Entertainment

On Air, Acara MU:CON 2020 Digelar Secara Online

Masih Berlangsung: Acara MU:CON 2020 Digelar Secara Online

This post is also available in: English

Acara MU:CON 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Republik Korea akan dilaksanakan secara virtual. Selain Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata, acara ini juga diselenggarakan oleh Creative Content Agency (KOCCA).

Dibawah naungan dua project Republik Korea acara ini berisi tentang perhelatan musik Korea. Hal ini diharapkan agar para pelaku industri musik dunia saling bertemu satu-sama lain. Acara ini diselenggarakan secara gratis tidak memerlukan biaya registrasi jika ingin menonton.

Pelaksanaan MU:CON 2020

Pelaksanaan MU:CON 2020
Pelaksanaan MU:CON 2020

MU:CON 2020 ini dilaksanakan tepatnya pada tanggal 23 sampai 26 September 2020 secara online atau virtual. Tepatnya pada jam 17.00 WIB acara ini dibuka dengan dimeriahkan oleh 10 musisi K-Pop.

10 musisi yang meramaikan pembukaan ini antara lain GFriend, ONF, MoonBin dan Sanha ASTRO, Teen Top, Gaho, Dream Catcher, George, Leenaldi, AB6IX, dan Moonchi Park. Semua grup K-Pop tersebut turut serta tampil dengan profesional. Meskipun dilaksanakan secara online tetapi tampak meriah dan mengesankan para pecinta K-Pop.

Setelah pelaksanaan pembukaan tersebut, kemudian hari berikutnya disusul lebih dari 70 para musisi Korea Selatan ikut meramaikan. Dengan membawakan lagu berbagai jenis genre membuat mereka memiliki variasi di setiap kesempatan.

Acara tersebut pun tidak menjadi monoton dan penonton turut serta terlarut dalam acara perhelatan musik Korea. Diketahui bahwa para musisi yang tampil saat itu merupakan hasil kurasi dari produser musik ternama yaitu Lee Yoon Sang.

Acara MU:CON 2020 Dikemas Dalam Bentuk Yang Berbeda

Acara MU:CON 2020 Dikemas Dalam Bentuk Yang Berbeda
Acara MU:CON 2020 Dikemas Dalam Bentuk Yang Berbeda

Tanggal 24 September 2020 diselenggarakan Konferensi MU:CON Online 2020 dengan tujuan memberikan wawasan mengenai industri musik pascapandemi. Acara tersebut dibuka oleh Jaeson Ma dimana ia adalah seorang Co-Founder 88Rising dan Co-Owner Triller.

Melalui pembukaan pada konferensi tersebut dengan tema Anticipating the Future of the Global Music Industry in the Post-Pandemic Era. Jaeson Ma memaparkan bagaimana antisipasi yang akan dilakukan oleh pelaku industri musik kedepan setelah pasca pandemi ini.

Kemudian di hari selanjutnya diselenggarakan konferensi kembali dengan tema Culture Technology, IP Industry and Untact. Pada hari Jumat tanggal 25 September 2020 konferensi tersebut dibuka oleh Sung-Su Lee yang merupakan CEO SM Entertainment, label yang menaungi boyband terkenal seperti Super Junior, TVXQ, maupun EXO. Selain itu pada konferensi ini juga diisi oleh beberapa akun media sosial seperti Chartmetric, Twitter, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan yang sangat baik ini diharapkan akan memberikan wawasan baru mengenai penyusunan arah baru industri musik setelah pasca pandemi. Acara ini juga diharapkan akan adanya makna perubahan baru di era sekarang ini oleh para pelaku industri musik Korea Selatan.

Dalam acara yang dinaungi oleh KOCCA, Kim Young Jun selaku Presiden dari KOCCA itu sendiri mengatakan bahwa industri musik harus bangkit. Perasaan yang sama bahwa industri musik sangat terpuruk di situasi yang sekarang, namun penyusunan kemungkinan-kemungkinan juga harus dipikirkan. Hal ini agar potensi dari musik K-Pop akan terus ada meskipun harus berada dalam situasi yang kurang mendukung seperti sekarang ini.

Jika Anda belum bisa menonton secara online saat acara berlangsung, Anda dapat menonton secara mandiri di Channel Youtube KOCCAMUSIC. Dalam Chanel Youtubenya memberikan tampilan berupa acara pembukaan, showcase dan konferensi yang dilakukan oleh pihak KOCCA.

Alasan Penting Mengapa Harus Nonton MU:CON 2020

Situasi pandemi yang mengharuskan tidak berkumpul dan berkerumun mengharuskan acara besar berupa perhelatan musik harus diselenggarakan secara online. Meskipun harus dilakukan secara virtual, acara ini terhitung sukses dengan tetap memiliki esensi dari acara ini sendiri.

 Acara MU:CON 2020 ini sendiri merupakan acara yang berupa konferensi musik, showcase, pitching, dan networking. Acara yang bertaraf Internasional ini dilakukan agar tetap mengikuti protokol kesehatan sehingga melalui Online dari Channel Youtube. Berikut ini beberapa alasan penting mengapa Anda harus ikut menonton acara musik ini.

Di Buka Dengan Sangat Berkesan

Telah dibahas sebelumnya bahwa acara ini dibuka oleh 10 musisi yang sedang keren di Korea Selatan. Dengan 10 musisi yang membuka acara tersebut nampak profesional ketika dilihat melalui Channel Youtube. Meskipun hanya melalui online tetapi makna konser tetap terasa di hati para pecinta K-Pop. Hal ini terlihat jelas pada penonton live streaming yang membludak dan sangat aktif mengomentari acara.

MU:CON 2020 Tidak Dipungut Biaya Registrasi

MU:CON 2020 Tidak Dipungut Biaya Registrasi
MU:CON 2020 Tidak Dipungut Biaya Registrasi

Menggunakan sistem online tentunya menghemat pengeluaran bagi Anda yang ingin menonton bintang Kpop Korea Selatan. Bagi Anda yang memiliki budget minim cukup dengan menonton melalui Channel Youtube dari KOCCAMUSIC.

Dari tampilan video yang mereka unggah akan memberikan pemaparan berupa konferensi, showcase, dan perhelatan musik. Anda dapat menikmati acara ini dimana dan kapan saja, tidak perlu datang ke Korea dan membeli tiket yang biasanya dibanderol mahal.

Desain Super Kece

Selain menampilkan 10 musisi keren di Korea Selatan, acara ini juga turut membawakan 70 musisi Korea Selatan dengan bermacam-macam genre yang berbeda. Mereka saling bergantian dalam mengisi panggung showcase hingga acara selesai.

Diketahui bahwa panggung showcase ini merupakan tempat lahir musisi Kpop taraf Internasional. Selain pertunjukan musik pada panggung showcase, juga diselenggarakan konferensi dari pembicara yang berbeda-beda. Melalui tema yang berbeda tersebut mereka membuat semacam penyusunan rencana industri musik ke depan setelah pasca pandemi.

Pada acara ini yang menjadi salah satu headliner adalah GFRIEND yang turut serta dalam pembukaan konser MU:CON 2020. Selain Channel Youtube, ternyata acara ini juga dapat dilihat melalui platform yang lain seperti Tiktok dan VLIVE. Dapat dipastikan bahwa acara ini sangat meriah.

To Top