Entertainment

Laudya Cynthia Bella, Aktris Wanita Santun Idola Para Hijaber Kekinian

Laudya Cynthia Bella

Laudya Cynthia Bella merupakan seorang aktris kelahiran Bandung 24 Februari 1988. Bella memulai karirnya sebagai bintang iklan dan model majalah remaja.

Putri dari pasangan Busye Amir dan Menny Setiaputri ini baru saja dikabarkan telah bercerai dari Engku Emran yang berkebangsaan Malaysia. Selain menjalani peran sebagai aktris, ia juga aktif membintangi iklan dan merintis bisnisnya di sebuah kota besar.

Perjalanan Karir Laudya Cynthia Bella

Bella memulai karirnya pada tahun 2012 dengan aktif mengikuti modeling dan membintangi sejumlah sinetron. Meski demikian ia telah lebih dulu tampil dalam dalam beberapa iklan televisi yaitu Pediasure pada tahun 1996. Kemudian ia juga mengisi iklan ABC Juice, Nyam Nyam, Opalvancy dan Tac&Ciz pada tahun 1997.

Laudya Cynthia Bella
Laudya Cynthia Bella dalam Perjalanan Karirnya

Selain itu bakatnya bergaya di depan kamera juga membuatnya sukses menjadi Juara Favorit Putri Majalah Bobo pada tahun 1997. Diusianya yang masih dini ia juga berhasil memenangkan Runner-Up model majalah Kawanku. Tepatnya pada tahun 2002 serta Juara Favorit Putri Jawa tahun 2003.

Kesuksesannya berlanjut di tahun yang sama dengan merambah ke dunia akting sebagai pemeran utama dalam sinetron Senandung Masa Puber yang ditayangkan oleh Trans TV. Bermula dari situlah Bella mulai dibanjiri tawaran untuk bermain sinetron. Diantaranya adalah sinetron Pacarku Superstar, Seminggu 7 Cinta dan Cuek tapi Cinta pada tahun 2004 – 2005.

Puncak Karir Laudya Cynthia Bella

Bella mencapai puncak karirnya pada tahun 2004 melalui film perdananya. Kemudian ia terpilih sebagai pemeran utama dalam film Virgin yang kemudian tayangan tersebut meraih sukses besar dengan menjadi film Indonesia terlaris pada tahun 2004.

Melalui aktingnya tersebut Bella berhasil menjadi nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam Festival Film Indonesia pada tahun 2005 serta dinobatkan sebagai Aktris Utama Terpuji pada Festival Film Bandung 2005. Bella memenangkan kategori Most Favorite Rising Star di MTV Indonesia Movie Awards 2005.

Laudya Cynthia Bella terpilih kembali menjadi pemeran utama dalam film Dealova pada tahun 2005. Namun setelah beberapa hari menjalani proses reading ia memutuskan untuk mundur dari project film dikarenakan orang tuanya meminta agar dirinya lebih dulu fokus pada ujian nasional tingkat SMA.

Selepas lulus SMA, ia kembali terjun ke dunia seni peran dengan mengambil dua tawaran bermain film yaitu Berbagi Suami dan Lentera Merah pada tahun 2006. Kemudian disusul dengan dua sinetron di tahun yang sama yakni Pengen Jadi Bintang dan Juragan Jengkol.

Pada tahun 2006 ia dipilih untuk bergabung dengan grup vokal BBB yang dibentuk oleh Melly Goeslaw bersama dengan empat anggota lainnya. Karirnya semakin bersinar hingga di tahun 2017 ia telah banyak membintangi film layar lebar yang masing-masing semakin membesarkan namanya.

Terkenal Sebagai Aktris Termahal

Bella juga sempat dinobatkan sebagai aktris termahal Indonesia pada tahun 2017 dalam daftar Indonesia’s Highest-Paid Actresses dengan honor tertinggi sebesar Rp900 juta. Honor tersebut ia dapatkan saat memainkan peran dalam film Surga Yang Tak Dirindukan 2 dari rumah produksi MD Pictures.

Peran Selain Film dan Sinetron

Selain bermain dalam film layar lebar dan sinetron, Bella juga telah mengisi berbagai program acara lainnya. Diantara program-program tersebut adalah cerita lepas FTV yang tayang di berbagai stasiun televisi serta acara non drama yang berlangsung antara tahun 2006 – 2018 seperti Extravaganza ABG, Saatnya Kita Sahur, Ngabuburit, BBB Story, Sunsilk Hijab Hunt dan Ceria i-Star.

Laudya Cynthia Bella
Laudya Cynthia Bella dalam Sesi Pemotretan

Bella juga pernah bermain dalam dua teater musikal yaitu Pangeran Katak & Putri Impian tahun 2006 dan Musikal Lutung Kasarung tahun 2011. Selain itu masih ada beberapa video klip yang dibintanginya diantaranya adalah Salam Bagi Sahabat oleh Glenn Fredly. Ada juga Samudra Mengering oleh Jikustik. Lalu, Inginku Bukan Hanya Jadi Temanmu yang dibawakan oleh Yovie & Nuno. Sempurna dari Gita Gutawa, Aku Jatuh Cinta oleh Supernova, Jangan Ada Dusta Diantara Kita dari Angkasa dan Selama Aku Cintamu yang dinyanyikan oleh Muhammad Hananto.

Penghargaan Laudya Cynthia Bella

Selama berkarir di dunia hiburan, Bella telah menorehkan banyak prestasi gemilang dari pembawaannya memainkan peran. Diantara beberapa penghargaan yang telah diraihnya adalah sebagai nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik pada Festival Film Indonesia tahun 2005.

Lalu, ada juga prestasi sebagai Pemeran Utama Wanita Terpuji pada Festival Film Bandung, Most Favorite Rising Star, Best Actress dalam Cinemags Movie Awards, Best Newcomer dalam acara Independent Film Awards dan Favorite Actress versi Aneka Yess! Award yang semuanya diperoleh sepanjang tahun 2005.

Kemudian masih di tahun yang sama Bella kembali menyabet penghargaan. Misalnya dalam Kawanku Award dengan kategori Best Actress, Favorite Actress dan Teenage Girl of The Year. Adapun selama tahun 2006 ia kembali memperoleh penghargaan dalam lima program. Dan delapan kategori dimenangkan yaitu dalam program Indonesia Film Critics Society, ParFi Awards, Kawanku Award, SCTV Awards dan Aneka Yess! Award.

Laudya Cynthia Bella
Laudya Cynthia Bella dengan Segudang Prestasi

Sementara di tahun yang 2008 Bella berhasil memenangkan dua kategori dalam penghargaan Johnny Andrean Award. Tahun ini 2009 pada program Insert! Award dengan kategori Sexiest Female Celebrity Of The Year. Ada juga Most Beautiful Actress of The Year dalam acara Online Awards TransTV. Pada tahun 2012 ia mendapat penghargaan untuk Best Leading Actress pada program e-Guardians Awards. Lalu, ada juga prestasi Wajah Pilihan Femina versi Femina Awards.

Tak berhenti di situ, Bella kembali memenangkan dua penghargaan di tahun 2013. Empat penghargaan di tahun 2015, satu penghargaan di tahun 2016, satu penghargaan pada 2017. Ada juga satu penghargaan lagi di 2018 dan menjadi Artis Indonesia Terpopuler di tahun 2019 dalam program Anugerah Bintang Populer. Banyak informasi lain seputar artis ternama yang memberitakan para artis kekinian sepertinya.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top