Entertainment

Para Selebriti Indonesia Yang Terjerat Kasus Narkoba Di Tahun 2020, Inilah Daftarnya

Selebriti Indonesia Yang Terjerat Kasus Narkoba

Di tahun 2020 ini, banyak sekali publik figur Indonesia yang terjerat kasus narkoba mulai dari selebgram, pemain film senior, paranormal, penyanyi, hingga pemain sinetron FTV. Bukannya memberikan contoh yang baik sebagai publik figur, malah mereka terjebak dengan barang haram seperti sabu hingga ganja yang memang sangat di larang terutama di Indonesia. berikut ini beberapa selebritis Indonesia yang terjerat kasus narkoba selama tahun 2020. Penasaran? Simak baik-baik ya.

1. Millen Cyrus

Millen Cyrus

Pada tanggal (21/11/2020), publik dihebohkan dengan tertangkapnya selebgram transgender sekaligus keponakan dari Ashanty, Millen Cyrus di sebuah hotel di Jakarta Utara oleh Polres Tanjung Priok atas kasus kepemilikan narkoba. Saat penangkapan ditemukan satu paket narkoba jenis sabu seberat 0,36 gram, alat hisap, dan satu botol minuman keras. Millen diciduk bersama dengan seorang pria berinisial JR.

Senin, (23/11/2020), Millen melakukan tes urine dan hasilnya positif menggunakan sabu. Millen Cyrus resmi jadi tersangka dan ditempatkan di sel laki-laki di Rutan Pelabuhan Tanjung Priok yang sesuai dengan kartu identitasnya yang berjenis kelamin laki-laki meskipun penampilannya seperti wanita.

2. Iyut Bing Slamet

Selebritis bernama Iyut Bing Slamet ditangkap oleh polisi pada Kamis, (3/12/2020) di rumahnya di kawasan Krama Sentiong, Johar Baru, Jakarta Pusat atas kasus kepemilikan dan penyalahgunaan narkoba. Saat penangkapan, polisi mengamankan alat hisap sabu, dua korek gas, dan paper clip bekas penyimpanan sabu yang telah digunakan. Iyut telah melakukan tes urin dan hasilnya positif menggunakan sabu.

Saat dilakukan pemeriksaan, Iyut mengaku sudah menggunakan sabu mulai dari tahun 2004. Sejauh ini polisi masih melakukan pemeriksaan terkait siapa yang menjadi penyuplai sabu kepada Iyut.

3. Nadie Darham

Pemeran film Air Terjun Pengantin, Nadie Darham ditangkap oleh Polda Metro Jaya pada (4/02/2020) di apartemen Verde Tower di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan. Dia ditangkap atas kasus narkoba. Saat penangkapan, polisi menyita barang bukti berupa 0,88 gram sabu. Saat pemeriksaan, Nadie mengaku kepada polisi bahwa dirinya telah menjadi pengedar narkoba jenis kokain sejak setahun yang lalu. Dia menjualnya melalui media sosial dengan harga Rp. 4 juta per gramnya. Nadie ditetapkan sebagai tersangka dan saat ini ditahan di Tutan Narkoba Polda Metro Jaya.

4. Lucinta Luna

Selebgram kontrovensial bernama asli Ayluna Putri alias Lucinta Luna tiba-tiba menghebohkan publik kala itu. Pasalnya dia ditangkap oleh Polres Jakarta Barat pada (11/02/2020) di apartemen Thamrin City, Jakarta Pusat bersama tiga orang rekannya. Dari penangkapannya tersebut, polisi menemukan psikotropika berjenis tramadol dan riklona. Selain itu, ditemukan juga 3 pil ekstasi di keranjang sampah tempat Lucinta ditangkap.

Pada Rabu, (30/09/2020), Lucinta Luna divonis bersalah dan dijatuhi hukuman penjara selama 1 tahun 6 bulan beserta denda sebesar Rp. 10 juta oleh Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Vonis yang didapatkan Lucinta ini ringan dikarenakan usianya yang masih muda dan belum pernah dipidana sebelumnya. Saat ini, Lucinta ditahan di rutan perempuan Polda Metro Jaya sesuai dengan jenis kelamin pada kartu identitasnya yang menunjukkan perempuan.

5. Aulia Farhan

Salah satu pemain sinetron Anak Jalanan yang bernama Aulia Farhan ditangkap oleh polisi pada Kamis, (20/02/2020) di salah satu hotel di Jakarta Selatan. Kronologi penangkapan Farhan ini bisa dibilang suatu kebetulah. Pasalnya dia ditangkap setelah polisi menangkap tersangka berinisial G di lobi hotel yang sama dengan tempat Farhan menginap. Saat itu, G mengaku akan mengantarkan paket narkoba jenis sabu kepada Farhan. Dari informasi itulah, polisi juga menangkap Farhan yang saat itu berada di sebuah kamar hotel. Saat penangkapan, polisi mengamankan barang bukti berupa alat hisap sabu dan ponsel. Saat pemeriksaan, Farhan mengaku telah mengkonsumsi sabu selama enam bulanan.

