Entertainment

Reza Rahadian, Aktor Nomor 1 Indonesia yang Jadi Inspirasi di Tengah Pandemi

Reza Rahadian

Reza Rahadian merupakan seorang aktor nomor 1 di Indonesia yang kini sedang hangat di perbincangkan karena foto taarufnya belakangan ini. Pria yang berperan sebagai sosok Habibie ini memiliki nama asli Reza Rahadian Matulessy. Reza lahir di Bogor pada tanggal 5 Maret 1987 dan kini telah berusia 33 tahun.

Orang tuanya yang bernama Rahim (Ayah) dan Pratiwi Widantini Matulessy (Ibu) telah berpisah sejak Reza berusia 6 bulan. Bersama sang ibu dan neneknya Reza menghabiskan masa kecilnya di Gadog, Bogor lebih tepatnya di rumah sang nenek. Kemudian di usia remaja ia mulai mengawali karirnya.

Perjalanan Karir Dimulai Dari Modelling

Reza mulai dikenal oleh banyak orang berawal menjadi seorang model yang meraih juara Favorite Top Guest di majalah bergengsi Aneka Yess!. Meskipun tidak pernah menjadi model profesional tetapi ia beranggapan dunia model adalah cikal bakal Reza menjadi aktor terkenal.

Reza Rahadian
Reza Rahadian, Aktor Indonesia yang Serba Bisa

Berawal dari sinetron produksi Rapi Films yang berjudul “Culunnya Pacarku” tahun 2005 akting Reza mulai dilirik dan mendapat beberapa tawaran. Film layar lebar pertama bergenre horor-komedi sukses ia perankan. Kemudian ia di debut oleh sutradara kondang Hanung Bramantyo untuk menjadi peran utama  di film “Perempuan Berkalung Sorban”.

Meskipun awalnya film tersebut banyak dikritik oleh beberapa kalangan, tetapi dari situlah nama Reza melambung dan berhasil meraih Piala Citra 2009. Kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik yang ia dapatkan mendongkrak kepopulerannya dan mendapat tawaran 4 film saat itu.

Seiring dengan namanya yang semakin terkenal, Reza sering kali berakting dengan karakter peran yang tidak terduga. Bahkan ia disebut sebagai aktor yang multi peran Indonesia, artinya dapat memainkan berbagai karakter di genre film berbeda-beda.

Kesuksesan Reza dalam dunia seni peran sudah tidak diragukan lagi. Reza sering kali mendapatkan penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik. Namanya yang kian meroket sebagai aktor nomor 1 di Indonesia ia juga sering menjadi bintang iklan di televisi. Selain itu ia juga pernah mencoba di dunia tarik suara bersama Acha Septriasa dengan judul lagu “Broken Hearts”

Sampai saat ini Reza telah meramaikan dunia perfilman lebih dari 50 judul film dengan berbeda-beda karakter.

Reza Rahadian Ditinggal Sang Ayah Sejak Bayi

Secara terang Reza mengaku kepada publik tidak pernah mengenal figur ayah dari kecil bahkan dalam bentuk foto sekalipun. Perceraian ayah dan ibunya sejak Reza berumur 6 bulan saat itu membuatnya tidak merindukan sang ayah. Selama ini ia lebih banyak bercerita tentang ibunya dibanding ayahnya.

Menurut Reza sang ibu Pratiwi Widantini Matulessy adalah seorang ibu sekaligus berperan sebagai ayah dalam kehidupannya. Reza mengakui ketika melihat sepupunya bermain dengan ayahnya, ia baru tahu bedanya jika ada figur ayah dalam kehidupan.

Reza Rahadian
Reza Rahadian Dalam Ketegaran Hidup yang Menginspirasi

Diketahui sampai saat ini ia memang belum ingin bertemu dengan ayahnya. Bahkan Reza tidak mengetahui keberadaan dan keadaan sang ayah seperti apa. Meskipun dirinya sudah dikenal banyak orang, ia mengaku tidak pernah ada yang memberitahu sosok ayah dari pihak keluarga. Jika suatu saat ia dipertemukan dengan sang ayah, Reza akan menyambut dan tidak akan menarik diri.

