Entertainment

Mengulik Pelajaran Berharga Drama Gu Family Book

Gu Family Book

This post is also available in: English

Gu Family Book, sebuah drama bergenre romansa, komedi, sejarah, fantasi, dan aksi, yang juga dikenal dengan judul berbeda di berbagai negara. Misalnya seperti Kang Chi, The Beginning; Gu Family’s Secret; The Writings of Nine House; The Fox Family Book; The Love Story of Kang Chi; dan Book of The House of Gu. Apapun judul yang disematkan untuk drama ini, pada dasarnya semua itu tetap merujuk pada hal yang sama, tentang buku keluarga Gu.

Menonton drama ini bak paket komplit karena mampu memadukan peristiwa sejarah bersama romansa berbalut komedi secara apik. Drama yang berasal dari Korea Selatan ini dirilis pada tahun 2013, tujuh tahun lalu.

Dibintangi oleh Lee Seung Gi dan Bae Suzy, membuat 24 episode yang disajikan oleh serial televisi ini jauh dari kata membosankan. Para penonton diajak untuk terus menikmati alur cerita, tanpa adanya unsur paksaan. Di setiap episode, terdapat pelajaran berharga yang bisa diambil.

Selain ditayangkan di salah satu stasiun televisi Korea Selatan, Munhwa Broadcasting Corporation (MBC), pada 08 April sampai 25 Juni 2013, drama ini juga ditayangkan di stasiun tv swasta yang ada di Indonesia, yaitu Indosiar pada tahun yang sama, 2013, selama satu bulan penuh sejak 12 Agustus sampai 12 September 2013. Bahkan, masih ada beberapa negara lain yang juga menayangkan drama besutan sutradara Shin Woo Chul dan Kim Jung Hyun ini.

Ditulis oleh Kang Eun Kyung, drama ini meraih rating tertinggi, sehingga mampu menempati posisi pertama dalam drama yang disiarkan oleh stasiun tv MBC, setelah tayang sebanyak dua episode. Pencapaian yang membanggakan sebagai modal awal menuju keberhasilan, yang mengantarkan drama ini untuk menyabet berbagai penghargaan bergengsi.  

Alur Cerita Dalam Gu Family Book

Alur Cerita Dalam Gu Family Book
Alur Cerita Dalam Gu Family Book

Drama ini mengisahkan tentang seorang manusia setengah siluman sebagai makhluk legenda bernama Choi Kang Chi yang diperankan oleh Lee Seung Gi. Akan tetapi, konflik terus bermunculan kepadanya lantaran ia ingin berubah menjadi manusia seutuhnya. Mulanya, Kang Chi tidak mengerti mengapa ia diciptakan sedemikian rupa hingga teka-teki tersebut dapat terbongkar apabila Anda menyaksikan drama ini sampai tamat.

Sebenarnya, wujud setengah siluman yang dimiliki oleh Kang Chi berasal dari ayahnya. Ayahnya itu, Gu Wol Ryung, merupakan makhluk suci penjaga gunung atau biasa disebut sebagai gumiho. Suatu ketika, Wol Ryung melihat seorang gadis yang sedang berusaha menyelamatkan diri dari siksaan yang merantainya.

Kepedihan itu didapatkan oleh sang gadis karena penghianatan yang dilakukan oleh teman ayahnya sendiri, Jo Gwang Woong, yang membuatnya dijual untuk menjadi seorang pelacur istana. Gadis itu bernama Yoon Seo Hwa, ibu dari Kang Chi.

Tindakan penyelamatan yang dilakukan oleh Wol Ryung kepada Seo Hwa membuat keduanya dekat dan akhirnya menikah. Sebagai seorang gumiho, Wol Ryung bertekad untuk berubah menjadi manusia seutuhnya agar bisa hidup bahagia berdampingan dengan istrinya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan syarat ia harus menemukan Gu Family Book.

Namun, ketika Seo Hwa sedang mengandung, suaminya dibunuh oleh orang suruhan mantan teman ayahnya yang telah berkhianat. Setelah lahir, anak ini dinamakan Choi Kang Chi, manusia setengah siluman dan dihanyutkan oleh ibunya sebelum sang ibu meninggal dunia.

Setelah berumur 20 tahun, Kang Chi berkeinginan untuk menjadi manusia seutuhnya, sama seperti keinginan ayahnya sebelumnya. Hal ini pun membuat ia harus memenuhi syarat yang sama, yaitu harus menemukan Gu Family Book. Dalam perjalanannya, banyak masalah dan lika-liku yang dihadapi.

Hingga akhirnya Choi Kang Chi bertemu dengan Dam Yeol Wool yang diperankan oleh Bae Suzy. Mulai saat itu, benih-benih asmara di antara keduanya mulai timbul dan terus merekah menjadi lebih dalam. Ada bermacam-macam konflik yang dihadapi keduanya.

Pelajaran Berharga yang Dapat Diambil dari Gu Family Book

Pelajaran Berharga yang Dapat Diambil dari Gu Family Book
Pelajaran Berharga yang Dapat Diambil dari Gu Family Book

Drama penuh sejarah ini mengajarkan manusia untuk menjadi manusia pada hakikat yang sesungguhnya. Manusia dengan hati yang biadab tidak layak disebut sebagai seorang manusia. Sebab, pada dasarnya manusia telah dikaruniai hati dan pikiran untuk digunakan dengan baik.

Ketika hati itu menjadi buruk, maka tidak ada bedanya antara manusia dengan makhluk lain. Sudah seharusnya manusia mencerminkan sikap yang baik dengan peduli terhadap sesama. Sebaiknya, jauhi sifat egois karena manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu membutuhkan orang lain untuk melanjutkan hidup.

Selain itu, dijelaskan pula bahwa hati manusia tidaklah bersifat statis, melainkan bisa berubah-ubah. Hal tersebut berlaku pula pada perasaan. Namun, akan lebih baik ketika manusia mampu memegang komitmen terhadap apa yang telah diucapkannya.

Gu Family Book juga memberikan gambaran apabila jodoh akan datang tepat pada waktunya oleh orang yang tepat pula. Tidak ada jodoh yang tertukar. Seberapapun kerasnya memaksa, ketika memang tidak berjodoh maka sangat sulit bahkan tidak mungkin untuk bersatu.

Manusia Tidak Bisa Melawan Takdir

Manusia Tidak Bisa Melawan Takdir
Manusia Tidak Bisa Melawan Takdir

Yang tidak kalah pentingnya, drama ini pun menegaskan bahwa sesungguhnya manusia tidak bisa melawan apa yang sudah ditakdirkan untuknya oleh Sang Maha Kuasa, seperti kematian. Kematian tidak bisa dipaksakan untuk ditunda. Jadi, kuncinya adalah dengan mensyukuri hidup.

Untuk mengetahui secara mendetail, maka sebaiknya Anda menonton Gu Family Book secara langsung. Dengan demikian, tidak akan terlewat satu adegan pun. Ditambah lagi dengan keseruan yang disajikan, Anda akan terlarut dan sangat menikmati cerita yang disuguhkan.

To Top