6. Vitalia Sesha

Salah satu model majalah dewasa yang bernama Vitalia Sesha ditangkap oleh polisi pada Senin, (24/02/2020) di salah satu apartemen di kawasan Jakarta Utara. Saat ditangkap, Vitalia sedang melakukan transaksi narkoba bersama dengan seorang berinisial RH. Polisi berhasil menyita barang bukti berupa 10 butir ekstasi dan sabu seberat 0,63 gram. Saat melakukan tes urine, Vitalia terbukti positif konsumsi ekstasi. Sebelumnya pada tahun 2015, Vitalia sempat terjerat kasus yang sama. Saat itu, dia ditangkap di sebuah hotel di kawasan Ancol, Jakarta Utara bersama dengan keenam temannya.

7. Vanessa Angel

Setelah kasus prostitusi 80 juta yang pernah menjeratnya, Vanessa Angel terlibat kasus kepemilikan narkoba. Dia yang saat itu sedang hamil ditangkap bersama dengan suaminya, Bibi Ardiansyah oleh tim Polres Jakarta Barat pada Selasa, (16/03/2020). Hasil penangkapan tersebut polisi menemukan 20 butir pil berjenis psikotropika. Setelah sempat dibawa ke kantor polisi, akhirnya Vanessa dipulangkan karena hasil tes urine yang menunjukkan negatif.

Akan tetapi, Vanessa kembali diamankan oleh kepolisian pada tanggal (9/04/2020) di rumahnya atas kepemilikan pil Xanax. Akibatnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat memberikan vonis penjara selama tiga bulan dengan denda sebesar Rp. 10 juta pada Kamis, (5/11/2020). Meskipun demikian, Vanessa sendiri tidak perlu menjalani hukuman sepenuhnya karena dia sudah menjadi tahanan kota sejak (9/04/2020).

8. Reza Alatas

Salah satu pemain sinetron Ganteng-ganteng Serigala bernama Reza Alatas ditangkap di salah satu kamar hotel di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan pada (10/04/2020). Saat diamankan, polisi mengamankan barang bukti berupa 0,25 gram sabu, alat hisap sabu beserta pipetnya dan sebuah ponsel. Berdasarkan tes urine yang dilakukan, Reza dinyatakan positif mengkonsumsi tiga jenis narkoba yaitu sabu, ekstasi, dan obat-obat lain berjenis psikotoprika.

9. Tio Pakusadewo

Seorang artis senior bernama Tio Pakusadewo ditangkap oleh kepolisian di rumahnya di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada (14/04/2020). Saat penangkapan, polisi juga mengamankan barang bukti berupa satu bungkus ganja seberat 18 gram beserta alat hisap sabu. Pada saat dilakukan tes urine, hasilnya Tio dinyatakan positif mengkonsumsi methamphetamin dan amphetamin. Saat pemeriksaan, Tio mengaku jika setiap satu minggu sekali, dia selalu mengkonsumsi sabu dan ganja.

10. Naufal Samudra

Salah satu artis bernama Naufal Samudera ditangkap oleh Polres Metro Jakarta ditangkap atas dugaan penyalahgunaan narkotika jenis ganja sintetis yang dimasukkan ke dalam liquid rokok elektrik atau vape di rumahnya di kawasan Jakarta Selatan pada (14/03/2020). Saat pemeriksaan, Naufal mengaku bahwa dirinya mengkonsumsi ganja untuk menenangkan diri saat akan tidur.

Untuk memastikannya, polisi melakukan tes urine kepada Naufal. Dari hasil tes awal, Naufal dinyatakan negatif narkoba. Namun, saat itu penyidik dari Polres Metro Jakarta Barat tetap menahan Naufal. Hal itu sesuai dengan Undang-undang tentang Narkotika.

11. Roy Kiyoshi

Pada Kamis, (7/5/2020), Polres Metro Jakarta Selatan melakukan penggerebekan di kediaman salah satu paranormal Indonesia yang bernama Roy Kiyoshi di kawasan cengkareng, Jakarta Barat. Saat itu, polisi menemukan 21 butir psikotropika di rumahnya. Berdasarkan tes urine yang dilakukan, Roy dinyatakan positif menggunakan psikotropika jenis benzodiazepine atau benzo.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis Roy dengan menjatuhi hukuman pidana lima bulan dengan potongan masa penahanan. Saat itu, Roy diwajikan untuk melakukan rehabilitasi.

12. Dwi Sasono

Salah satu pemeran sitkom “Tetangga Masa Gitu”, Dwi Sasono juga ditangkap atas kasus narkoba. Dwi ditangkap di rumahnya di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan pada (26/05/2020) oleh Polres Metro Jakarta Selatan. Saat penangkapan berlangsung, polisi menemukan barang bukti berupa ganja dengan berat 16 gram yang ditemukan di dalam guci di atas lemari kamarnya. Saat pemeriksaan, suami dari Widi Mulia ini mengaku telah mengkosumsi ganja sejak lulus SMA. Dalam sidang yang dilakukan pada (8/10/2020), Dwi divonis  untuk melakukan rehabilitasi selama enam bulan.

