Entertainment

Nomadland Raih Penghargaan Film Terbaik Oscar 2021

Nomadland Raih Penghargaan Oscar 2021

Film Nomadland resmi menjadi film terbaik Oscar 2021 yang mengalahkan 7 nomine lain. Tujuh film yang menjadi pesaingnya dalam ajang penghargaan itu adalah Sound of Metal, Minari, Mank, Promising Young Woman, The Father, Judas and the Black Messisah, dan The Trial of the Chicago 7.

Kemenangannya sendiri sudah banyak yang memprediksinya, mengingat perjalan mereka pada ajang penghargaan lainnya. Sebelum bersaing di Academy Awards, Nomadland sudah lebih dulu meraih penghargaan Film Terbaik di ajang BAFTA Awards dan Golden Globes.

Lihat Juga: Film #Alive Raih Rekor Penonton Terbanyak Hari Pertama Pasca Wabah COVID-19

Kemenangan ini menjadi yang kedua setelah Nomadland juga meraih penghargaan Sutradara Terbaik untuk Chloe Zhao pada Minggu (25/4/2021). Sutradara yang larih di China ini menjadi perempuan kedua dan orang non kulit putih yang meraih kemenangan sebagai sutradara terbaik setelah Kathryn Bigelow.

Nomadland Menceritakan Perjalanan Hidup Nomaden

Film ini menceritakan tentang perjalanan seorang wanita bersama Fern yang dibintangi oleh Frances McDormand sebagai nomaden. Fern hidup di dalam mobil vannya secara nomaden dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya di AS.

Film ini dianggap sukses menggambarkan para nomaden yang selama ini luput dari perhatian pemerintah Amerika.

Nomadland sendiri menjadi salah satu film sederhana yang mampu memenangi ajang penghargaan tertinggi Hollywood. Diketahui, film ini diproduksi dengan anggaran kurang dari US$ 5 juta atau sekitar 72,3 miliar rupiah dengan para aktor non-profesional.

Lihat Juga: Film Wonderful Indonesia – West Papua Raih Award Di International Tourism Film Festival

Sebagai informasi, film Zhao berikutnya, yaitu Eternals dari marvel, memiliki budget 40 kali lipat lebih banyak dari Nomadland. Dirilis oleh Searchlight Pictures, Nomadland tayang perdana di drive in lalu memulai debutnya di layar lebar. Namun penonton terbesarnya berasal dari Hulu.

Di sisi lain, ajang penghargaan Oscar kali ini lebih beragam, lebih banyak perempuan dan aktor non kulit putih yang menjadi nomine. Ini merupakan perubahan besar untuk perhelatan tersebut. Sebelumnya ajang ini menuai banyak kritikan sebagai “OscarsSoWhite” dalam beberapa tahun terakhir.

To Top