Entertainment

Melanie Subono Ajak Berdonasi untuk Seniman Kurang Dana

Portal Berita

Siapa yang tak kenal Melanie Subono ? Musisi genre rock and roll yang merupakan anak dari Adrie Subono ini, dikenal sebagai selebriti yang gemar menyuarakan hak asasi manusia, dengan sikap kepedulian sosial sangat tinggi.

Wanita kelahiran Jerman, 39 tahun yang lalu ini, selain belakangan terakhir menggerakkan aksi moral peduli asap melalui #MelawanAsap dan #TinjuMusuhAlam serta organisasi Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), ia juga kembali  menunjukkan kepedulian sosialnya dengan memperkenalkan sebuah gerakan bernama Indonesia Menggugah lewat mini konser Aku, Kamu, Mereka, Kalian (AKMK) pada (20/10/2015) kemarin.

Konser Aku, Kamu, Mereka, Kalian

Konser yang digelar Melanie Subono dibantu beberapa temannya ini, bukan pertama kalinya diadakan. Konser yang dikenal sebagai salah satu cara Melanie dalam menghadirkan satu napas sosial ini sudah diselenggarakan untuk kedelapan kalinya sejak tahun 2007 silam.

Berbeda dengan konser musik lainnya, konser yang membatasi jumlah penonton menjadi 100 orang saja ini, tidak mengharuskan penonton konser untuk membeli tiket. Untuk hadir di acara akbar ini, cukup membawa beberapa barang sumbangan. Terdiri dua paket pilihan yang bisa kalian bawa. Paket pertama mengharuskan membawa 2 sabun mandi batangan, 2 pasta gigi, 2 sikat gigi, 2 pak plester luka, 2 pembersih luka dan 5 masker. Paket kedua, terdiri dari 5 buku tulis, 2 buku gambar, 2 penghapus, 2 pensil, 2 mainan anak dan 1 botol vitamin berbentuk kapsul.

Untuk bintang tamu, tentunya musisi kondang Indonesia telah disiapkan untuk memeriahkan acara ini. Konser AKMK setiap tahunnya selalu menjadi surganya para penikmat musik berkualitas.

Konser AKMK 2015 sendiri, digelar bertepatan dengan hari ulang tahun Melanie Subono.  Digelar di Roliing Stone Cafe, konser AKMK 2015 kali ini mengajak kita semua berdonasi untuk para seniman Indonesia yang hidupnya berkekurangan melalui Indonesia Menggugah.

Apa itu Indonesia Menggugah?

Adalah sebuah gerakan dari seniman untuk seniman, yang dibentuk dengan tujuan untuk membantu seniman yang hidup kekurangan. Indonesia menggugah, sebenarnya sudah dioperasikan sejak beberapa tahun lalu.

Meski donasi yang didapat nantinya digunakan untuk membantu perekonomian seniman Indonesia, Melanie Subono menegaskan seniman yang diberi bantuan tidaklah harus khusus sudah mempunyai karya.

“Musisi, pelukis, penulis, pokoknya apapun asal benar-benar seniman. Nggak harus punya karya, punya album atau gimana. Kita mencari seniman-seniman Indonesia yang sungguh-sungguh mau berkarya namun terbentur masalah dana. Nantinya, Indonesia Menggugah akan memberi bantuan sesuai apa kebutuhan mereka,” jelas Melanie Subono.

“Berawal dari cintanya yang besar, mereka menghasilkan mahakarya yang mengharumkan bangsa.” – Indonesia Menggugah

Bagi yang ingin menjadi donatur, Melanie menyediakan sebuah akun media sosial Migme. Donatur memberi virtual gift ‘Melanie’, kemudian nantinya hasil dari virtual gift itu akan diberikan kepada seniman-seniman Indonesia yang membutuhkan. Dalam akun Migme tersebut  Melanie Subono juga sempat beberapa kali memposting profil seniman-seniman yang siap dibantu. Salah satunya adalah Pak Eman, seniman yang anaknya terancam putus sekolah sebab terbentur masalah biaya. Selain itu, ada pula Pak Pah, seniman musik Sasando yang tinggal di sebuah gubug reot.

Indonesia Menggugah memprioritaskan seniman Indonesia yang masih berkarya, benar-benar memiliki kehidupan di bawah standar, lebih diprioritaskan lagi seniman yang berumur atau sudah tidak memiliki keluarga. Jika kalian mengenal seniman demgan kriteria yang telah disebutkan, kalian bisa mengajukan seniman tersebut untuk kemudian dibantu oleh Indonesia Menggugah dengan mention ke akun Twitter @IndMenggugah atau kirim pesan via Facebook ke www.facebook.com/Indonesiamenggungah.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top