Entertainment

Mark Prin, Aktor Dan Model Thailand Yang Multitalent

Mark Prin

This post is also available in: English

Berbicara mengenai aktor terkenal Thailand, pasti tidak asing lagi dengan aktor bernama Mark Prin. Apalagi sejak dirinya memerankan lakorn berjudul Kluen Cheevit / Waves of Life membuat namanya kian melejit. Aktingnya yang mumpuni didukung dengan wajahnya yang rupawan membuat banyak pecinta lakorn betah untuk menonton setiap lakorn yang dimainkan, bahkan dirinya termasuk ke dalam aktor dengan bayaran tertinggi di Thailand, lho.

Siapa yang mengira jika dulunya Mark Prin ini sempat menolak menjadi aktor, tetapi sekarang malah jadi aktor terkenal Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini akan diulas mengenai siapa itu Mark Prin, seorang aktor terkenal Thailand dengan segudang prestasi. Simak ya!

Biodata Mark Prin

Mark Prin merupakan seorang aktor sekaligus model Thailand yang tergabung dalam agensi Channel 3 bersama dengan anggota grup nya yang bernama 4 + 1. Popularitas dari Mark Prin semakin melejit sejak dirinya membintangi lakorn berjudul Kluen Cheevit bersama dengan aktris Thailand bernama Urassaya Sperbund. Berikut biodata dari Mark Prin:

Nama LahirPrin Suparat
Nama LainMark Prin
Lahir19 Maret 1990 (usia 30), Ciang Mai, Thailand
Tinggi180 cm
PendidikanRangsit University
Prince Royale College
PekerjaanAktor, Model
Tahun Aktif2010-sekarang
Agent Channel 32009-sekarang
PasanganKimberly Ann Voltemas
Mark Prin

Kehidupan Pribadi Mark Prin

Mark Prin lahir dengan nama Prin Suparat pada 19 Maret 1990 di Chiang Mai, Thailand dari orang tua keturunan Tionghoa-Thailand bernama Worapan Wilaihong (Ayah) dan Panhatai Suparat (Ibu). Dia dibesarkan dalam keluarga naturist di Lampang. Dia memiliki saudara kandung perempuan yang bernama Prang Suparat.  

Debutnya dibidang entertaiment dimulai setelah dia di training oleh seorang manajer yang bekerja di Channel 3. Dari perjuangannya selama menggeluti bidang tersebut, saat ini Prin telah berhasil membuat namanya tersohor dan menjadi aktor terkenal dari Thailand.

Meskipun dia sukses di dunia akting dan model, dia tetap mengutamakan pendidikannya. Sejak kecil dia sudah berlatih olahraga judo. Oleh karena itulah, dia mendapatkan beasiswa penuh dari kemampuannya di bidang judo untuk kuliah di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan di Rangsit University. Dia diketahui telah menamatkan kuliahnya pada tahun 2015 lalu.

Mark memiliki sahabat-sahabat dekat yang tergabung dengan grup 4+1 yang juga merupakan aktor-aktor terkenal di Thailand diantaranya Mario Maurer, Nadech Kugimiya, Phupoom Pongpanu, dan Pakorn Chatborirak. 

Aktor Yang Multitalent

Mark Prin bisa dikatakan sebagai aktor yang multitalent dimana bakatnya tidak hanya di bidang entertain, tetapi juga dibidang olahraga. Ketika dirinya masih kecil, dia memiliki minat di bidang olahraga judo dan dia terus berlatih hingga menjadi atlet dengan beberapa kali ikut perlombaan. Ketika dirinya duduk di bangku perkuliahan, dia pernah bergabung sebagai anggota tim Judo kampusnya, bahkan dia pemegang sabuk hitam.

Selain judo, Mark juga menyukai olahraga sepak bola. Hal itu terbukti dari keikutsertaannya dalam pertandingan sepakbola yang diikuti oleh seluruh selebritis yang tergabung dalam agensi Channel 3.

Di bidang entertain pun, dia pernah mengisi soundtrack lagu untuk beberapa lakorn yang tayang. Ada dua soundtrack lagu yang dinyanyikan oleh Mark Prin yaitu Rak Hai Roo untuk soundtrack lakor Samr Noon Nuer Tong dan Yoot Wela untuk soundtrack lakor Phope Ruk.

Perjalanan Karir Mark Prin

Sebelum menjadi seorang aktor, dulunya Mark Prin pernah di tawari menjadi model ketika masih duduk di bangku sekolah. Namun, pada waktu itu dia menolak dengan alasan ingin fokus pada bidang olahraga yang disukainya yaitu judo. Ketika dirinya lulus sekolah, Mark memutuskan untuk mempertimbangkan tawaran tersebut. Bisa dibilang karirnya dimulai dari dirinya menjadi model dan bintang video klip.

