Entertainment

Paing Takhon, Aktor Myanmar Yang Viral Jadi Biksu Tampan Kini Ditangkap Militer

Paing Takhon, Aktor Myanmar Yang Viral Jadi Biksu Tampan Kini Ditangkap Militer

Paing Takhon yang merupakan nama seorang aktor sekaligus model asal Myanmar, sempat viral pada awal tahun ini saat tampil memakai baju khas biksu. Kini, ada kabar baru yang kurang baik dari sang mantan biksu tampan. Diberitakan, ia baru saja dibekuk oleh militer yang kini menargetkan para selebriti yang menolak kudeta militer di negara tersebut.

Dilansir dari BBC, Jumat (9/4/2021), Takhon yang memiliki banyak pengikut di media sosial, ditahan pada hari Kamis pukul 5 pagi waktu setempat. Menurut berita dari media setempat, ia ditangkap saat berada di rumah ibunya. Mirisnya lagi, saat penangkapan ia sedang dalam kondisi yang kurang sehat.

Thi Thi Lwin, saudara perempuan Paing Takhon, menulis di akun Facebooknya kalau sang kakak ditangkap oleh sekitar 50 orang tentara Myanmar. Menurut Thi Thi, saudaranya itu ditangkap saat ia sakit parah di kediaman ibunya yang berada di daerah North Dagon, Yangon, Myanmar.

“Sebab dia sakit parah. Mereka menangkapnya dengan tenang tanpa kekerasan. Namun kami tak tahu kemana ia dibawa,” terang Thi Thi.

Lihat Juga: Militer Kudeta Myanmar, Aung San Suu Kyi Ditahan Hingga Desakan Amnesty International

Sebelumnya, pihak militer memang telah merilis sejumlah foto tokoh-tokoh populer dalam daftar pencarian di TV maupun surat kabar milik pemerintah. Lebih dari 100 orang selebritas di negara itu sedang diburu militer, dan banyak dari mereka yang bersembunyi.

Bahkan, kabarnya finalis Miss Grand International 2020, Han Lay yang juga Miss Grand Myanmar sedang diincar. Saat berpidato di kompetisi yang diadakan di Thailand itu, Han Lay menunjukan penolakannya pada pihak militer. Selain itu, ia juga meminta bantuan dunia internasional untuk membantu menyelesaikan konflik di negaranya.

Sementara itu, Paing Takhon yang pernah ikut serta dalam protes anti-kudeta, menghadapi dakwaan atas pasal 505a KUHP. Yaitu tentang mengkriminalisasi komentar yang “mengakibatkan ketakutan” atau menyebarkan “berita palsu” yang dapat menyebabkan hubungan hingga tiga tahun penjara.

Saat ini pun media sosial milik pria berusia 24 tahun itu telah dihapus, walaupun belum diketahui siapakah yang menghapusnya. Nama Paing Takhon sendiri menjadi dikenal luas setelah pengalamannya menjadi biksu selama sepuluh hari di Myanmar ia bagikan di Instagram miliknya.

Momen itu ditandai sebagai waktu yang istimewa dan berharga bagi dirinya. Tidak sedikit pujian yang dilontarkan warganet di kolom komentar unggahannya itu. Ia juga pernah mendapat posisi sebagai salah satu pria tertampan di dunia pada 2020 versi TC Candler. Paing Takhon mengawali kariernya pada 2014 lalu sebagai model. Lalu pada 2017 ia mengawali debutnya di seni peran dalam film Midnight Traveller.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top