Entertainment

Permintaan Maaf Jay Park Setelah Lirik Lagunya Dinilai Lecehkan Islam

Permintaan Maaf Jay Park Setelah Lirik Lagunya Dinilai Lecehkan Islam

Penyanyi K-Pop Jay Park menuai kecaman usai para penggemar Muslim memprotes lirik lagunya dari “Mukbang (remix)” yang dinilai menyinggung umat Muslim. Mengenai hal tersebut, Jay pun mengakui kesalahannya sekaligus meminta maaf.

Melansir dari Koreaboo, Jumat (28/5/2021), lagu yang dirilis pada Desember 2020 itu menyebut tentang Allah, yang oleh sebagian besar penggemarnya dinilai tak menghormati agama. Jay sendiri sudah meminta maaf. Selain itu ia juga membahas situasi ini serta menjelaskan tentang lirik lagunya di Twitter. Lirik lagu yang dimaksud yaitu:

“Worship me like Allah, get it done like wallah (Sembah aku seperti Allah, selesaikan seperti wallah/bersumpah atas nama Allah)”.

Salah satu pemilik akun Twitter ikut mengomentari hal tersebut: “Kapan para seniman ini berhenti memakai hal Islami untuk estetika mereka dan mempunyai kesopanan dasar untuk kepercayaan kita?”

Pegguna Twitter lain menulis: “Ini terkait agama saya (Islam), kalau anda maih mendukung Jay Park, silahkan berhenti mengikuti saya. Itu sangat tak sopan!”

Permintaan Maaf Jay Park

Menanggapi reaksi netizen terkait liriknya, Jay meminta maaf serta menjelaskan situasinya.

“Lirik lagu tersebut tak pernah ditujukan menyinggung ataupun tak sopan. Bagi siapa saja yang merasa tersinggung, saya minta maaf. Anda akan keluar dari komentar ‘dia membawa agama’ atau ‘rasialis’. Setop dengan narasi bohong omong kosong tersebut. Bagi saya itu hanyalah lirik, seserhana itu. Jadi, bagi orang merasa semacam itu. Saya tak tahu, jadi itu salah saya. Kini saya akan kembali memberikan pengaruh pada kehidupan orang dengan cara positif. Semoga kalian melakukan hal yang sama. Damai dan cinta untuk semua orang,” tulis Jay Park.

Jay Park menanggapi beberapa tweet, dan membalas salah satunya dengan mengatakan: “Tidak semua orang bisa tahu segalanya dan jika kesalahpahaman membuatmu membenciku, silakan. Hal terbaik yang bisa saya lakukan adalah meminta maaf kepada mereka yang saya sakiti dan terus maju.”

Terbaru, diketahui Jay telah menghapus penjelasannya tersebut. Ia memperbarui permintaan maafnya dengan menulis, “Saya dengan tulus meminta maaf”. Tweet tersebut juga disertai dengan beberapa catatan.

Lihat Juga: Mnet Umumkan Line Up Mentor High School Rapper 4

“Dalam lagu yang berjudul ‘Mukbang’ remix. Saya memakai kalimat ‘sembah aku seperti Allah’ yang membuat banyak pihak tersinggung. Pada mulanya saya tak melihat permasalahannya, namun saat saat membaca komentar (bukan yang dipenuhi kebencian, tapi yang betul-betul berusaha mendidi kenapa itu ofensif). Saya melihat saya memakai sebuah kata dimana sejumlah orang rela mati demi itu dan itu bukanlah tempat saya untuk memakai sesuatu benar-benar berarti bagi orang-orang Muslim dalam lirik rap saya dengan bebas. Saya minta maaf kepada seluruh penggemar Muslim saya. Maksudnya bukan tak pernah tak menghormati ataupun menyinggung perasaan dan saya akan lebih hati-hati ke depan. Saya mencintai dan menghormati seluruh orang dari seluruh budaya, etnis, serta agama yang berbeda. Cinta dan perdamaian,” terang Jay Park.

To Top