Pada tahun 2010, dia memulai debut di dunia akting untuk pertama kalinya. Popularitasnya semakin meningkat setelah dia ditetapkan sebagai Hottest Male of The Year tahun 2012 lalu. Sejak saat itulah, dirinya mulai mengembangkan bakatnya lain dibidang akting.

Kluen Cheevit

Pada tahun 2017, nama Mark Prin semakin dikenal publik sejak dirinya membintangi lakorn berjudul Kluen Cheevit atau Waves of Life bersama dengan Urassaya Sperbund, bahkan namanya menjadi terkenal hingga ke negara China. Pada tahun 2020 ini, Mark baru saja membintangi sebuah lakorn berjudul My Husband in Law bersama dengan Mewnittha. Selain itu, ada beberapa lakorn yang pernah dibintangi oleh Mark Print, sebagai berikut:

TahunJudul lakorn
2010Ngao Ruk Luang Jai
2010Thara Himalaya
2010Duang Jai Akkanee
2010Pathapee Leh Ruk
2010Wayupak Montra
2011Tawan Deadd
2011Sarm Noom Tuer Tong
2012Punya Chon Kon Krua
2012Nuer Mek 2
2013Khun Chai Ronapee
2013Ton Rak Rim Rua
2014Pope Rak
2015Ab Ruk Online
2016Buang Atitharm
2017Kluen Cheevit
2017Rak Nakara
2018Kom Faek
2019Rak Jang Aoey
2020My Husband in Law
2020Thrab Fah Mee Tawan
Lakorn

Selain membintangi beberapa lakorn, Mark Prin juga pernah membintangi film layar lebar diantaranya Pachatippatai United, Bbop Twilight yang dirilis pada tahun 2010 dan Necromancer 2020 yang rilis pada tahun 2019. Mark Prin juga pernah terlibat di beberapa iklan seperti Honda Brio dengan Urassaya Sperbund, CloseUp dengan Kimberly Ann Voltemas, Vaseline for Men, Samsung Galaxy J7 dengan Peechaya Wattanamontree, 12Plus Colorista dengan Kim Tae Hee, Tipco Orange Juice dan masih banyak lagi.

Kisah Asmara

Mark Prin diketahui pria yang setia. Hal itu terbukti dari langgengnya hubungan asmara dengan kekasihnya yang juga sesama selebritis bernama Kimberly Ann Voltemas yang kerap disapa Kimmy. Bisa dibilang mereka ini terlibat cinta lokasi karena pernah memainkan lakorn bersama. Hubungan mereka diketahui sudah terjalin lebih dari lima tahun, bahkan Kimmy sendiri terlihat sangat dekat dengan keluarga dari Mark Prin.

Mereka sering menghabiskan waktu bersama dimana hal itu dapat dilihat dari unggahan mereka di Instagram, baik foto maupun insta story. Setiap kali mereka mengunggah moment kebersamaan, mereka sering kali men-tag satu sama lain. Selain itu, mereka sering kali terlihat liburan bersama, baik itu liburan ke luar negeri maupun negara Thailand sendiri.

Penghargaan Yang Didapatkan Mark Prin

Sebagai model dan aktor terkenal, Mark Prin sering kali mendapatkan penghargaan di bidang entertain yang digelutinya. Beberapa penghargaan yang pernah didapatkannya, sebagai berikut:

Tahun Award
2012Siam Bunterg kategori Hottest Male of The Year
2012Seesan Buteng Award kategori Fantasy Couple of the Year dengan Kimberly Ann Voltemas
2013Seesan Buteng Award kategori Fantasy Couple of the year dengan Kimberly Ann Voltemas
2013Kazz Award kategoru Best Koo-jinn of the Year
2015Korean Culture & Entertainment Awards kategori Popular Foreign Actor at Korea
2016Daradaily The Great Awards 2015 kategori Cool Guy of The Year
2016Kazz Awards kategori Most Populer Male
2016Sudsupda Magazine untuk 10 Huggable Boys 2016
2017Kazz Awards 2017 kategor Super Star Award
2018Howe Award 2018 kategori Best Actor Award di lakorn Kluen Cheevit
2018Mthai Top Talk 2018 kategori Best Actor Award di lakorn Kluen Cheevit
2020Content Asia Awards 2020 kategori Best Male Lead in a TV Program di lakorn My Husband in Law
Mark Prin Awards

Nah itulah sedikit informasi dari siapa itu Mark Prin?. Semoga apa yang diulas di dalam tulisan ini bisa mengobati rasa penasaran kalian terhadapnya. Jika kalian masih penasaran dengannya, kalian bisa mengikuti akun Instagramnnya @mark_prin karena bisa dibilang dia cukup aktif di social media tersebut karena seringkali mengunggah foto maupun instastory. Semoga bermanfaat!

To Top