Entertainment

Satu Tahun Kematian Goo Hara, Berikut Perjalanan Karir yang Selalu Dikenang Penggemar

Satu Tahun Kematian Goo Hara kara

Mantan personil girl group KARA, Goo Hara meninggal ditemukan tidak bernyawa di rumahnya pada 24 November 2019. Meskipun sudah satu tahun berlalu, penggemar masih diselimuti duka yang mendalam. Para penggemar pun memperingati kematian idolanya dengan cara masing-masing. Hal ini dilakukan untuk mengenang kerja keras sang artis selama berkarir di dunia hiburan.

Selebriti cantik multitalenta ini meninggalkan kenangan yang tidak terlupakan, berikut kilas balik karir Goo Hara yang membanggakan.

1. Mengawali Karir Sebagai Model Online

Goo Hara pertama kali tampil dalam SM Entertainment Youth pada tahun 2005. Dua tahun kemudian ia mengikuti audisi yang dibuka oleh JYP Entertainment. Namun sayangnya tidak berhasil lolos. Kemudian, dirinya memutuskan melanjutkan sekolah di Sungshin Women’s University.

Di tengah kesibukannya sebagai mahasiswa, Goo hara juga bekerja sebagai model mall dan situs belanja online. Kecantikan parasnya dilirik oleh DSP Entertainment. Dari sinilah karirnya di dunia hiburan akan dimulai. Wajahnya kerap kali tampil sebagai artis peraga yang diunggah oleh agensi tersebut.

2. Debut Bersama Girl Group KARA

KARA

Parasnya yang rupawan cukup menarik perhatian publik. Hal ini menjadi keputusan matang DSP Entertainment untuk mendebutkan Goo hara sebagai anggota KARA. Ia menggatikan posisi Kim Sung Hee pada tahun 2008.

Setelah bergabungnya Goo hara, KARA mengubah image menjadi musik hip hop yang cenderung imut. Akan tetapi, ia tidak langsung meraih kesuksesan sebagai idol K-Pop. Ia terus berjuang keras untuk membuktikan bahwa dirinya layak dicintai oleh penggemar. Lambat laun, namanya mulai dikenal sebagai penyanyi dengan suara merdu.

Satu tahun bergabungnya Goo hara, ternyata membawa pengaruh positif pada KARA. Girl group ini meraih masa keemasan sejak 2009 hingga 2014. Single seperti Honney, Wanna, dan Mister cukup sukses di pasaran. Selain itu, mereka juga berhasil melakukan debutnya di Jepang.

Kara sempat menyabet berbagai macam penghargaan diantaranya Japan Record Award 2011 untuk Lagu Tebaik, Golden Disk Award 2012 Divisi Album, MAMA 2012 untuk Penampilan Terbaik, Golden Disk Award 2013 untuk Malaysia’s Most Favorite, dan masih banyak lagi.

3. Goo Hara Debut di Dunia Akting

Goo hara pertama kali debut akting sebagai cameo dalam beberapa drama seperti The Person is Coming dan Hero. Meskipun hanya muncul beberapa menit, aktingnya mencuri perhatian penonton.

Hingga pada tahun 2011, untuk pertama kalinya Goo hara berperan secara penuh dalam drama City Hunter yang diperankan oleh Lee Min Ho dan Park Min Young. Di dalam daram ini, dirinya berperan sebagai putri presiden Korea Selatan.

Goo hara juga berpartisipasi dalam projek KARA bertajuk Secret Love, dimana setiap member menunjukkan bakat aktingnya sebagai pemeran utama. Di dalam seri ini, ia beradu akting dengan Kim Young Kwang. Totalitas dalam memerankan tokoh utama yang memiliki sisa hidup hanya beberapa bulan mendapat pujian dari penonton.

Tahun 2011, KARA berpartisipasi dalam project yang tidak jauh berbeda dengan Secret Love. Akan tetapi, seri berjudul UKARA hanya tayang di televisi Tokyo. Goo hara dan member lainnya beradu akting dengan aktor Jepang Shunsuke Nakamura, Ken Maeda, Mari Hamada, dan Taiyo Akuyawa.

4. Menjadi MC Acara Variety Show

Tahun 2011 bukan hanya menjadi tahun keemasan KARA, di tahun ini kepopuleran Goo hara juga memuncak. Tidak hanya memulai debut akting, ia ditunjuk sebagai MC acara musik Inkigayo bersama Nicole. Tidak berhenti sampai disitu, bersama dengan Kim Hee Chul dan Song Jong Ki, ia memimpin acara untuk Dream Concert 2011.

Di tahun 2016, bakat hostingnya kembali di percaya dalam acara Power of K 2016 bersama dengan Lee Teuk. Sebelumnya, ia juga sempat memiliki reality show sendiri berjudul On & Off: The Gossip yang tayang pada tahun 2014.

Di sisi lain, ternyata Goo Hara juga menyenagi dunia Fashion. Tahun 2015, ia meluncurkan beauty book berjudul Nail HARA. Selain cantik, ia memiliki segundang talenta yang membuat namanya semakin bersinar.

5. Goo Hara Debut Sebagai Solois

Tidak menyia-nyiakan kepopulerannya, Goo Hara mencoba untuk memulai debut sebagai solois. Album pertamanya berjudul Alohara: Can You Feel it? yang diluncurkan pada tahun 2015. Satu tahun kemudian, kontrak KARA dengan DSP Entertainment telah habis. Ia memutuskan hiatus untuk sementara waktu.

Selang beberapa lama, Goo hara comeback solo dengan Sign. Tahun 2019, ia sempat mengeluarkan single berjudul Midnight Queen. Tidak hanya debut di Korea Selatan, namanya cukup populer di Jepang. Bahkan sebelum meninggal, ia sempat menggelar konser solo di Negeri Sakura tersebut.

6. Mendapat Berbagai Macam Penghargaan

Inilah yang paling disayangkan oleh para penggemar atas keputusannya mengakhiri hidupnya. Wanita kelahiran 3 Januari 1991 ini menyabet berbagai macam pengharagan selama meniti karir. Ia memiliki segudang prestasi yang membanggakan.

Penghargaan bergengsi yang pernah diraih oleh Goo hara antara lain KBS Entertainment Awards 2010: Best Female MC Award, 5th Mnet 20’s Choice Award 2011: Hot Campus Girl, dan SBS Drama Award 2011: New Star Award.

Akan tetapi, semua itu tidak didapatkan dengan mudah. Selama berkarir di dunia hiburan, ia mengalami berbagai macam rintangan. Baik masalah dalam pekerjaan, maupun masalah pribadi. Seperti pada tahun 2018, dirinya terlibat masalah hukum dengan mantan kekasih. Pertikaian antara keduanya, cukup mempengaruhi reputasinya.

Konflik terus muncul bahkan setelah dirinya meninggal, ibu kandung yang dulu mencampakkannya pun menarik perhatian publik. Pasalnya, wanita bernama Lee Kyu Yeon tersebut meminta harta gono-gini. Hal ini membuat banyak pihak geram. Terlepas dari itu, orang-orang terdekat dan penggemar selalu memberikan doa terbaik untuknya.

To Top