Entertainment

Misteri Jarum Infus Setya Novanto

setya novanto

Ketika seseorang mengalami kecelakaan bukankah seharusnya didoakan agar cepat sembuh? Namun hal yang terjadi justru sebaliknya ketika seorang Setya Novanto mengalami kecelakaan, ribuan meme langsung beredar di internet termasuk meme tentang misteri jarum infus Setya Novanto yang berwarna kuning yang diulas di akun Facebook milik dr. Wahyu Triasmara. Apa masalahnya dengan warna kuning? Mungkin itu adalah jenis pertanyaan yang akan ditanyakan oleh orang awam yang tidak mengerti bahwa jarum infus memiliki warna yang berbeda-beda yang menandakan bahwa ukuran jarumnya juga berbeda.

Saat ini publik mulai bertanya-tanya apakah kecelakaan ini hanya drama yang sedang dimainkan oleh seorang Setya Novanto untuk menghindari pemeriksaan KPK? Sebelumnya coba kita cari tahu sedikit tentang misteri jarum infus Setya Novanto yang berwarna kuning.

Pada foto di atas jelas sekali bahwa jarum infus yang dikenakan oleh Setya Novanto adalah berwarna kuning dan berikut adalah penjelasan tentang klasifikasi warna dan fungsi setiap jarum infus seperti dikutip dari website Alodokter.com.

Klasifikasi Warna dan Fungsi Jarum Infus:

  1. Warna Abu-abu (16 G)

Fungsi untuk orang dewasa, dipasang pada kondisi bedah mayor, trauma, resusitasi cepat.

  1. Warna Hijau (18 G)

Fungsi untuk orang dewasa dan anak, dipasang pada kondisi bedah mayor, teruma, resusitasi cepat.

  1. Warna Merah Muda (20 G)

Fungsi untuk orang dewasa dan anak, dipasang untuk memasukkan cairan infus untuk perawatan.

  1. Warna Biru (22 G)

Fungsi untuk bayi, anak dan orang dewasa dengan pembuluh darah kecil dan rapuh, dipasang untuk memasukkan cairan infus untuk perawatan.

  1. Warna Kuning (24 G)

Fungsi untuk neonatus, bayi, anak dan orang dewasa dengan pembuluh darah kecil dan rapuh, dipasang untuk memasukkan cairan infus untuk perawatan terutama dengan tetesan sangat lambat.

Dari klasifikasi warna di atas, warna kuning biasanya digunakan untuk bayi yang baru lahir atau bayi berumur kurang dari 5 bulan yang memang pembuluh darahnya masih sangat kecil. Bahkan bayi umur 7 bulan saja biasanya sudah menggunakan jarum infus yang berwarna biru. Angka semakin besar pada ukuran abbocath justru menunjukkan bahwa jarum tersebut semakin kecil dan pendek.

Jadi mengapa Setya Novanto menggunakan jarum infus berwarna kuning? Well, beberapa hal berikut mungkin adalah alasannya.

  • Pihak rumah sakit kehabisan jarum infus untuk dewasa dan hanya ada yang warna kuning saja yang sepertinya dibantah oleh kebanyakan netizen mengingat bahwa untuk ukuran rumah sakit yang letakknya di ibu kota sangat mustahil sampai kehabisan jarum infus.
  • Seperti yang dijelaskan di atas bahwa jarum infus warna kuning juga bisa digunakan oleh orang dewasa, alasannya jika pembuluh darahnya sangat kecil dan rapuh. Tapi jika dilihat dari foto beliau yang masuk rumah sakit sebelumnya, tidak terlihat jarum infus yang berwarna kuning, justru berwarna gelap yang kemungkinan berwarna abu-abu. Itu menandakan bahwa pembuluh darahnya tidak kecil apalagi rapuh.

  • Lalu bisa saja pihak rumah sakit memang memberi tahu publik bahwa semua ini hanya drama dan infus itu sebenarnya hanya bagian dari properti saja.

Well, apapun alasan dibalik misteri jarum infus Setya Novanto sebaiknya publik tetap berfikiran positif, bisa saja beliau takut jarum suntik dan karena sakitnya tidak terlalu parah makanya cukup menggunakan jarum infus berwarna kuning saja dan dengan demikian bisa segera sembuh, keluar rumah sakit untuk dijemput oleh KPK. Semoga saja drama ini segera berakhir.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top