Entertainment

Jadi Boyband Kaya Prestasi, Inilah Profil Member dan Penghargaan iKon

iKon

iKon merupakan sebuah grup musik dan koreografi asal Korea Selatan dengan enam orang anggotanya. Grup idola ini dibentuk pada tahun 2015 oleh YG Entertainment dengan jumlah anggota awal yaitu tujuh orang dan mulai diperkenalkan pada acara realitas WIN: Who Is Next sebagai Tim B.

Kemudian tim ini muncul pada acara realitas survival dengan judul Mix & Match hingga menjadikan formasinya terdiri atas B.I, Jay, Bobby, Ju-ne, Song, DK dan Chan. iKon hadir dengan mengusung genre Kpop Hip Hop

Profil Member iKon

Adapun masing-masing profil dari grup musik ini adalah sebagai berikut.

1.     Jinhwan atau Jay

Jay atau yang memiliki nama asli Kim Jinhwan ini lahir pada 7 Februari 1994 dan sudah dikenal sebagai Tim B pada Mnet Who Is Next sejak tahun 2013. Selain Kpop Hip Hop ia juga memiliki aliran genre R&B.

Sebelumnya ia sudah bergabung sebagai trainee di YG Entertainment pada Januari 201 bersama rekan lainnya yaitu Bobby dan B.I. Jay memulai debutnya bersama grup idola ini sejak 1 Oktober 2015 dan aktif sebagai anggota tetap dari acara Mari and I di saluran JTBC.

2.     Yunhyeong

Penyanyi dengan nama asli Song Yun Hyeong merupakan salah satu anggota yang lahir pada 8 Februari 1995 di Korea Selatan. Seperti Jay, ia juga merupakan member asuhan YG Entertainment yang dikenal sebagai Tim B dalam program Mnet WIN 2013.

iKon
Foto Bersama Para Member iKon

Selain berperan sebagai penyanyi dalam kelompok musik, Yunhyeong juga merupakan seorang model. Sebelum debut resminya, Song Yun Hyeong juga tampil di program Mix & Match bersama dengan anggota lainnya.

3.     Bobby iKon

Bobby memiliki nama asli Kim Ji-won yang lahir pada tanggal 21 Desember 1995 di Seoul, Korea Selatan dan memiliki keahlian sebagai rapper. Sebelum memulai debutnya, Bobby telah mencapai prestasi sebagai juara pertama pada serial kompetisi rap Mnet Show Me The Money pada musim ketiga.

Seperti dua rekan lainnya, ia juga mengikuti program realitas Mnet WIN pada tahun 2013 dan 2014. Dalam riwayatnya ia juga pernah tinggal di Virginia, Amerika Serikat. Pada program WIN Tim B, Bobby sempat kalah untuk masuk dalam grup Winner. Setelah itu ia tampil dalam cameo di video musik Ringa Linga. Ia juga menulis lirik untuk single utama Empty untuk album debut Winner pada tahun 2014.

4.     Jun-hoe

Koo Jun-hoe lahir pada 31 Maret 1997 dan dikenal sebagai Ju-ne. Ia merupakan penyanyi asal Korea Selatan yang juga dikenal pada Tim B program WIN asuhan YG Entertainment pada 2013 lalu. Ju-ne pertama kali muncul dimuka publik pada saat usianya masih 13 tahun dalam acara varietas SBS STAR KING dengan penampilan tari ala Michael Jackson. Ia juga pernah tampil pada acara pencarian bakat K-pop Star 1 pada tahun 2011.

Kemudian ia melanjutkan sebagai trainee pada label yang membesarkan namanya pada April 2012 pada formasi Tim B dan resmi memulai debut sebagai member iKon pada 1 Oktober 2015.

5.     Donghyuk

Donghyuk lahir pada 3 Januari 1997 dan memiliki nama asli Kim Donghyuk atau yang biasa tampil dengan nama panggung DK. Sebelum debutnya pada grup idol pria Korea Selatan ini, ia sempat menerima berbagai tawaran dari agensi ternama karena prestasinya sebagai pemenang audisi pencarian bakat oleh JYP Entertainment pada Maret 2012.

iKon
Member iKon yang Memiliki Karisma

Meski beberapa label ternama memberinya penawaran kontrak, namun ia lebih memilih bergabung dengan YG Entertainment pada November 2012. Ia memiliki keahlian vokal yang sangat baik dan mahir dalam memainkan alat musik bahkan ia juga memiliki skill sebagai seorang leader.

6.     Chan

Chan merupakan nama panggung untuk Jung Chan-woo yang lahir pada 26 Januari 1998 di Korea Selatan. Selain sebagai penyanyi ia juga merupakan seorang model dan aktor film yang cukup terkenal. Sebelum masuk sebagai figur asuhan YG Entertainment ia juga pernah masuk dalam label Kids Planet Entertainment dan Fantagio.

Pada tahun 2006 ia tampil dalam sebuah video musik TVXQ yang berjudul Balloons sebagai Changmin kecil. Ia juga menjadi aktor cilik di tahun 2008 – 2013 dalam film dan drama. Kemudian di tahun 2014 ia mengikuti Mix & Match dan masuk sebagai anggota iKon

Album iKon

Pada tahun pertama setelah menggabungkan semua anggota menjadi satu grup musik, mereka merilis album berjudul Welcome Back dan berhasil menduduki posisi teratas pada Gaon Album Chart.

Adapun single-single yang dibawakannya adalah My Type, Apology, Dumb & Dumber dan tiga single lainnya yang sempat berada pada posisi 10 teratas. Diantaranya adalah Rhythm Ta, Airplan dan Antem. Album ini sukses menembus penjualan hingga 260.000 copy di Asia dan lagunya sendiri terjual hingga 4,8 juta copy.

Penghargaan yang Diraih iKon

Dalam perjalanannya bermusik di dunia hiburan, grup musik ini telah berhasil meraih berbagai penghargaan dan nominasi. Total penghargaan yang telah dicapai adalah 12 penghargaan dan 23 nominasi.

iKon
iKon Tetap Down to earth Meski Banjir Penghargaan

Diantaranya untuk lagu My Type yang memenangkan penghargaan sebagai Song of The Month pada 2015, New Artist of The Year pada tahun 2015, Best New Artist 2015, Best New Male Artist 2015, New Artist Award 2015, Best Group 2015 dan masih banyak lagi yang lainnya. Meski terbilang cukup baru, namun iKon telah banyak membuat pengagumnya terkesan dengan prestasi dan performance yang luar biasa.

Berita Terkini

To Top