Entertainment

Profil Duo Fujiko Fujio, Kreator Doraemon yang Meninggal Dunia

Profil Duo Fujiko Fujio, Kreator Doraemon yang Meninggal Dunia

Dunia anime dan manga tengah berduka. Kamis (7/4/2022), Kreator Doraemon Fujiko A Fujio alias Motoo Abiko dikabarkan wafat pada usia 88 tahun.

Sebelumnya, Fujiko F Fujio atau Hiroshi Fujimo meninggal pada tahun 1996 pada usia 62 tahun karena sakit gagal hati. Saat meninggal dunia, ia meninggalkan istri dan tiga orang putri.

Sementara Motoo Abiko diketahui tutup usia di rumahnya yang terletak di dekat Tokyo. Sebelumnya dia sempat tak sadarkan diri sebelum akhirnya dinyatakan meninggal oleh polisi yang mendatangi kediamannya.

Lihat Juga: Samehadaku – Situs Download Anime Lengkap dan Gratis

Sayangnya belum diketahui dimana dan kapan jenazah Fujiko A Fujio alias Motoo Abiko akan dimakamkan.

Persahabatan Duo Fujiko Fujio

Mengutip IMDB, persahabatan antara Fujiko A Fujio dan Fujiko F Fujio diketahui sudah terjalin sejak keduanya duduk di sekolah dasar. Saat itu, Fujiko F Fujio mengaku mengagumi gaya penulisan cerita dari temannya itu.

Mereka akhirnya bersahabat dan mempunyai hobi sama, yakni menggambar komik. Persahabatan dan karir keduanya terus berlanjut hingga puluhan tahun kemudian.

Dikutip dari Japan News, duo Fujiko Fujio memulai debut profesional mereka pada 1951. Keduanya sempat berkolaborasi dalam komik berjudul Tenshi no Tamachan, sebelum akhirnya memutuskan pindah ke Tokyo untuk menitih karir mereka.

Pada 1964, dia dan Fujimoto memulai serialisasi “Obake no Q-Taro” di majalah Shonen Sunday dengan nama pena bersama Fujiko Fujio. Manga jadi hit besar sebab menggabungkan fantasi dan humor yang membuatnya sangat terkenal.

Kedua komikus itu sudah membuat banyak karya yang populer di eranya. Bahkan hingga saat ini semua komik yang sudah dibuat duo Fujiko Fujio ini masih dikenang oleh sebagian penggemar manga.

Beberapa karya mereka yang paling populer ialah Doraemon dan Ninja Hatori. Bahkan karya Fujiko A Fujio yang berjudul The Laughing Salesman dan Kaibutsu-kun meraih banyak penghargaan.

Keduanya lalu sepakat untuk membagi karya dalam dua genre. Fujimoto fokus pada manga untuk anak-anak, sementara Abiko membuat karya yang lebih luas, mulai manga anak-anak, horor hingga untuk pembaca dewasa.

Lihat Juga: Kentaro Miura, Pengarang Manga Berserk Meninggal Dunia

Namun duo Fujiko Fujio menyatakan bubar pada akhir 1980-an. Abiko kemudian memilih nama Fujiko Fujio A. Pada 2005, karyanya mendapat penghargaan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Asosiasi Kartunis Jepang.

Kini duo Fujiko Fujio telah tiada. Hanya karya mereka yang dapat dikenang oleh para penggemar manga dan anime di seluruh dunia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top