Berkat didikan yang diajarkan sang ibu Reza tidak pernah mempunyai rasa benci, dendam dan sudah sangat ikhlas melewati hari-hanya tanpa ayah.

Reza Rahadian Menjadi Mualaf di Usia Remaja

Pengakuan mengenai kehidupan pribadi soal keyakinannya ia ungkapkan di acara Good Friend yang di pandu oleh Alvin Adam sebagai pembawa acara. Reza menyebut bahwa sang ibu dan adiknya adalah seorang nasrani sedangkan ia seorang muslim. Meskipun demikian sang ibu sangat terbuka dan toleran terhadap segala hal termasuk pilihan keyakinan.

Keputusannya menjadi seorang mualaf di usia 19 tahun semata-mata bukan karena ada anggota keluarganya yang seorang muslim. Reza mengaku saat itu menemukan agama islam adalah agama yang ia yakini dan sangat dipercaya. Pernyataan tersebut tidak membuat sang ibu kecewa melainkan terbuka dan mendukung atas pilihannya.

Pesan dari ibunya kala itu adalah jika memang Reza sudah percaya akan agama islam, jalani dengan baik dan menjadi seperti halnya orang islam lakukan.

Sejak saat itu Reza merasa sangat bersyukur meskipun memiliki keluarga yang beragama Nasrani tetapi tetap harmonis dan sangat toleran. Hal tersebut terlihat dari keharmonisannya saat merayakan hari besar dalam agama masing-masing. Reza menceritakan jika momen lebaran sang ibu dan keluarga datang ke rumahnya untuk merayakan dan maaf-maafan.

Berada di tengah keluarga yang menjunjung nilai toleransi Reza tidak pernah mendapat hambatan dalam mengerjakan ibadah. Saat bulan puasa ia tetap menjalankan puasa seperti orang islam pada umumnya. Bahkan tak jarang sang ibu yang memasak menu untuk berbuka puasa dan sahur seorang aktor nomor 1 di Indonesia.

Reza Rahadian Mengajak Masyarakat Untuk Berkarya di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 mengakibatkan beberapa pekerjaannya terhenti dan ia mengaku tidak bisa menunggu terlalu lama untuk kembali berkarya. Menurutnya ini adalah waktu yang tepat untuk bangkit dan beradaptasi dengan kondisi yang baru. Baru-baru ini dikabarkan ia telah meluncurkan serial web berjudul “Sementara Selamanya”.

Reza Rahadian
Reza Rahadian Tetap Berkarya di Tengah Pandemi

Reza menjadi sutradara untuk pertama kalinya dalam serial web tersebut. Menggunakan peralatan yang sederhana untuk menghindari keramaian orang merupakan cara baru agar industri film terus bergerak. Dalam acara virtual Festival Film Indonesia 2020 ia mengatakan saat ini adalah waktu yang tepat untuk adaptasi dan berpikir untuk cara yang tepat.

Pemain film “Habibie & Ainun” ini memberikan motivasi kepada para pekerja film agar terus berpikir kreatif meski penuh keterbatasan. Reza juga menunggu pengumuman mengenai protokol kesehatan dan keamanan bagi para pekerja film. Menurutnya film ada di bawah Kemendikbud dan Kemenparekraf sehingga harus ada keputusan konkrit masalah protokol kesehatan di lapangan.

Demikian artikel tentang Reza Rahadian yang selalu menginspirasi orang banyak. Aktor yang jarang tersandung masalah kontroversial tetapi terus berkarya mengharumkan bangsa. Bahkan, kabar terbaru berhembus soal kedekatannya dengan Prilly Latuconsina, dan ini masih membuat netizen menanyakan bagaimana kebenaran kabar tersebut.

To Top