Entertainment

Mendunia, Perjalanan Karir BTS Ternyata Cukup Berliku

BTS

This post is also available in: English

Pada 2018 lalu, publik sempat dibuat gempar dengan pidato BTS di PBB. UNiCEF Korea akhirnya memberikan penjelasan terkait hal tersebut. Pemilihan BTS rupanya bukan tanpa sadar, melihat track record boyband tersebut di kancah dunia.

Lewat lagu-lagunya, BTS selalu menyuarakan isu-isu terkini, termasuk bullying, masalah sosial, hingga kesehatan mental. Torehan prestasi tersebut tentu membuat publik penasaran dengan grup idol satu ini.

Awal Kemunculan BTS

Nama BTS sendiri tentu tak asing di kalangan para A.R.M.Y (Adorable Representative MC for Youth). Sebagai penggemar setia, A.R.M.Y selalu mendukung sepak terjang boyband kebanggannya dari waktu ke waktu. Sejak pertama kali memulai debut di tahun 2013, BTS telah mengusung isu-isu hangat terkait remaja di Korea Selatan.

Beberapa lagunya sengaja mengkritik sistem pendidikan dan sosial yang mengungkung kebebasan para remaja. Debut BTS sebenarnya tak sesuai rencana awal yang seharusnya tahun 2010. Hal ini dikarenakan pergantian para member dan restrukturisasi grup idol. Dilihat dari lineup awal, member satu-satunya yang tersisa hanyalah RM.

Saat restrukturisasi terjadi, 6 member lainnya masuk melengkapi formasi BTS. Dengan lineup yang baru, BTS akhirnya beranggotakan 7 orang. Mereka adalah RM, V, Jung Kook, Jin, Jimin, j-hope, dan Suga. Formasi tersebut menempatkan RM sebagai leader sekaligus rapper. Kemampuan rapper RM memang tak perlu diragukan lagi. Ini pula yang menjadi alasan Big Hit Entertainment mempertahankannya hingga akhir.

BTS
Image BTS yang Ceria dan Friendly untuk Semua Fans

Secara harfiah, BTS diartikan sebagai Beyond the Scene atau Bangtan Sonyeondan. Sebagian besar lagu yang dirilis merupakan ciptaan dari para member BTS. Tak ayal kalau lirik yang disampaikan sangat dalam, sehingga mampu mewakili perasaan para remaja di seluruh dunia. Berkat kreativitas dan kehangatan yang ditunjukkan oleh para membernya, BTS kini dikenal luas. Bahkan jumlah penggemarnya mencapai jutaan orang yang tersebar hingga Amerika dan Eropa.

Pencapaian besar ini tentu patut diapresiasi, terlebih dengan rangkaian tur yang selalu sukses. Salah satu turnya yang digelar di Wembley Stadium berhasil menjual ludes tiket kepada penonton. Tak cuma itu, BTS memecahkan rekor penjualan tiket terlaris di Rose Bowl Stadium. Selain kesuksesan tur konsernya, BTS juga menjadi boyband Korea pertama yang menerima penghargaan dari RIAA.

Rentetan Album yang Berhasil Dirilis BTS

Deretan prestasi yang berhasil diraih BTS tentu membuat publik bertanya-tanya dengan produktivitas mereka dalam berkarya. Selama 7 tahun debut, BTS dinilai sangat produktif menghasilkan karya-karya menarik dan berkesinambungan. Setidaknya, ada sekitar 16 album Korea dan 13 album Jepang yang berhasil dirilis oleh BTS.

·        Album Korea

Mengawali karir di blantika musik Korea Selatan, BTS mulai mengeluarkan album debut di tahun 2013 bertajuk 2 Cool 4 Skool. Album pertama dari school trilogy ini sempat direkam ulang dan dipasarkan di Jepang. Di tahun yang sama, BTS kembali mengeluarkan album kedua dari school trilogy berjudul O!RUL8,2?. Untuk menutup rangkaian trilogy ini, BTS merilis Skool Luv Affair di tahun 2014. Skool Luv Affair sempat dirilis pula dalam versi spesial di Korea.

BTS
Berbagai Album BTS yang Laku Keras Sampai Go International

Selain seri terakhir dari school trilogy, BTS juga merilis album studio Dark & Wild di Agustus 2014. Penjualan album ini mencapai 200.000 eksemplar dan mencapai posisi kedua dalam Gaon Chart. Mengawali 2015 dengan tur konser, BTS pun rupanya meluncurkan album baru bertajuk The Most Beautiful Moment in Life, Part 1. Di akhir tahun, extended play The Most Beautiful Moment in Life, Part 2 pun dirilis. Salah satu single berjudul Run sempat dibawakan dalam rangkaian tur BTS.

Sukses dengan 2 album The Most Beautiful Moment in Life, BTS memutuskan mengeluarkan kompilasi album berjudul Young Forever. Promosi album dilakukan 2 hari berturut-turut di Olympic Gymnastic Arena diikuti tur Asia. Tak berselang lama, mini album Wings juga dirilis ke pasaran. Penjualan di minggu pertama mencapai 500.000 eksemplar.

Walaupun baru saja dirilis pada Oktober 2016, pemesanan album kompilasi You Never Walk Alone dibuka pada Februari 2017. Tak kalah mencengangkan dengan Wings, album ini terjual 700.000 eksemplar. Tak ingin lengah dengan pencapaian gemilangnya, BTS kembali merilis mini album Love Yourself: Her pada September 2017.

