Entertainment

Jadi Salah Satu Girlband Terkenal, Inilah Profil Member dan Album Red Velvet

red velvet

This post is also available in: English

Red Velvet merupakan grup musik asal Korea Selatan yang dibentuk oleh label S.M. Entertainment pada tahun 2014. Kelompok yang menggabungkan performance berupa lagu dan koreografi ini memulai karirnya pada tanggal 1 Agustus 2014.

Single pertama yang diluncurkannya adalah Happiness yang kemudian disusul dengan single kedua berjudul Be Natural. Kelompok girl band ini terdiri dari empat orang personil wanita yakni Irene, Seulgi, Wendy dan Joy. Lalu di tahun 2015 grup ini menambahkan satu lagi anggotanya yang bernama Yeri.

Profil Member Red Velvet

Red Velvet
Masing-masing Member Red Velvet Memiliki Karakter Unik yang Disukai Para Fans

Berjalan dengan lima anggota member, Red Velvet memiliki daftar profil dari masing-masing anggota sebagai berikut.

1. Irene Red Velvet

Irene memiliki nama asli Bae Joohyun dan lahir di Daegu, Korea Selatan pada tanggal 29 Maret 1991. Sebelum memulai karier sebagai anggota girl band, ia aktif untuk tampil pada beberapa video musik dari artis-artis S.M. Entertainment. Diantara beberapa video musik yang di isinya adalah 1-4-3 (I Love You) oleh Henry Lau dan At Gwanghwamun oleh Kyuhyun.

Irene juga berperan sebagai presenter di sebuah acara musik yaitu Music Bank dengan seorang partner bernama Park Bo-gum pada tanggal 1 Mei 2015 hingga Juni 2016. Kemudian pada Agustus 2016 ia memulai karir di dunia akting dengan web drama berjudul The Female Employees of a Game Company. Ia menjadi pemeran utama yang bernama Ahruem. Tak hanya itu, pada 14 Oktober 2016 ia juga membawakan sebuah acara bernama Laundry Day.

2. Seulgi

Seulgi memiliki nama lengkap Kang Seulgi dan lahir pada tanggal 10 Februari 1994 di Ansan, Gyeonggi, Korea Selatan. Sebelum berkarir sebagai personil girlband, ia sempat tampil pada video musik yang dibawakan oleh Henry Lau berjudul Fantastic. Sementara itu dia juga pernah bernyanyi pada lagu Butterfly dari Album Fantastic.

Kemudian pada Januari 2015 ia juga membintangi acara musikal School Oz dari label yang membesarkan namanya sekarang dengan perannya sebagai tokoh utama bernama Dorothy. Tercatat pada bulan Juni 2016, Seulgi menyanyikan sebuah lagu berjudul Don’t Push Me bersama Wendy untuk drama Uncontrollably Fond. Sementara di bulan Maret 2017 ia kembali lagi bersama Wendy untuk mengisi lagu I Can Only See You untuk sebuah drama The Poet Warrior Youth.

3. Wendy Red Velvet

Wendy atau yang terlahir dengan nama Son Seungwan ini lahir pada tanggal 21 Februari 1994 di Seoul, Korea Selatan. Ia memiliki nama lain dalam bahasa inggris yakni Wendy Shon. Perjalanan Wendy dalam dunia hiburan dimulai dari keaktifannya untuk mengikuti audisi hingga lolos menjadi finalis pada acara Koreaboo: Cube Entertainment Global Audition 2011. Dirinya direkrut oleh S.M. Entertainment setelah berhasil tampil pada S.M. Global Audition di Kanada.

Kemudian Wendy juga mengisi lagu untuk drama Mimi yang berjudul Because I Love You pada tanggal 14 Maret 2014. Selain itu ia juga sempat berkolaborasi dengan rapper Yuk Ji-dam pada lagu Return. Lagu Let You Know pada drama JTBC, D-Day juga merupakan lagu hasil pembawaannya yang berhasil dirilis.

Pada tanggal 4 Maret 2016 lagu lain yang dirilisnya adalah Spring Love yang merupakan hasil kolaborasi dengan Eric Nam. Setelah itu pada bulan Juli 2016 ia kembali menyanyikan sebuah lagu berjudul Don’t Push Me bersama Seulgi.

4. Joy Red Velvet

Joy memiliki nama lengkap Park Sooyoung lahir pada tanggal 3 September 1996 di Seoul, Korea Selatan.

5. Yeri Red Velvet

Yeri atau yang memiliki nama asli Kim Yerim ini lahir di Seoul, Korea Selatan pada tanggal 5 Maret 1999. Kemudian direkrut oleh S.M. Entertainment pada tahun 2011 dan memperkenalkannya sebagai anggota Red Velvet pada tanggal 14 November 2015.

Single dan Album Red Velvet

Red Velvet
Berbagai Album Red Velvet yang Mendulang Penghargaan

Adapun beberapa single yang telah diluncurkan oleh grup musik ini diantaranya sebagai berikut.

1. Happiness dan Be Natural 2014

Pada tahun 2014 mereka merilis dua single perdana berjudul Happiness dan Be Natural.

2. Album Ice Cream Cake 2015

Setelah itu di tahun berikutnya, mereka berhasil merilis album berjudul Ice Cream Cake yang berisi dua buah lagu. Diantara lagu-lagu tersebut adalah Automatic dan  Ice Cream Cake.

3. Dumb Dumb 2015

Masih di tahun 2015, mereka kembali merilis sebuah single untuk album The Red dengan judul Dumb Dumb.

4. Wish Tree 2015

Adapun Wish Tree adalah sebuah single dari album Winter Garden yang juga telah diluncurkan pada tahun 2015.

5. One of These Night 2016

Merupakan sebuah single untuk album The Velvet yang meluncur ke publik pada tahun 2016.

6. Russian Roulette 2016

Russian Roulette menjadi sebuah lagu yang dibawakannya pertama kali ke khalayak pada tahun 2016.

7. Rookie, Would You, Red Flavor, Rebirth dan Peek a Boo 2017

Kelima lagu tersebut menjadi single yang dibawakannya pada tahun 2017.

8. Bad Boy, Cookie Jar, Power Up dan RBB (Really Bad Boy) 2018

Kemudian disusul oleh tiga lagu yang dirilis pada 2018 yaitu Bad Boy, Cookie Jar, Power Up dan RBB (Really Bad Boy) 2018.

Penghargaan Red Velvet

Red Velvet
Red Velvet yang Menyabet Banyak Penghargaan

Selama perjalanan karir Red Velvet berhasil menyabet beberapa penghargaan dengan total 47 penghargaan dimenangkan dan 146 menduduki nominasi. Diantara beberapa penghargaannya adalah Penghargaan Musik Seoul Piala Bonsang, Golden Disk Award Song Division, Mnet Asian Music Award Untuk Grup Musik Wanita Terbaik dan masih banyak lagi.

To Top