Entertainment

Mnet Luncurkan Global Girl Planet 999, Akankah Sepopuler Survival Show Sebelumnya?

Mnet Luncurkan Global Girl Planet 999

This post is also available in: English

Pimpinan Manajemen Konten Mnet, Kang Ji Hoon melalui Konferensi Komisi Standar Korea (KCSC) ke-78 pada Desember 2019, mengumumkan bahwa mereka resmi berhenti memproduksi program audisi. Keputusan ini diambil lantaran skandal manipulasi voting pada Produce 101 mencuat ke publik.

Setelah satu tahun vakum mengeluarkan progam audisi, awal tahun 2021 Mnet meluncurkan survival show berjudul Girls Planet 999. Acara ini melibatkan kontestan dari negeara Korea, Cina, dan Jepang.

Syarat peserta yang dapat bergabung adalah perempuan kelahiran di atas tahun 2006. Boleh terikat dengan perusahaan hiburan, baik sudah memiliki pengalaman debut atau belum pernah sama sekali. Pendaftaran akan dibuka sampai 21 Februari 2021.

Trainee yang berkebangsaan negara lain masih memiliki kesempatan ikut audisi, asalkan terhubung dengan agensi hiburan atau residensi di Korea, Cina, atau Jepang. Rincian lengkapnya dapat dilihat di situs resmi Mnet.

Teaser pertama untuk Girls Planet 999 dirilis pada 11 Janurai 2021. Program audisi ini bekerja sama dengan NCSOFT, perusahaan game yang mendirikan platform K-Pop global bernama UNIVERSE.

UNIVERSE akan menyediakan berbagai macam konten dan layanan digital untuk para penggemar, bersamaan dengan dibukanya sistem voting global untuk line up debut. Rencananya, melalui platform ini Girls Planet 999 disiarkan secara global untuk memudahkan akses ke penonton internasional.

Baca Juga : Tidak Pernah Hadir Di Acara MAMA Lagi, Inilah Perlakuan Buruk Mnet Terhadap EXO!

Meskupun diterpa banyak skandal, program audisi yang diadakan oleh Mnet hampir selalu meraih rating tinggi. Idol group bentukan saluran televisi ini memiliki fanbase secara luas, baik di dalam maupun luar negeri.

Program Audisi Mnet yang Paling Populer

Ajang pencarian bakat untuk membentuk idol group baru semakin berkembang pesat di Korea Selatan. Seperti program audisi yang diluncurkan oleh saluran televisi Mnet selalu berhasil menarik perhatian penonton. Inilah program audisi paling sukses dalam beberapa tahun terakhir.

1. Produce 101 Season 1

Produce 101 Season 1

Produce 101 Sesaon 1 merupakan proyek pertama Mnet, bekerja sama dengan CJ E&M Entertainment dan Signal Entertainment untuk membentuk girl group. Acara ini melibatkan 101 peserta dari 46 agensi. Program ini mememiliki anggaran terbesar kedua dari semua tayangan yang diproduksi, dengan besaran kurang lebih empat miliar won.

Produce 101 Season 1 tayang pada 22 Januari 2016 – 1 April 2016. Line up debut terdiri dari 11 peserta, yaitu Jeon Somi, Kim Se Jeong, Choi Yoo Jung, Kim Chung Ha, Kim So Hye, Joo Kyulkyung, Jung Chae Yeon, Kim Do Yeon, Kang Mina, Lim Na Young, dan Yoo Yeon Jung.

Peserta yang menempati 11 peringkat pertama membentuk sub-unit bernama I.O.I yang resmi debut pada 4 Mei 2016. Idol group yang memiliki banyak penggemar ini hanya aktif sampai tahun 2017.

2. Produce 101 Season 2

Produce 101 Season 2

Sukses dengan musim pertama, Mnet kembali meluncurkan Produce 101 Season 2 yang tayang pada 7 April 2017 – 16 Juni 2017. Masih bekerja sama dengan CJ E&M Entertainment, program kedua ini melibatkan 101 peserta untuk membentuk boy group dengan 11 anggota.

Produce 101 Season 2 diikuti oleh 54 agensi dari Korea Selatan. Peserta yang berhasil lolos antara lain Kang Daniel, Park Ji Hoon, Lee Dae Hwi, Kim Jae Hwan, Ong Seong Wu, Park Woo Jin, Lai Guan Lin, Yoon Ji Sung, Hwang Min Hyun, Bae Jin Young, dan Ha Sung Won.

Nama untuk boy grup bentukan Produce 101 Season 2 adalah Wanna One, memulai debut resmi pada 7 Agustus 2017. Tahun aktif cukup lama, mereka mengakhiri promosi dan kontrak pada tahun 2019.

3. Mnet Idol School

Idol School

Tahun 2017, Mnet bekerja sama lagi dengan CJ E&M Entertainment untuk meluncurkan program audisi terbaru berjudul Idol School. Acara survival ini membentuk idol group dengan 9 anggota dari 41 partisipan. Peserta dilatih bernyanyi dan menari selama 11 minggu.

Nama resmi group bentukan Idol School adalah Fromis, dengan anggota antara lain Roh Ji Sun, Song Ha Young, Lee Sae Rom, Lee Chae Young, Lee Na Kyung, Park Ji Won, Lee Seo Yeon, Baek Ji Heon, dan Jang Gyu Ri. Idol group ini akan dilatih dibawah naungan Pledis Entertainment, dan diproduseri oleh CEO Han Sung Soo.

Fromis memulai debut pada 24 Januri 2018, dan masih aktif hingga saat ini. Album mini pertama bertajuk To Heart. Sebelum debut, idol group ini sudah menghadari berbagai acara musik membawakan single predebut berjudul Glass Shoes.

4. Produce 48

Produce 48

Mnet meluncurkan progam audisi dengan konsep yang berbeda pada tahun 2018. Survival bertajuk Produce 48 ini membentuk 12 anggota dari 96 peserta yang berasal dari Korea Selatan dan Jepang.

Produce 48 memiliki cara voting yang berbeda dengan survival sebelumnya. Peringkat peserta hanya ditentukan oleh penonton Korea Selatan. Acara ini tayang pada 15 Juni 2018 – 31 Agustus 2018.

Program audisi kali ini, Mnet bekerja sama dengan CJ E&M Entertainment dan AKATV. Disiarkan di saluran Mnet Japan, BS SKY Perfect TV!, dan TVING Global.

Baca Juga : Bertabur Idol, Ini 4 Variety Show Korea Favorit Para K-Popers

Girl Group bentukan Produce 48 memiliki nama resmi IZONE dengan anggota Jang Won Young, Sakura Miyawaki, Jo Yu Ri, Choi Ye Na, Ahn Yu Jin, Yabuki Nako, Kwon Eun Bi, Kang Hye Won, Honda Hitomi, Kim Chae Won, Kim Min Ju, dan Lee Chae Yeon.

IZONE resmi debut pada 29 Oktober 2018, dan masih aktif hingga saat ini. Idol group ini dikelola oleh agensi Korea Selatan Off the Record Entertainment dan Swing Entertainment. Sedangkan di Jepang dikelola oleh Verna Lossom.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top