13. Jerry Lawalata

Salah seorang artis sekaligus produsen bernama Jerry Lawalata ditangkap oleh Satrekoba Polres Jakarta Utara pada Jum’at (12/06/2020) di rumahnya di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Polisi menemukan barang bukti berupa sabu seberat 1,32 gram beserta alat hisapnya. Pada Polisi, Jerry mengaku telah mengkonsumsi sabu tersebut sejak tahun 2016.

14. Jaka Hidayat

Mantan drummer BIP, Jaka Hidayat ditangkap oleh Satreskoba Polres Metro Jakarta Utara di sebuah hotel kawasan Jakarta Utara pada Jum’at (02/09/2020). Penangkapan ini berawal dari adanya informasi dari masyarakat bahwa di sebuah hotel akan terjadi proses transaksi narkoba. Awalnya polisi meringkus kurir berinisial MY yang sedang menunggu untuk mengantar paket sabu milik Jaka Hidayat.

Saat dilakukan pemeriksaan, polisi mendapatkan informasi bahwa tersangka MY sedang menunggu tersangka JH untuk mengantarkan pesanan narkoba jenis sabu. Saat penggerebekan, polisi mengamankan barang bukti berupa satu pake sabu dengan berat 0,34 gram, ponsel BlackBerry hitam dan ponsel Oppo putih.

15. Anton J-Rocks

Drummer band J-Rocks bernama Anton Rudi Kelces ditangkap oleh Satreskoba Polres Tanjung Priok di rumahnya di kawasan Serpong, Tangerang. Anton ditangkap atas dugaan penyalahgunaan narkoba jenis ganja pada (21/08/2020) dengan barang bukti berupa satu paket narkotika jenis ganja. Selain Anton, polisi juga ikut menangkap ketiga orang lainnya yaitu dua kru band J-Rocks dan mantan kru J-Rocks.

16. Renald Ramadhan

Salah satu pemain sinetron yang saat ini sedang tayang di SCTV yaitu Dari Jendela SMP telah diamankan oleh kepolisian pada Jum’at (16/10/2020) di Depok, Jawa Barat. Pemain yang dimaksud adalah Renald Ramadhan. Awal penggerebekan ini adalah saat polisi mendapat laporan dari masyarakat bahwa di kawasan Sawangan ada salah satu rumah dicurigai sedang ada aktivitas penggunaan narkoba. Dalam penggerebekan ini, polisi menyita barang bukti berupa sabu seberat 0,4 gram.

17. Catherine Wilson

Terbongkarnya kasus narkoba yang dialami Catherine Wilson ini dimulai saat dirinya menjadi bintang tamu di Ini Talkshow, Net TV. Pada acara tersebut, dia bertingkah laku aneh dimana dia tampak sedang fly dengan gaya dan bicaranya yang mengelantur.

Tidak lama kemudian tepatnya pada (17/07/2020), polisi menangkap Catherine di rumahnya di kawasan Pangkalan Jati, Cinere atas kasus narkoba. Saat penangkapan, polisi mengamankan barak bukti berupa dua klip sabu dengan berat 0,4 gram dan 0,6 gram. Saat pemeriksaan, Catherine mengaku bahwa dirinya mulai mengkonsumsi sabu sejak dua bulan terakhir.

18. Reza Artamevia

Pada tanggal (4/09/2020), penyanyi Indonesia bernama Reza Artamevia ditangkap polisi atas dugaan kasus penyalahgunaan narkoba. Dia digrebek di sebuah restoran di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Saat penggerebekan tersebut, polisi mengamankan satu klip sabu dengan berat 0,78 gram di dalam tas Reza. Kemudian polisi melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke kediaman Reza di kawasan Cirendeu, Tangerang Selatan. Dalam pemeriksaan di rumahnya tersebut, polisi menemukan satu paket alat hisap sabu.

Saat dilakukan interogasi, Reza mengaku bahwa telah mengkonsumsi sabu selama empat bulan akibat dirinya terlalu stress karena terlalu sering berada di rumah. Pada tahun 2016 lalu, Reza juga sempat terjerat kasus narkoba bersama dengan Gatot Brajamusti.

Nah itulah, beberapa selebritis tanah air yang terjerat kasus narkoba selama tahun 2020 ini. Hal itu merupakan suatu tindakan yang tidak harus dilakukan oleh seorang publik figur. Seharusnya publik figur harus menjadi figur publik yang dapat menjaga sikapnya. Hal itu dikarenakan setiap harinya, mereka selalu muncul di media, infotaiment, sinetron dan lainnya dimana hal itu menjadi tontonan publik.

Baca Juga : Reza Rahadian, Aktor Nomor 1 Indonesia yang Jadi Inspirasi di Tengah Pandemi

Menjadi publik figur harus bisa memberikan contoh yang baik agar dapat menjadi motivasi bagi publik. Bukan malah memberikan contoh yang buruk dengan terjerat kasus narkoba.

To Top