Entertainment

“Selamatkan Dokter Richard” Jadi Trending Topic Twitter, Begini Penyebabnya

“Selamatkan Dokter Richard” Jadi Trending Topic Twitter, Begini Penyebabnya

Perseteruan antara Dokter Richard Lee dengan Kartika Putri tentang produk kecantikan berbahaya, menjadi perbincangan panas di kalangan netizen, khususnya di Twitter. Kabar terbaru, dokter Richard Lee memenuhi panggilan dari Polda Metro Jaya atas laporan dugaan pencemaran nama baik. Laporan tersebut diadukan oleh pihak pengacara artis Kartika Putri pada Kamis (4/2/2021).

Netizen yang mendukung Richard pun kemudian membagikan opininya melalui Twitter. Hingga Sabtu (6/2/2021) pukul 12.52 WIB “Selamatkan Dokter Richard” menduduki trending topic Twitter Indonesia.

Berawal Dari Ulasan Dokter Richard Tentang Produk Kecantikan

Dilansir dari Kompas.com, 17 Januari 2017, perseteruan kedua pihak tersebut berawal dari video ulasan salah satu krim kecantikan wajah. Video ulasan tersebut diunggah oleh Richard di kanal YouTube pribadinya.

Direktur Klinik Kecantikan Athena itu membuat ulasan tentang zat-zat kimia yang terkandung di dalam produk tersebut. Berdasarkan uji lab, ia mengatakan produk yang diulasnya itu mengandung merkuri dan hidrokuinon.

Sebelumnya, Kepala BPOM Indonesia, Dr Penny K Lukito MPC pernah mengatakan bahwa produk kosmetik yang mengandung merkuri umumnya dapat menimbulkan efek samping setelah digunakan pada kulit yang sensitif.

Sedangkan hidrokuinon dapat mengakibatkan gangguan structural pada stratum korneum epidermis serta keratin pada kulit. Selain itu, kandungan hidrokuinon yang tinggi juga dapat mengurangi ketebalan kulit dan mengakibatkan gangguan epidermis.

Pernah Dipromosikan Kartika Putri

Ternyata, krim wajah yang telah diulas oleh dokter Richard pernah dipromosikan oleh Kartika Putri melalui Instagram pribadinya. Artis yang kerap disapa Karput itu merasa tidak terima produk endorsement-nya dikatakan berbahaya. Hal itu ia sampaikan dalam sebuah video bersama sang pemilik produk tersebut di chanel YouTube Kartika Putri.

Kartika putri Richard untuk bertemu, mereka datang bersama tim YouTube, suami Kartika Putri, dan seseorang yang disebut ‘om’ yang ternyata merupakan pengacara. Pertemuan tersebut tidak membuahkan hasil, dan kemudian pihak Karput melayangkan somasi kepada Richard Lee.

Atas hal tersebut, dokter Richard akhirnya membuat permintaan maaf secara terbuka. Ia mengaku video tersebut bukan untuk menjatuhkan nama Kartika Putri, melainkan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat.

Panggilan Dari Polda Metro Jaya

Richard sempat menduga perselisihannya dengan Kartika Putri telah usai, setelah dirinya membuat pernyataan maaf secara terbuka. Namun, ia justru mendapat surat panggilan dari Polda Metro Jaya soal permasalahan itu.

Dengan didampingi oleh kuasa hukumnya, Richard memenuhi panggilan tersebut atas dugaan laporan pencemaran nama baik. Richard juga mengatakan, sebenarnya pihaknya tidak ingin permasalahan tersebut diperpanjang hingga ke ranah kepolisian.

Lihat Juga: Klinik Kecantikan VS Salon Kecantikan

“Sebetulnya gak penting banget ya. Saya tidak mau masalah tersebut keangkat. Tujuan diskusi saya yaitu edukasi, memberi informasi ke masyarakat, produk berbahaya, terutama yang dosis tinggi, mengimbau artis,” terang Richard.

Dukungan Warganet Untuk Dokter Richard

Polemik Kartika Putri dan Richard Lee ternyata menarik perhatian publik, terutama mereka yang rutin menggunakan produk kecantikan. Sebuah petisi untuk mendukung sang dokter pun dibuat di lama Change.org. Hingga Sabtu, (6/2/2021), pukul 19.08 WIB petisi yang berisi dukungan terhadap dokter Richard Lee telah mendapat 29.588 dukungan dari target 35.000 tanda tangan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top