Entertainment

Profil Matt Smith, Pemeran Daemon Targaryen yang Pernah Jadi Atlet Sepak Bola

matt daemon_daemon targaryen

Matt Smith adalah aktor Inggris yang belakangan sedang naik pamor karena penampilannya dalam “House of the Dragon” (HOTD) sebagai Daemon Targaryen. Telah memasuki pekan ketujuh dari serial HBO tersebut, Matt Smith telah mencuri hati penonton baik ketika sedang membuat ulah dan kekacauan, maupun menjadi sosok suami dan ayah yang baik. Bukan peran biasa, Matt Smith memerankan karakter Targaryen favorit dari sang penulis novel sendiri, George R.R. Martin. Dengan meng-cast aktor satu ini, creator HOTD tampaknya juga berhasil membuat Daemon Targaryen menjadi karakter favorit penonton sejauh ini. 

Naik pamor dan memiliki kesempatan akting yang lebih luas selalu menyertai aktor-aktor “Game of Thrones”. Karir akting Matt Smith pun tampaknya akan semakin menanjak berkat serial fantasi satu ini. Namun, sebelum HOTD, aktor yang akan menginjak usia 40 tahun pda 28 Oktober mendatang ini sebetulnya sudah memiliki nama di dunia akting internasional. Buat kalian yang ingin lebih kenal dengan idola baru ini, berikut profil dan perjalanan karir Matt Smith yang ternyata sebelumnya tidak bercita-cita sebagai aktor. 

Ingin jadi Atlet Sepak Bola Liga Inggris, Malah Terkenal sebagai Aktor

Memiliki kakek atlet sepak bola, Matt Smith juga memiliki cita-cita untuk berkarir di lapangan hijau. Sejak usia belasan tahun, Ia telah bermain untuk tim muda di Northampton dan Nottingham Forest. Ia bahkan sempat tandangan kontrak sebagai atlet untuk tim Leicester City. Namun, mimpinya sebagai atlet sepak ola harus berakhir ketika Ia mengalami cedera punggung serius, spondilosis serviks. Titik tersebut diakui sebagai masa terberat dalam hidup Matt Smith. Karena Ia selalu percaya bahwa menjadi atlet sepak bola adalah profesi yang akan menjadi hidupnya. Semuat teman dan saudara tahu bahwa Ia adalah pemain bola, Ia tak sanggup untuk mengungkapkan bahwa karir bolanya telah berakhir pada saat itu. 

Tak hanya memiliki keluarga dengan profesi atlet, Matt Smith juga memiliki saudara-saudara yang berkarir sebagai seniman. Beralih ke dunia akting merupakan dorongan dari sepupunya, Leigh Killick. Awalnya Smith tak yakin karena hidup sebagai aktor bisa saja mengancam kehidupan pribadi dan sosialny. Setelah menolak datang ke berbagai kesempatan pertunjukan dan festival untuk berakting, akhirnya Ia terbujuk juga untuk mulai mencoba akting. 

Matt Smith pun kuliah jurusan Acting and Creative Writting di Univesity of East Anglia, kemudian lulus pada 2005. Ia juga bergabung dengan National Youth Theatre, dimana Ia bermain dalam beberapa pertunjukan yang membuatnya bertemu dengan agensi akting dan mendapatkan pekerjaan profesional pertamanya, “Fresh Kills” dan “On the Shore of the Wide World”. Tak hanya menjadi batu lompatan untuk karir profesionalnya, kesempatan tersebut membuatnya mencapai kesempatan dengan universitasnya agar bisa lulus tanpa harus mengikutu kelas pada semester terakhir. 

Dari mimpi menjadi pemain sepak bola, jalan Matt Smith tampaknya lebih lancar ketika mengejar mimpi berikutnya, yaitu menjadi aktor profesional. 

Terkenal Memalui Serial Inggris “Doctor Who”, Pernah Audisi untuk Serial “Sherlock”

matt smith_doctor who
Matt Smith (Doctor Who)

Pada awal karirnya, Matt Smith sudah banyak mendapat job akting di BBC. Namun, momen breakthrough pertamanya sebagai aktor adalah ketika bermain sebaga The Doctor dalam serial fantasi fiksi ilmiah populer Inggris, “Doctor Who” pada 2009. Ia menggantikan aktor David Tennant yang juga terkenal melalui serial ini, namun memutuskan untuk berperan sebagai The Doctor pada 2008. Akhirnya Smith debut sebagai The Doctor pada 2010.

