Entertainment

Raih Certified All-Kill di Awal Tahun 2021, Inilah Fakta Lagu Celebrity IU

Certified All-Kill di Awal Tahun 2021, Inilah Fakta Lagu Celebrity IU

This post is also available in: English

IU merilis lagu terbaru berjudul “Celebrity” pada 27 Januari 2021 pukul 18.00 KST. Kurang dari 24 jam setelah dirilis, lagu tersebut berhasil menempati perengkat pertama di beberapa chart musik, seperti Genie, FLO, Bugs, iChart, Melon dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, “Celebrity” menjadi lagu pertama yang mendapatkan predikat certified all-kill di tahun 2021. Tentu saja, hal ini merupakan pencapaian luar biasa bagi IU.

Sebelumnya, single “Eight” juga pendapatkan predikat certified all-kill. Lagu yang dibawakan bersama dengan Suga BTS tersebut memegang roof-hit terbanyak sepanjang sejarah di platform Melon.

Baca Juga : Bikin Meleleh! Ini Foto Si Cantik IU di Event GDA

Karya terbaru ini, berhasil melampaui lagu-lagu terdahulu. Dibalik kesuksesan tidak terduga, berikut fakta-fakta “Celebrity” yang tidak banyak diketahui.

“Celebrity” Merupakan Lagu Praliris untuk Full Album Ke-5

Celebrity IU

Modal suara dan visual saja tidak cukup bagi seorang musisi, musikalitas juga harus diutamakan. Begitu pula dengan IU yang selalu totalitas dalam melahirkan suatu karya. Hampir semua lagu-lagunya disambut dengan baik oleh masyarakat. Tidak mengherankan, butuh waktu lama untuk mempersiapkan full album terbaru agar hasilnya maksimal.

Seperti yang diketahui, pemilik nama asli Lee Ji Eun ini terakhir mengeluarkan full album bertajuk “Palette” pada tahun 2017. Album tersebut mendapatkan respon sangat baik, apalagai melibatkan beberapa musisi kenamaan Korea Selatan, salah satunya G-Dragon.

Bukan hanya itu, full album IU selalu laris manis dipasaran, seperti “Growing Up” (2009), “Last Fantasy” (2011), dan “Modern Times” (2013). Hingga saat ini, lagu dalam album-album tersebut masih banyak didengar oleh para penggemar.

Akhirnya, IU kembali dengan full album ke-5 di awal tahun 2021 ini. Meskipun sebagai single praliris, “Celebrity” banyak diminati oleh penikmat musik. Hanya berselang beberapa jam setelah dirilis, lagu ini menunjukkan permofa luar biasa. Bahkan menempati posisi teratas real-time di sejumlah chat musik Korea Selatan.

Lirik Lagu  “Celebrity” Terinspirasi dari Teman Dekat IU

Lirik Lagu Celebrity

Lagu “Celebrity” menyiratkan cerita dengan sudut pandang sangat menarik. IU mengungkap, bahwa karya ini tersinspirasi dari salah satu sahabatnya yang memiliki kepribadian unik. Memiliki selera fashion berbeda, namun di satu sisi ia pemalu. Seperti itulah penggambarannya.

Meskipun tidak disebut secara gamblang, banyak yang berspekulasi teman yang dimaksud adalah mendiang Choi Jin Ri atau Sulli. Pasalnya, mantan member F(X) tersebut dikenal sebagai idol yang ingin mendobrak stereotip perempuan Korea Selatan di mata masyarakat.

Namun keberanian Sulli yang sangat vokal terhadap pemberdayaan perempuan justru dianggap aneh. Ia mendorong masyarakat untuk mengutamakan kenyamanan saat berpakaian dan bersikap jujur pada diri sendiri. Hal inilah yang membuat dirinya menerima komentar negatif dari warganet.

“Celebrity” memingatkan semua orang pada mendiang Sulli, namun sekali lagi ini hanya spekulasi dari pendengar. Lirik lagu ini memang ditulis sendiri oleh IU, kemudian disusun kembali bersama Ryan S. Jhun, Jeppe London Bilsby, Lauritz Emil Christiansen, Chloe Latimer, dan Celine Svanback.

Melalui lagu ini, IU ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa seseoramg dengan kepribadian seperti ini bukanlah “terlahir dari bintang” (sebutan untuk seseorang dengan karakteristik yang aneh), namun merekalah wujud dari bintang itu sendiri.

Video Musik “Celebrity” Menampilkan Konsep Sinematik dan Artistik

Video Musik “Celebrity”

Teaser untuk video musik “Celebrity” dirilis pada 25 Januari 2021 melalui kanal Youtube 1theK. Di dalam video berdurasi 22 detik tersebut, IU terlihat sangat cantik dengan konsep sinematik dan artistik.

Dua hari kemudian, tepatnya pada 27 Januari 2021, video musik “Celebrity” keluar secara penuh menjelang peluncuran full album ke-5. Seperti judulnya, di dalam klip tersebut IU tampil layaknya selebriti yang terlihat gemerlap dan meriah.

Menggunakan pakaian mewah, IU dikejar oleh para paparazi. Lalu, ia bertemu sosoknya yang lain dengan tampilan lebih sederhana.

Video musik tersebut seolah menggambarkan seorang publik figur yang ingin hidup bebas seperti orang biasa pada umumnya. Pasalnya, dimanapun seorang selebriti memang selalu menjadi incaran paparazi, bahkan sampai kehidupan pribadinya sekalipun.

Mengusung Genre Musik yang Belum Pernah Dicoba Sebelumnya

Video Musik “Celebrity” UI

Sebelum “Celebrity” resmi dirilis, EDAM Entertainment mengungkap bahwa lagu terbaru ini mengusung genre musik yang belum pernah dicoba sebelumnya, yaitu electronic pop. Menghasilkan nada yang semangat dan dan menyenangkan.

Hingga saat ini, video musik yang dirilis oleh kanal Youtube 1theK sudah dilihat lebih dari 22 juta kali dan mendapat like 1,6 juta. Angka tersebut dapat dipastikan akan terus mengalami perubahan. Lagu terbaru ini memang easy listening dan tidak membosankan walaupun diputar berulang-ulang.

Terbukti, IU tidak pernah gagal dalam mencoba hal baru. Pasalnya, ia dikenal sebagai pelantun lagu-lagu K-Pop ballad. Kenyataannya, electronic pop pada “Celebrity” berhasil dibawakan dengan sempurna.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top