Entertainment

Perjalanan Karir Anji, Dari Vokalis Sampai Youtuber

Perjalanan Karir Anji, Dari Vokalis Sampai Youtuber

Anji adalah seorang musisi terkenal, penyanyi dengan suara khas, dan konten kreator yang Indonesia yang memulai karir dari menjadi vokalis,anjiDi usianya yang menginjak 41 tahun, telah dialaminya pahit dan manis dalam karir. Memang demikian yang namanya hidup, tak selalu berjalan mulus. Terkadang, ada ujian yang datang menerpa untuk menguji seberapa kuat insan melewati.

Pemilik nama lengkap Erdian Aji Prihartanto ini meniti karirnya di dunia permusikan tanah air sejak tahun 2005. Saat itu, ia bergabung ke dalam suatu band yang bernama Drive sebagai vokalis. Suaranya yang membuat hati pendengar terpikat membuatnya semakin percaya diri untuk terus mengembangkan bakat.

Berawal dari debut pertamanya sebagai vokalis band, ia tak pernah mundur untuk melangkah dalam ranah tarik suara. Kini, dengan kegigihan yang dimiliki ia telah berhasil merilis berbagai album dan single hasil ciptaannya sendiri.

Selain olah vokal ia juga pandai untuk mencipta lagu. Bahkan, banyak pula lagu-lagu karangannya yang dibawakan oleh penyanyi-penyanyi hits yang terkenal di negeri ini. Hal ini menunjukkan jika lirik yang ia ciptakan berkualitas, bukan kaleng-kaleng semata.

Walaupun sempat terkena berbagai skandal yang kurang menyenangkan, terjerat kasus-kasus  yang tidak sedap, ia tidak mudah menyerah. Sosoknya memberi gambaran bahwa pelangi memang akan datang, setelah badai reda.

Tidak hanya sampai disitu, ternyata sebelum debut pertama melalui band Drive tahun 2005, sang musisi kondang ini pernah mengikuti ajang pencarian bakat ternama di Indonesia, yaitu Indonesian Idol pada tahun 2004. Bagaimana kisahnya dalam ajang itu?

Anji Sempat Gagal Dalam Indonesian Idol

Perjalanan Karir Anji

Dalam mengikuti Indonesian Idol musim pertama di tahun 2004, keberuntungan tidak berpihak padanya. Ia gagal dalam ajang pencarian bakat ini, karena tereliminasi, sehingga tidak bisa menjadi pemenang.

Namun, semangat yang dimilikinya tak padam. Hanya karena satu kali kegagalan, bukan berarti mimpinya hancur. Dengan kiat yang ada di tangannya, ia mampu mewujudkan asa yang diharapkan menjadi kenyataan yang indah. Hingga dirinya mampu berada di posisi yang sekarang, tentu tidak sedikit perjuangan yang telah dilakukan.

Melalui akun instagram pribadinya, musisi ini pun pernah mengunggah fotonya saat mengikuti audisi Indonesian Idol. Anji tidak malu mengakui bahwa ia pernah gagal. Justru kegagalan itu yang memotivasinya untuk terus memperbaiki diri.

Dalam caption yang mengikuti foto postingan itu, ia menuturkan apabila jangan pernah takut sebelum mencoba. Siapapun tidak akan mengerti rasanya sebelum dirinya sendiri yang mencoba. Ia juga mengatakan untuk mengambil pelajaran dari komentar-komentar orang lain agar bisa lebih baik kedepannya.

Melalui kanal youtube miliknya, ia menceritakan jika juri yang menilainya saat itu berpesan bahwa ia lebih cocok untuk bergabung dalam sebuah band, bukan seorang penyanyi solois.

Tidak hanya masuk telinga kanan lalu keluar telinga kiri, pesan itu ia resapi secara mendalam. Hingga akhirnya satu tahun kemudian ia berhasil dalam debut pertamanya dihadapan public sebagai seorang vokalis dalam band Drive, bersama tiga orang temannya.

Ketika Anji Mulai Gabung ke Youtube

Ketika Anji Mulai Gabung ke Youtube
Ketika Anji Mulai Gabung ke Youtube

Saat ini, Anji bukan hanya menjadi seorang penyanyi maupun musisi, melainkan ia juga menjabat sebagai seorang konten creator dari kanal youtube miliknya yang bernama ‘dunia MANJI’.

Pria ini bergabung ke youtube sejak 2014 silam hingga telah berhasil mendapatkan 3,68 juta subscriber, angka yang tidak sedikit. Boleh dikatakan apabila jumlah subscriber bergantung pada isi dari konten yang diunggah. Ketika memang dirasa konten itu bermanfaat, mengedukasi, ataupun menghibur, maka orang tidak akan sungkan untuk memberikan dukungan, salah satunya dengan menjadi pelanggan.

Kanal youtube dunia MANJI berisi opini, music, edukasi, hingga sidak panggung music dadakan yang mampu menarik para warganet untuk menonton. Seperti Anji, sudah seharusnya para konten creator memberikan sajian yang bersifat positif untuk para pemirsa.

Hal tersebut dikarenakan mereka dapat memberikan dampak yang kuat kepada public. Jika konten yang diunggah bersifat baik, maka efek yang akan timbul juga baik. Begitu pula sebaliknya. Alangkah baiknya ketika mengajak untuk berbuat kebaikan. Kalau dipikir-pikir, bukankah tidak ada gunanya menebar keburukan? Lebih baik menyebarkan yang bersifat positif kan.

Terseret Kasus Penyebaran Hoax

Perjalanan tidak selalu berjalan mulus. Belakangan ini, konten creator yang satu ini menerima guncangan yang cukup besar. Ia diduga telah menyebarkan hoax setelah diuploadnya video yang berisi wawancara antara dirinya bersama Hadi Pranoto.

Di dalam video yang berdurasi tidak lama itu, mereka menyebutkan apabila obat covid-19 telah ditemukan. Hal ini sangat membahayakan karena memicu keresahan dan kegaduhan masyarakat. Akhirnya ia pun meminta maaf atas kegemparan yang timbul.

Namun, tidak hanya sampai disitu, ia tetap dilaporkan kepada pihak yang berwajib oleh ketua umum cyber Indonesia, Muannas Alaidid. Sebab, apabila tidak demikian, maka tidak ada efek jera yang akan timbul terhadap yang lain. Hal ini sekaligus sebagai pelajaran untuk berhati-hati dalam menyampaikan sesuatu yang belum tentu kebenarannya.

Menulis Lagu Tentang Kamu yang Dibawakan Lyodra

Menulis Lagu Tentang Kamu yang Dibawakan Lyodra
Menulis Lagu Tentang Kamu yang Dibawakan Lyodra

Meski tertimpa isu yang tidak baik dan sedang berada dalam masa pemeriksaan kasus yang dialaminya, Anji tetap berkarya dengan menulis lagu. Jiwa musisinya tetap merekah.

Lagu terbaru yang diciptakannya berjudul Tentang Kamu, yang dibawakan oleh Lyodra, pemenang Indonesian Idol 2020. Bahkan, official video lagu tersebut yang diunggah melalui kanal Lyodra Official kini menempati posisi trending ke-12.

Hal ini dapat menjadi pelajaran yang berharga untuk semua untuk tidak berhenti berkarya apapun keadaannya.

To Top