Entertainment

Sebelum Kematian Mendadak, Ini Perjalanan Karir Haruma Miura

Haruma Miura

Nama Haruma Miura tiba-tiba meramaikan jagad media sosial. Kematiannya yang tiba-tiba di usia muda kian mengundang simpati. Para pencinta J-Pop pun mesti menelan pil pahit atas kepergian sang idola. Bahkan nama Miura pun sempat menjadi trending topic di mesin pencarian dan media sosial. Siapa sebenarnya sosok memukau yang diidolakan para pencinta drama Jepang ini?

Awal Debut Haruma Miura di Industri Hiburan Jepang

Sosok Miura sebenarnya tak asing bagi para pencinta budaya Jepang. Ia memulai karirnya di usia yang sangat belia, yakni 7 tahun. Drama berjudul Agri menjadi kemunculan dan debut pertama Miura dalam industri hiburan Jepang. Dalam drama tersebut, bakat akting Miura sempat mencuri perhatian publik.

Di awal karirnya, Miura sempat bergabung Tsukuba Actor’s Studio, sebuah rumah produksi di Jepang. Seiring berjalannya waktu, Miura tak hanya membuktikan eksistensinya pada seni akting. Ia pun mulai membentuk sebuah boyband Jepang atau J-Pop bernama Brash Brats. Selang beberapa tahun kemudian, rumah produksi yang menjadi tempatnya bernaung mengalami kesulitan ekonomi.

Miura dan rekan satu grup lainnya memutuskan untuk pindah agensi. Ia memilih Amuse.Inc, sebuah agensi pencarian bakat yang menaungi lebih dari 50 talent. Tak butuh waktu lama, Haruma Miura langsung mendapatkan tawaran kerjasama untuk beberapa drama. Nama Miura pun kian melambung di industri hiburan Jepang.

Karir Miura di dunia akting ternyata tak semulus karir bermusiknya. Brash Brats dinyatakan hiatus untuk waktu tak ditentukan akibat kesibukannya bermain peran. Meskipun sangat disayangkan berbagai pihak, terutama para penggemar, keputusan tersebut tetap diambil. Setidaknya, Miura tetap bisa menyapa para penggemarnya melalui deretan drama yang dibintanginya sepanjang tahun.

Sosok Miura yang Aktif Berakting dan Modeling

Lahir 30 tahun silam di Tsuchiura, Prefektur Ibaraki, Miura dikenal sebagai sosok yang ceria. Sebelum ditemukan meninggal di rumahnya, Miura sempat mengunggah potret diri di laman media sosialnya. Bahkan beberapa hari sebelumnya, ia masih sempat merayakan ulang tahun seorang teman. Dalam potret yang diunggah, terlihat Miura sangat menikmati kebersamaan dengan orang-orang terdekat.

Haruma Miura
Haruma Miura Memulai Karir Bidang Modeling

Ia pun memperlihatkan aktivitas yang tengah dijalaninya beberapa waktu belakangan. Seyogyanya, Miura harus mengisi acara jumpa fans di hari kematiannya, 18 Juli 2020. Selain acara jumpa fans, Miura juga tengah disibukkan dengan produksi drama terbarunya. Dalam waktu dekat, film dan drama baru Miura akan tayang di Jepang. Sayangnya, Haruma MIura tak bisa menyaksikan langsung pemutaran karyanya tersebut.

Selain berkarya dalam bidang drama dan film, Haruma Miura juga tengah disibukkan dengan pemotretan dan pembuatan iklan. Semua aktivitas tersebut sempat terekam dan disebarkan melalui laman media sosial pribadinya. Tahun 2020 bisa dibilang menjadi tahun keemasan Miura dalam industri hiburan Jepang, mengingat banyaknya karya dan iklan yang ia hasilkan.

Bukan hanya dikenal ceria, sosok Miura juga sangat memperhatikan kesehatan. Hal ini terlihat dari postingannya di media sosial. Miura rutin berolahraga dan memilih asupan makanan yang dikonsumsinya. Gaya hidup sehat yang dijalani Miura tentu saja berimbas pada kehidupan dan staminanya dalam menjalani aktivitas.

Deretan Drama yang Diperankan Haruma Miura

Sepanjang karirnya, Miura berhasil membintangi puluhan judul drama dan film. Dari puluhan karya tersebut, Koizora dan Gokusen 3 justru berhasil melambungkan nama Miura. Aktingnya dalam 2 film tersebut benar-benar memukau penonton. Setahun berselang setelah Koizora dirilis, Miura didapuk menjadi pemain utama dalam Bloody Monday.

Bloody Monday merupakan drama yang diproduksi pada tahun 2008. Drama ini berkisah tentang seorang hacker dengan kecerdasan luar biasa. Dengan kemampuannya, ia mencoba mencegah sebuah organisasi teroris meluncurkan virus biologis. Jalan cerita drama ini benar-benar menarik untuk diikuti dan terkesan segar bagi penonton.

Haruma Miura
Haruma Miura Dalam Salah Satu Dramanya

Di tahun berikutnya, Miura terpilih bermain dalam sekuel Crows Zero II. Masih di tahun yang sama, tepatnya 2009, akting Miura kian bersinar lewat panggung musikal bertajuk Hoshi no Daichi ni Furu Namida. Tak cuma membintangi drama Bloody Monday, Miura pun dipercaya memerankan pemain utama di Samurai High School pada 2009 silam.

Perjalanan karir Haruma Miura menunjukkan kemajuan dari tahun ke tahun. Hal tersebut diperkuat dengan keterlibatan Miura dalam beberapa judul drama maupun film. Berkat kerja keras dan kemampuan beraktingnya, Miura sempat dinobatkan sebagai nominasi pada beberapa penghargaan bergengsi. Beberapa diantaranya pun berhasil dimenangkan oleh sang aktor.

Penghargaan yang Berhasil Diraih Miura

Sukses meniti karir di dunia hiburan Jepang tak membuat sosok Miura berubah. Semua kerja kerasnya pun terbayar dengan deretan penghargaan yang diraihnya. Penerimaan penonton dan masyarakat terhadap Miura pun menjadi pembuktian. Betapa sosok bertalenta dan berkharisma ini mampu menyentuh hati para penggemarnya dimanapun.

Dilansir dari beberapa sumber, Miura diketahui sempat memenangkan penghargaan bergengsi Elan D’Or Awards di tahun 2009. Masih di tahun yang sama, Miura berhasil membawa pulang penghargaan pendatang baru dari Mainichi Film Awards. Setahun sebelumnya, ia memenangkan penghargaan sebagai pendatang baru di Japan Academy Awards.

Haruma Miura
Haruma Miura Memenangkan Award Spesial

Di tahun 2014, Miura pun sempat memenangkan penghargaan dari Galaxy Award untuk kemenangan individual. Sederet penghargaan tersebut menjadi bukti keberhasilan aktor sekaligus musisi bertalenta tersebut. Tak ada torehan negatif yang diterima atau datang dari sosok menawan tersebut. Pantas saja kalau kepergiannya yang mendadak menimbulkan duka mendalam.

Masih tak menyangka dunia hiburan Jepang harus kehilangan sosok bertalenta yang aktif sebagai model maupun aktor tersebut. Walaupun demikian, penggemar Miura masih bisa menyaksikan karya terakhirnya yang akan rilis di tahun ini dan 2021. Setidaknya, kedua karya tersebut bisa menjadi pengobat rindu sekaligus kenangan dari Haruma Miura.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top