Memasuki tahun 2018, karir cemerlang BTS justru memperlihatkan peningkatan. Di tahun ini, BTS merilis 2 album bertajuk Love Yourself: Tear dan Love Yourself: Answer. Bukan hanya penjualan album yang laris di pasaran, jumlah pendengar BTS di Spotify pun mengalahkan Gangnam Style. Demi mendulang kesuksesan yang sama, mini album Map of The Soul: Persona diperkenalkan pada April 2019.

Satu single digital berjudul Make it Right akhirnya diluncurkan pada Oktober 2019. Baru-baru ini saja, album studio Map of The Soul: 7 dirilis ke pasaran. Meskipun baru dirilis beberapa bulan lalu, tepatnya Februari 2020, Map of The Soul: 7 sudah terjual 20 juta kopi. Penjualan ini berhasil memecahkan rekor di Korea Selatan.

·        Album Jepang

Selain merilis album-albumnya di Korea Selatan, BTS pun sempat menorehkan karya-karyanya di negeri Sakura. Dilansir dari beberapa sumber, setidaknya ada 13 album yang dipasarkan khusus bagi penggemar di Jepang. Mengawali karir di Jepang, BTS memutuskan merekam ulang lagu No More Dream dan merilisnya sebagai single album pada Juni 2014.

Selang sebulan, single album Boy in Luv pun dirilis dengan 3 lagu berbahasa Jepang. Masih di tahun yang sama, tepatnya Desember 2014, BTS memutuskan merilis album studio debut bertajuk Wake Up. Album ini berhasil terjual 28.000 eksemplar dan menduduki posisi ke 3 di Oricon Albums Chart.

Setelah 1 tahun debut Jepang, BTS menghadiahi para penggemarnya single album For You pada Juni 2015. Pada September 2016, album studio Youth dirilis dengan 2 lagu berjudul Run dan I Need You sebagai single. Kedua lagu tersebut diluncurkan pula dalam versi single album. Youth sendiri berhasil terjual 44.000 eksemplar di hari pertama perilisannya.

Di 2017, BTS hanya mengeluarkan 2 single album bertajuk Blood, Sweat, & Tears dan MIC Drop/DNA/Crystal Snow. Penantian para penggemar di Jepang justru terobati di 2018. Pada tahun ini, BTS meluncurkan album studio Jepang ketiga dengan judul Face Yourself. Menariknya, Face Yourself berhasil menembus Billboard 200 dengan posisi 43.

Penggemar Jepang rupanya masih harus bersabar. Pasalnya, BTS hanya meluncurkan single album di tahun 2018 dan 2019. Kedua single album tersebut berjudul Fake Love/Airplane part 2 dan Lights/Boy With Luv.

Member BTS yang Mempesona

BTS
Mulai Member Cute Sampai Dewasa, BTS Siap Menjadi Boyband Lovable

Cukup memukau bukan kreativitas dan produktivitas boyband yang satu ini? Penasaran dengan para member BTS? Untuk mengobati rasa penasaran Anda, berikut 7 member BTS beserta ulasan latar belakang setiap member.

1.     Rap Monster

Pria bernama asli Kim Nam-Joon ini dikenal dengan sebutan RM atau Rap Monster. Ia lahir di Ilsan, Gyeonggi pada 12 September 1994. Berperan sebagai leader sekaligus rapper, RM ternyata punya kebiasaan unik menirukan member-member BTS yang lain.

2.     V

Didapuk sebagai vokalis, pria kelahiran 30 Desember 1995 ini dikenal sangat polos. Nama asli V sendiri adalah Kim Tae-Hyung dan berasal dari Daegu. Dibanding member BTS yang lain, V merupakan member yang paling menyukai musik klasik.

3.     Jimin

Lahir di Busan, pria bernama asli Park Ji-Min ini memiliki bakat menari yang sangat kental. Bahkan sebelum debut, ia sempat menempuh pendidikan di Busan High Art School. Sama dengan V, Jimin berperan sebagai vokalis. Usianya pun tak jauh berbeda dengan V, sebab lahir pada 13 Oktober 1995.

4.     Jin

Dari member BTS lainnya, Jin merupakan member tertua yang lahir pada 4 Desember 1992. Meskipun demikian, Jin punya kepribadian yang sangat dewasa dan mengayomi. Di BTS, Jin didapuk sebagai vokalis yang pintar berbahasa Mandarin. Nama asli Jin sendiri adalah Kim Seok-Jin dan berasal dari Gyeonggi.

5.     Suga

Min Yoon-Gi mendapat nama panggung Suga dari CEO Big Hit. Pria kelahiran Daegu, 9 Maret 1993 ini memiliki kulit yang sangat pucat dengan senyum manis. Tak ayal kalau nama Suga dirasa sangat cocok dengan kepribadiannya yang sangat terus terang pula.

6.     Jungkook

Member BTS termuda ini lahir pada 1 September 1997 di Busan. Ia sempat mengikuti audisi Superstar K, namun gagal. Kegagalan tersebut ternyata membawanya bergabung ke Big Hit Entertainment. Di BTS, pria bernama asli Jeon Jeong-Guk didapuk sebagai vokalis.

7.     J-Hope

Terlahir dengan nama asli Jung Ho-Seok, J-Hope mempunyai kemampuan rap yang tak kalah memukau. Sebelum bergabung dengan BTS, J-Hope kerap mengikuti dance battle. Pria kelahiran Gwangju, 18 Februari 1994 ini ternyata juga suka menonton melodrama.

To Top