi Kurdi ini dikabarkan karena virus Covid-19.

13. Stan Isakh

Stan Isakh atau yang dikenal dengan Stan The Man merupakan seorang penyanyi Indonesia yang sempat menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona pada awal Mei 2020. Pada tanggal (3/05/2020), dia menjalani perawatan di ruang isolasi PDP Covid-19 di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta Timur. Namun, pada Minggu (10/05/2020), dia menghembuskan nafas terakhirnya dengan status PDP.

14. Henky Solaiman

Henky Solaiman merupakan artis senior Indonesia yang pernah bermain di sinetron Dunia Terbalik. Dia diketahui mengidap penyakit kanker usus. Kondisinya tersebut membuat dirinya pensiun dari dunia hiburan sejak Januari 2020 lalu. Diketahui bahwa dia sempat menjalani operasi setelah mengalami pendarahan. Namun, pasca operasi yang dilakukan, kondisinya semakin buruk dan akhirnya dia menghembuskan nafas terakhir di usianya yang ke 78 tahun pada (15/05/2020) di rumahnya di kawasan Kedoya, Jakarta.

15. Benny Likumahuwa

Benny Likumahuwa merupakan musisi jazz senior Indonesia sekaligus ayah dari Barry Likumahuwa ini meninggal dunia pada Selasa, (9/06/2020) di usianya yang ke 73 tahun. Penyebab meninggalnya Benny Likumahuwa ini karena penyakit diabetes yang dideritanya.

16. Papa T Bob

Papa T Bob merupakan seorang pencipta lagu anak-anak yang terkenal di Indonesia dimana lagu-lagu ciptaannya pernah di siarkan di era tahun 1990-an. Papa T Bob meninggal dunia pada Jum’at (10/07/2020) di usianya yang ke 59 tahun setelah menjalani rawat inap karena penyakit diabetes yang dideritanya.

17. Omaswati

Omaswati merupakan komedian Indonesia yang terkenal dengan gaya bahasanya yang asal ceplos. Omaswati atau yang biasa dikenal dengan Omas ini meninggal dunia pada Kamis, (16/07/2020) di usianya yang ke 54 tahun karena penyakit paru-paru dan diabetes yang sudah lama dideritanya.

18. Barli Asmara

Desaigner ternama, Barli Asmara meninggal dunia pada (27/08/2020) di usianya yang ke 42 tahun. Kabar meninggalnya Barli Asmara ini diketahui disebabkan oleh penyakit Meningitis yang dideritanya. Sebelumnya dia sempat mengalami sakit lambung.

19. Yopie Latul

Yopie Latul merupakan penyanyi senior Indonesia yang juga pencipta lagu Poco-Poco. Pada Rabu, (9/09/2020), Yopie Latul meninggal dunia di Rumah Sakit Medika Cibinong, Jawa Barat setelah dinyatakan positif Covid-19. Sebelumnya, Yopie Latul merupakan pasien dengan status Orang Tanpa gejala (OTG) Covid-19 yang kemudian dilarikan ke rumah sakit dua hari sebelum meninggal dunia.

20. Ade Firman Hakim

Ade Firman Hakim, salah satu aktor film Indonesia meninggal dunia pada Senin, (14/09/2020) di Rumah Sakit Tarakan, Jakarta. Sebelumnya, dia diketahui menderita penyakit asma dan pneumonia yang cukup lama diderita. Dikarenakan dia meninggal di saat pandemi Covid-19, Ade Firman Hakim diduga terinfeksi virus Covid-19 dan akhirnya dimakamkan sesuai dengan protokol kesehatan.

Nah itulah informasi mengenai beberapa selebritis Indonesia yang tutup usia di tahun 2020. Memang umur ini tidak ada yang tahu. Sewaktu-waktu kita bisa meninggal tanpa adanya sebab. Oleh karena itu, selama masih hidup di dunia, alangkah baiknya kita terus mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang diperintahkan dan meninggalkan apa yang dilarang.

To Top