Entertainment

Penjelasan MUI Soal Pemakaman Transgender Menurut Islam, Begini Jawaban Bunda Dorce

Penjelasan MUI soal Pemakaman Transgender Menurut Islam, Begini Jawaban Bunda Dorce

Setelah viral soal pesan Dorce yang ingin dimakamkan sebagai wanita, bagaimana penjelasan MUI soal pemakanan transgender menurut Islam?

Dorce Gamalama kini kondisi kesehatannya memang tidak sebaik dulu. Beberapa kali ia sempat drop dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Belum lama ini di kanal YouTube Denny Sumargo, seniman yang akrab disapa Bunda Dorce itu mengungkapkan wasitan dan keinginannya saat kelak ia ‘berpulang’.

Bahkan ia telah menyiapkan kain kafan dan kuburannya. Ia juga berpesan untuk dimakamkan sebagai seorang wanita.

Menanggapi keinginan Dorce itu, Ketua MUI Cholil Nafis angkat suara. Ia memberikan penjelasan soal pemakaman transgender menurut Islam lewat cuitan di akun Twitter miliknya.

"Jenazah transgender itu diurus sebagaimana jenis kelamin awal dan asalnya ya," ujar Cholil Nafis, Senin (31/1/2022).

Lihat Juga: Keinginan Terakhir Dorce Gamalama Jika Nanti Dirinya Berpulang

Ia menegaskan operasi dan mengubah jenis kelamin tak diakui dalam Islam. Sehingga, jenis kelamin transgender setelah operasi tidak diakui.

"Jadi mengubah kelamin itu tak diakui dalam Islam sehingga ia hukumnya tetap seperti jenis kelamin pertama. Laki-laki yang pindah (jadi) perempuan disebut mukhannats dan perempuan yang berubah menjadi laki-laki itu mutarajjil," tegas dia.

Balasan Bunda Dorce Terkait Penjelasan MUI Soal Pemakaman Transgender Menurut Islam

Dorce Gamalama memberikan pendapatnya terkait pandangan para ulama yang mengomentari keinginannya untuk dimakamkan sebagai wanita.

Bunda Dorce mengunggah sebuah video di Instagram pribadinya, ia terlihat mengenakan jilbab warna abu-abu.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Kepada Kyai, ustaz-ustaz yang telah menerangkan keadaan mati saya, siapa yang akan memandikan saya, siapa yang akan menguburkan saya. Biarkanlah keluarga saya yang akan nanti akan mengurusnya," kata Dorce Gamalama di video tersebut.

"Mau kain kafannya 7 lapis, 8 lapis, saya serahkan kepada yang mengurus. Yang mengurus laki-laki boleh, perempuan boleh, laki-laki, perempuan boleh. Jadi siapa saja boleh yang memandikan saya," lanjutnya.

Lihat Juga: Ucapan Terima Kasih Dorce Gamalama Usai Dibantu Megawati Soekarnoputri

Dorce pun berharap agar tidak ada ulama yang malah mengeluarkan komentar kurang baik. Ia menuturkan sebagai ulama seharusnya mereka memberi imbauan.

"Jadi kyai-kyai yang sudah terkenal sekalipun jangan memberikan komentar yang kurang baik. Seharusnya Anda seorang kyai memberikan sungguhan dan juga imbauan kepada seseorang siapapun. Karena saya juga manusia mempunyai tanggung jawab untuk hidup dan mati kelaknya,' pungkasnya.

Video balasan Bunda Dorce terkait penjelasan ulama soal pemakaman transgender menurut Islam, hingga, Senin (31/1/2022) telah mendapat lebih dari 500 komentar netizen.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top