The Doctor merupakan salah karakter fiksi eksenstrik, dimana aktor harus bisa tampil sebagai orang dengan vibe oldschool namun juga unik dengan sisi mudanya. Matt Smith ternyata telah memiliki kharisma sebagai aktor untuk memainkan karakter kuat sejak serial ini. 

Sebelumnya Matt Smith juga melakukan audisi untuk serial Inggris yang tak kalah populer, “Sherlock” oleh Steven Moffat. Ia melakukan audisi untuk mendapatkan peran sebagai John Watson yang kita ketahui telah jatuh pada aktor Martin Freeman. Menurut Moffat, Matt Smith memiliki vibe eksentrik dan lebih cocok untuk bermain sebagai Sherlock Holmes. Namun saat itu peran tersebut sudah ditentukan jatuh pada Benedict Cumberbatch. 

Sepertinya memang sudah takdir masing-masing. Kita semua juga tahu bahawa Benedict Cumberbatch sukses melalui “Sherlock”, sementara Matt Smith sukses juga melalui “Doctor Who”. 

Kembali Populer sebagai Pangeran Philip dalam Serial “The Crown” 

matt smith_the crown
Matt Smith (The Crown Season 1)

Matt Smith kembali menarik perhatian publik ketika bermain sebagai Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II dalam salah satu serial Original Netflix terbaik saat ini, “The Crown”. Ia beradu akting dengan Claire Foy, keduanya mengemban tugas sebagai Phlip dan Lilibet pada awal pertunangan dan pernikahan mereka. Pangeran Philip terkenal sebagai salah satu anggota kerajaan Inggris dengan selera humor yang sarkas dan kepribadiannya yang kuat. Meski sebagai pendamping Ratu Inggris, Ia memiliki prinsip dan harga diri yang tinggi, namun juga menjadi figur ayah yang memprioritaskan keluarga. 

Matt Smith berhasil mempresentasikan Pangeran Philip muda yang nampak eksentrik dengan prinsip-prinsipnya sendiri. Dalam sebuah wawancara, Smith mengungkapkan bahwa Ia sempat bertemu dengan Pangeran Harry, cucu dari Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip, dalam acara pertandingan Polo. Ia mengungkapkan bahwa Harry mendatanginya, berjabat tangan, kemudian memanggilnya ‘kakek’. Meski Smith sendiri tidak bisa yakin apa Pangeran Harry benar-benar menonton serial yang tayang di Netflix tersebut. 

Matt Smith bermain sebagai Pangeran Philip dalam “The Crown” untuk season perdana dan season kedua. Dimana cerita cukup fokus pada masa awal pernikahan ratu Elizabeth dan bagaimana posisinya mempengaruhi hubungannya dengan suaminya, Pangeran Philip. Baik Matt Smith dan Claire Foy memberikan penampilan akting terbaik dan menjadi pondasi kesuksesan dari serial yang akan segera merilis season kelimanya. Bahkan setelah masanya berakhir di “The Crown”, karir Matt Smith semakin menanjak hingga saat ini. 

Sederet Film Layar Lebar Matt Smith

matt smith_last night in soho
Matt Smith (Last Night in Soho)

Banyak aktor Inggris yang karir aktingnya menanjak sejak beberapa penampilan di serial televisi. Setelah sukses sebagai aktor dalam serial, besar kemungkinan mereka mendapatkan peran besar di layar lebar. Matt Smith termasuk salah satu aktor dengan karisma dan vibe karakter yang kuat. Meski karirnya di layar lebar belum terlalu bersinar seperti karirnya di skena serial televisi. Film terbaru populer yang pernah dimainkan oleh Matt Smith adalah “Morbius”. Sayangnya, film MCU satu ini merupakan salah satu yang terburuk dan berakhir sebagai lelucon di media dan dunia maya. 

“Last Night in Soho” bisa jadi film berkualitas pertama dimana Matt Smith mendapatkan peran yang cukup besar. Ia beradu akting dengan aktris Anya Taylor-Joy, dimana ia berperan sebagai Jack. Dalam film psychological drama ini, Matt Smith berhasil menjadi sosok karakter memikat sekaligus memberikan kejutan pada perkembangan plot.

Itu tadi profil Matt Smith dan berjalanan karirnya yang menarik. Mulai dari pemain bola, aktor teater, hingga kini menjadi salah satu aktor populer di skena mainstream. Makin tidak sabar menanti peran-peran besar yang akan didapatkan oleg Matt Smith setelah “House of the Dragon”.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top